Menjalani kehamilan pada usia di bawah 20 tahun bisa punya risiko yang kurang baik bagi ibu dan janin. .

Pijat bayi sering dipercaya merupakan salah satu cara menambah berat badan si kecil. Benarkah hal ini? Apa hanya mitos saja? Ini dia faktanya..

WHO mengeluarkan panduan menggunakan masker khusus anak-anak. Yang wajib memakai masker hanya anak 12 tahun ke atas, lalu bagaimana dengan yang lain. Silakan baca panduannya di sini. .

Walaupun banyak menghabiskan waktu di rumah pada masa pandemi COVID-19 ini, setiap bumil tentu ingin tetap sehat, bugar dengan imunitas tubuh yang tetap terjaga. Penasaran caranya? Yuk baca tipsnya!.

Penelitian membuktikan balita yang mendapat ASI akan lebih sehat saat mereka besar nanti. Nah, GenBest tertarik untuk terus menyusui si kecil hingga. 2 tahun? Berikut tips suksesnya..

Anak dengan keterampilan oromotor yang lemah akan sering melepeh makanan, mengalami kesulitan mengunyah, lebih suka mengemut, dan biasanya hanya senang makanan yang lembut-lembut. Karena itulah keterampilan oromotor si kecil perlu distimulasi sejak dini..

Stimulasi memang penting bagi tumbuh kembang anak, tapi bagaimana kalau jadinya overstimulasi? Apakah hal ini bisa berdampak buruk pada anak?.

Si kecil sudah mulai memasuki tahap finger food, nih. Kira-kira makanan apa yang bisa dijadikan finger food untuk si kecil, ya?.

Nggak hanya cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, mengeringkan tangan juga penting, lho. Apalagi di kondisi adaptasi kebiasaan baru seperti ini. Seberapa pentingnya, sih?.

Agar pemberian ASI eksklusif lancar, GenBest perlu tahu tahapan menyusui dan manfaatnya bagi bayi. Memang, ada berapa sih tahapannya?.

Salah satu fase dalam dalam tumbuh kembang anak ialah lulus ASI eksklusif, lalu lanjut mengonsumsi MPASI. Masalahnya kita suka tidak ada waktu membuatnya. .

Salah satu faktor yang memengaruhi kualitas ASI adalah makanan dan minuman yang dikonsumsi saat menyusui. Berikut 10 makanan dan minuman yang harus dihindari busui..

Sering cemas melihat pola BAK dan BAB bayi baru lahir? Jangan khawatir. Berikut beberapa fakta tentang hal tersebut yang harus dipahami ibu baru..

Ada beberapa jenis jamban yang ada di masyarakat, yang mungkin sering kita temui. Namun, dari semuanya, mana yang masuk dalam kategori Jamban Sehat?.

Sebagai ibu baru yang siap memasuki masa MPASI untuk anak, wajib banget tahu beberapa singkatan penting seputar MPASI. Apa saja itu?.

Bayi baru masuk tahap MPASI tapi sudah pilih-pilih makanan. Hmm, ada berbagai faktor yang menyebabkan hal ini. Berikut penjelasannya..

Berat badan si kecil yang tidak bertambah memang bisa bikin deg-degan. Bukankah berat badan menjadi salah satu indikator pertumbuhan anak? Kalau si kecil juga mengalaminya, berikut tips menambah berat badan pada 12 bulan pertama..

Bukan hanya sekadar tidak memenuhi kebutuhan nutrisi harian, namun ada beberapa perilaku ibu hamil yang berisiko melahirkan anak stunting..

Tidak perlu bingung menentukan menu MPASI si kecil. GenBest bisa memulai dari bahan yang paling mudah didapat dan kaya manfaat, yaitu ubi ungu..

Kata siapa ibu hamil tidak boleh ngemil? Boleh-boleh saja, kok, asalkan camilannya juga baik untuk janin, ya! Ini beberapa rekomendasinya camilan sehat untuk ibu hamil..

Sepertinya, sebutan ASI sebagai air ajaib memang tidak salah. Karena bukan hanya penting untuk memacu memenuhi kebutuhan gizi si kecil, ASI juga bisa mencegah ibu dan bayi dari penyakit, lho. .

Setiap bulan Agustus dan September ada agenda imunisasi measles rubella di seluruh wilayah Indonesia. Pemberian vaksin ini penting sekali untuk anak-anak. Mengapa?.

Perkembangan pada bayi prematur umumnya lebih lama dibandingkan anak yang cukup bulan. Guna mengoptimalkan dan menurunkan risiko stunting, GenBest perlu memberi stimulasi khusus..

Sejak kecil, kita selalu diberi tahu untuk minum susu agar cepat tinggi. Lantas, benar nggak sih, minum susu bikin anak tumbuh lebih tinggi? Ini faktanya..

Bayi yang sering muntah setelah menyusu tentu bikin kita khawatir sendiri, kan? ini beberapa faktor penyebab bayi sering muntah setelah menyusu..

Bukan hanya tubuh, payudara juga butuh dipijat pasca melahirkan, lho. Bukan hanya membuat rileks, tapi juga berpengaruh pada kelancaran ASI. .

Mengetahui jumlah kosakata si kecil yang sesuai usianya sangat penting untuk mendeteksi risiko speech delay. .

Memberikan MPASI sebaiknya pada usia berapa, sih? Hal-hal apa yang harus diperhatikan saat akan memberikan MPASI pada anak? Temukan jawabannya pada artikel berikut..

Menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat tidak perlu dengan cara rumit. Kita bisa mulai dengan menjaga kebersihan lingkungan di sekitar rumah..

Anak mulai susah makan? Apakah artinya harus segera diberikan suplemen? Sebelum memberikan suplemen pada anak, ada baiknya cek dulu artikel ini..

Kesibukan saat bekerja sangat wajar, tapi GenBest tetap perlu perhatikan nutrisi. Usahakan untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisi harian dengan baik. Bagaimana caranya? Ada tips mudah untuk ini..

Meletakkan tangan pada dahi atau leher adalah metode pengukuran suhu yang banyak digunakan orang. Padahal cara ini kurang akurat, lho. Ini cara mengukur suhu yang akurat..

Tidak selamanya hal-hal yang GenBest ketahui tentang ASI dan menyusui itu benar, lho. Berikut mitos yang GenBest perlu ketahui seputar ASI..

Pandemi COVID-19 pasti membuat was-was, namun jangan berhenti menyusui karena khawatir si kecil tertular ya, GenBest. ASI penting untuk menjaga daya tahan tubuh si kecil. Agar menyusui berjalan aman, gunakan protokol kesehatan ini..

Peringatan Pekan Menyusui Sedunia adalah bentuk dukungan untuk para ibu agar lebih bersemangat memberikan ASI pada si kecil. Apa saja agenda besarnya? .

Memantau tumbuh kembang anak sekarang sudah sangat mudah dengan menggunakan aplikasi “Anak Sehat” dari GenBest. Ada banyak fitur menarik di dalamnya, lho!.

Si kecil sudah masuk usia MPASI? Jangan lupa memberikan menu MPASI 4 bintang, ya. Agar ia bisa terbebas dari risiko stunting. Seperti apa sih, MPASI 4 bintang?.

Menjaga asupan nutrisi saat masa kehamilan adalah kunci mencegah kelahiran bayi stunting. Salah satu nutrisi yang tidak boleh dilewatkan adalah asam folat. Mengapa?.

Jika saat ditimbang berat badan anak tidak kunjung naik, apakah menandakan ia gagal tumbuh?.

Masih cemas kalau harus periksa kandungan di saat Adaptasi Kebiasaan Baru ini, tapi penasaran dengan berat badan janin? Yuk, coba ukur berat janin secara manual dengan rumus mudah berikut ini..

Kamu sedang menjalani diet? Tapi takut terkena anemia? Cek dulu tanda diet yang sehat dan tidak menyebabkan kekurangan zat besi berikut ini..

Menjaga sanitasi di rumah tidak hanya menciptakan kamar mandi yang kering dan bersih saja, tapi kita juga harus perhatikan jamban agar tidak mampet..

Selamat atas kehamilannya, GenBest! Jangan lupa perhatikan asupan makanan agar janin tetap sehat, yaa..

Mengonsumsi makanan sehat perlu diterapkan sedini mungkin agar tumbuh kembang anak optimal dan bisa menjauhkannya dari risiko stunting. Kedengarannya memang mudah, tapi prakteknya penuh tantangan. Coba ikuti tips di artikel ini. .

Saat orang dewasa mengalami kekurangan zat besi kita dapat dengan mudah menyarankan pemberian suplemen zat besi. Tapi apa jadinya jika masalah ini terjadi pada bayi? .

Demam pasca-imunisasi merupakan hal yang wajar. Maka jika buah hati GenBest mengalami demam pasca imunisasi, tetap tenang dan lakukan langkah berikut ini, ya..

Ikan adalah salah satu jenis protein hewani yang harus ada pada MPASI untuk mencegah stunting. Namun, sudah pernah dengar manfaat dari ikan teri untuk MPASI belum?.

Yang sudah pernah memerah ASI, mungkin pernah mengalami satu hari ASI keluar banyak, namun keesokan hari sedikit. Kok, bisa begitu? Faktor apa saja yang memengaruhi banyak-sedikitnya ASI?.

Stunting tidak hanya berpengaruh pada tinggi badan. IQ seorang anak juga dipengaruhi oleh gangguan pertumbuhan yang satu ini. Lantas, apa yang membuat anak stunting memiliki IQ rendah?.

Buah delima, buah dengan banyak biji ini yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, lho. Salah satunya untuk mengatasi anemia..

Imunisasi dasar wajib diberikan sesuai jadwal karena menyangkut efektivitas vaksin yang terkandung di dalamnya. Namun, bagaimana jika sudah terlanjur terlambat?.

Anemia bisa menyerang siapa saja, bayi, anak-anak, remaja putri, hingga ibu hamil. Salah satu cara mengatasinya dengan mengonsumsi makanan dan minuman tinggi zat besi. Apakah susu salah satunya?.

Pemantauan tumbuh kembang untuk bayi 0-12 bulan dianjurkan tiap bulan, anak usia 12 sampai 24 bulan dianjurkan tiap 3 bulan, dan anak usia 24 bulan sampai 72 bulan dianjurkan tiap 6 bulan. Lalu apa manfaatnya?.

Stunting tidak hanya terjadi karena faktor eksternal, tetapi juga faktor genetik. Memang, tinggi badan ibu bukanlah penyebab utama stunting, tetapi ternyata juga berpengaruh, lho..

Cacingan terkesan sepele, namun penyakit ini termasuk salah satu penyebab stunting pada anak..

Meskipun sangat penting bagi kesehatan, namun asupan zat besi berlebihan juga tidak baik. Penumpukan zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit..

Agar tahan lebih lama, ASI perah perlu dimasukkan ke freezer. Lalu bagaimana cara tepat mencairkan ASI perah? Apa perlu dihangatkan kembali? .

Salah satu makanan tinggi protein yang baik bagi ibu hamil adalah ikan lele. Namun, jangan lupa membersihkan dan mengolahnya dengan benar sebelum dimasak, ya..

Penyebab cacingan bisa dari kebiasaan sehari-hari yang tidak kita sadari. Karena itulah anak perlu dikenalkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat sejak dini..

Selain karena chubby, anak gemuk dianggap sebagai cukup gizi. Padahal anak gemuk masih berisiko terkena stunting, lho. .

Idealnya MPASI diberikan saat bayi berusia 6 bulan. Namun, ada beberapa kasus MPASI perlu dikenalkan lebih dini di usia 4 atau 5 bulan..

Cuci tangan pakai sabun jangan hanya karena ada bahaya COVID-19 saja, ya. Namun harus menjadi kebiasaan sehari-hari agar bebas penyakit dan stunting..

Masalah stunting tidak hanya berhenti pada terhambatnya tumbuh kembang saja. Namun juga menyebabkan anak rentan terserang penyakit degeneratif..

Selama ini kita mengira ibu hamil yang gemuk tercukupi nutrisinya. Padahal seseorang yang mengalami kegemukan selama kehamilan juga berisiko kekurangan nutrisi. .

Menghadapi new normal diperlukan proteksi lebih untuk melindungi bayi dari risiko virus Covid-19. Lantas apa ada imunisasi yang perlu ditambah selama new normal? .

Kebersihan jamban dan kamar mandi adalah hal penting sebagai salah satu upaya menjaga sanitasi yang sehat. .

Salah satu tantangan orang tua saat si kecil masuk masa MPASI adalah gerakan tutup mulut (GTM). Anak rewel saat diajak makan bahkan tidak mau memasukkan makanan ke mulut. .

Masih ada anggapan bahwa bayi akan terus lapar jika hanya diberi ASI saja, dan tidak diberikan makanan padat. Padahal, si kecil masih di bawah 6 bulan. Apakah MPASI terlalu cepat bisa bikin anak berisiko alami stunting?.

Meningkatkan kemampuan kognitif anak ternyata bisa kita lakukan dengan kegiatan yang menyenangkan seperti beberapa kegiatan seru berikut ini GenBest..

Kalau berat badan si kecil yang menyusu ASI tidak naik secara konsisten, mungkin ada masalah menyusui yang GenBest tidak sadari. Yuk, cari di sini apa masalahnya dan segera diatasi. .

Kurang gizi yang dialami ibu hamil tidak hanya akan berdampak pada kesehatannya sendiri, namun juga kesehatan janin yang dikandungnya. Untuk itu penting untuk mengenali tanda-tanda ibu hamil yang mengalami kurang gizi. .

Hari Pertama Kehidupan (HPK) adalah periode yang tidak boleh dilewatkan. Kenapa 1.000 hari pertama kehidupan penting bagi tumbuh kembang anak?.

Ternyata setiap warna pada buah-buahan menyimpan khasiatnya masing-masing. GenBest hobi makan buah warna apa? Yuk, simak apa saja manfaatnya untuk tubuh!.

Gizi buruk dan stunting dua masalah kesehatan pada anak yang berbeda. Jangan sampai salah, ini perbedaannya..

Olahraga adalah salah satu cara membantu mengatasi anemia, selain dengan mengonsumsi makanan bergizi dan tablet tambah darah (TTD), tapi ada syaratnya. .

Di tengah pandemi COVID-19 kita memang harus lebih waspada dan selalu menjaga kebersihan. Salah satunya yaitu menjaga kebersihan belanjaan, termasuk buah dan sayur yang kita beli..

Pemenuhan gizi seimbang merupakan salah satu cara untuk mencegah stunting. Yuk, cari tahu cara memenuhinya dengan panduang Isi Piringku ini..

Pada periode emas masa pertumbuhan anak, berat badan yang begitu rendah bisa memiliki dampak negatif, tidak hanya pada kesehatan fisik anak, namun juga perkembangan otaknya..

Hemoglobin (Hb) punya peran penting untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Ketika bayi lahir dengan kadar Hb rendah, sel-sel tubuh tidak dapat menerima cukup oksigen sehingga bisa memengaruhi tumbuh kembang anak. Apa penyebab bayi lahir dengan Hb rendah?.

Si kecil yang sudah masuk usia 6 bulan harus kita kenalkan pada Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). Nah, pengenalan MPASI pada bayi kurus agak berbeda dengan bayi yang berat badannya normal. Seperti apa? .

Salah satu cara mencegah anemia pada ibu hamil adalah dengan mengonsumsi TTD. Namun, bagaimana cara mendapatkan TTD di tengah pandemi Covid-19?.

Menjaga kesehatan buah hati harus dimulai sejak si kecil dalam kandungan. Salah satunya, mencegah buah hati lahir dengan berat badan rendah. Kondisi ini bisa mendatangkan banyak masalah kesehatan, salah satunya stunting. .

Mengajarkan perilaku hidup bersih dan sehat harus dimulai sejak usia balita sehingga anak akan lebih sehat dan tidak mudah terkena berbagai macam penyakit..

Inisiasi Menyusui Dini sangat penting untuk membantu proses tumbuh kembang anak. Yuk, pahami kapan waktu yang tepat melakukan IMD dan cara melakukannya..

Melakukan pemeriksaan kehamilan memang perlu untuk memantau tumbuh kembang janin. Namun, di tengah pandemi COVID-19, apakah kita bisa melakukan pemeriksaan kehamilan ke rumah sakit?.

Era new normal menuntut kita mengambil langkah-langkah bijak untuk meningkatkan daya tahan tubuh guna menangkal serangan berbagai virus berbahaya, termasuk COVID-19. .

Memberikan MPASI Instan pada bayi itu boleh, namun perhatikan beberapa hal di bawah ini, ya..

Kita sering mendengar kalau anak yang sering berolahraga akan lebih tinggi dibandingkan teman seusianya. Benarkah? Apa cuma mitos?.

Perlu GenBest ketahui, ada beberapa imunisasi yang memerlukan pengulangan, lho. Hal ini dikarenakan virus dapat berevolusi seiring pertambahan usia anak..

Anak yang suka pilih-pilih makanan memang bikin khawatir. Coba bagaimana kalau sampai mengganggu tumbuh kembangnya, apalagi mengalami stunting? Duh, jangan sampai ya GenBest. .

GenBest, ternyata masuk toilet umum tidak bisa secara asal-asalan, lho. Karena di sana lebih rentan penyebaran virus dan bakteri. Agar lebih aman, coba ikuti tips di bawah ini, ya!.

Beda warna, beda manfaatnya. Coba diingat-ingat, bulan ini lebih banyak makan sayuran warna apa, nih? Tahu nggak, ternyata beda warna, beda juga khasiatnya pada tubuh, lho..

Melahirkan buah hati adalah kebahagiaan yang tiada terkira bagi seorang ibu. Tapi, kalau bersalin di tengah kondisi pandemi COVID-19 tentu bikin cemas. .

Karena harus #DiRumahAja, memesan makanan secara online sudah menjadi rutinitas saat ini. Tapi, bagaimana cara agar nutrisi si kecil tetap terpenuhi, ya?.

Anemia saat hamil dapat diatasi dengan mengonsumsi tablet tambah darah. Namun, apakah ada dampak jika tablet ini dikonsumsi jangka panjang? .

Saat tidak memiliki akses air mengalir untuk membersihkan tangan si kecil, apakah boleh menggunakan hand sanitizer. Apakah itu aman? .

Anak-anak ternyata juga merupakan kelompok yang rentan terpapar COVID-19. Untuk itu, penting melakukan langkah pencegahan COVID-19..

Jika berat badan bayi lahir di bawah standar normal bisa dikatakan ia mengalami kondisi berat badan lahir rendah (BBLR). Apa yang menyebabkan berat badan bayi rendah saat lahir? .

Cuci tangan pakai sabun merupakan salah satu upaya pencegahan cacingan pada si kecil. Tapi masih ada upaya pencegahan lain yang bisa GenBest lakukan..

Salah satu upaya cegah tertular COVID-19 adalah dengan makan sayur dan buah secara rutin. Lantas, bagaimana membiasakan si kecil mengonsumsi sayur dan buah?.

Saat memasuki usia remaja bukan berarti anak sudah tidak perlu diimunisasi. Remaja masih harus diberikan vaksin agar kesehatannya tetap terjaga..

Bayi prematur memiliki kecenderungan lahir dengan berat badan lahir rendah. Namun, ada beberapa cara untuk menaikkan berat badannya sehingga bisa menurunkan berbagai risiko masalah kesehatan, seperti stunting. .

Salah satu sumber air yang sampai saat ini masih sering digunakan di Indonesia untuk mendapatkan air minum adalah air sumur. Namun, sayangnya tidak semua air sumur berkualitas baik dan layak minum..

Untuk memantau tumbuh kembang si kecil, GenBest perlu menimbang si kecil dan mengisi KMS setiap bulan. Bagaimana cara mengisi dan membaca KMS dengan benar?.

Apa pentingnya KMS sehingga kita diwajibkan membawanya saat posyandu? Yuk, berkenalan dengan alat ukur tumbuh kembang anak ini..

Stunting dapat dicegah dengan memperhatikan kuantitas dan kualitas protein yang dikonsumsi balita. Protein berkualitas tinggi bisa didapat dari sumber hewani, seperti daging sapi, ayam, ikan, telur dan susu..

Menurut penelitian ternyata asupan protein hewani pada masyarakat Indonesia tergolong rendah. Padahal studi menemukan hubungan antara rendahnya konsumsi protein hewani ini dengan tingginya kejadian stunting..

Si kecil sudah mulai mencoba MPASI, ya? Penuhi kebutuhan gizinya dengan lima nutrisi di artikel ini..

Ikan tinggi protein dan kaya nutrisi. Namun cara pengolahan yang tidak tepat, justru bisa menghilangkan kandungan nutrisinya, lho..

Pertumbuhan anak yang menderita stunting masih dapat dikejar dengan catch up growth..

Ketidaksiapan secara fisik dan mental pada ibu yang hamil pada usia muda mengakibatkan berbagai tantangan selama proses kehamilan hingga melahirkan. Baca detailnya di artikel ini..

Jika berat badan bayi tidak bertambah kenali penyebabnya berikut ini..

BAB sembarangan tidak hanya merusak keindahan, tetapi juga menurunkan kualitas kesehatan lingkungan. Masalah yang akan timbul adalah stunting. Apa hubungannya?.

Buah super dengan banyak kandungan gizi ini bisa kita manfaatkan untuk mendukung tumbuh kembang si kecil dalam periode emas pertumbuhannya..

Wajar, kok, kalau berat badan si kecil tidak sama dengan temannya yang seusia, asal masih masuk kurva pertumbuhan yang sehat. Nah, kalau terus-menerus turun, GenBest harus waspada! .

Telur adalah sumber vitamin dan mineral. Bahkan di telur, ada vitamin yang tidak ditemukan dalam banyak makanan lain, seperti vitamin D, yang bermanfaat bagi ibu hamil dan ibu menyusui. .

GenBest yang sedang menyusui, lalu hamil lagi, mungkin bingung untuk menentukan akan terus menyusui atau tidak. Baca ini dulu, yuk, sebelum memutuskan. .

Posyandu adalah garda terdepan untuk mencegah stunting. Berikut alasannya..

Kuman dan bakteri bisa menyebar melalui air. Dengan kondisi air yang buruk, kemungkinan berkumpulnya kuman dan bakteri akan semakin tinggi. Lalu, bagaimana dengan kualitas air sumur di rumah?.

Belum ada penelitian yang mendeteksi ibu positif COVID-19 dapat menularkan kepada anak melalui pemberian ASI. Oleh karena itu tak perlu berhenti menyusui ya, GenBest. Namun, patuhi protokol kesehatannya. Apa saja itu? Silakan cek di sini!.

Faktor penyebab stunting ternyata bukan hanya kualitas gizi dan sanitasi buruk. Pernikaan di usia belia, di bawah 19 tahun, juga menjadi salah satu penyebabnya, lho..

Selama ini banyak yang beranggapan stunting dan cebol adalah kondisi yang sama. Padahal keduanya berbeda dari berbagai aspek. .

Banyak ikan lokal yang harganya murah meriah tapi manfaatnya nggak kalah dari salmon atau tuna. .

Sering merasa pusing dan lelah saat puasa ini padahal kamu di rumah saja? Coba konsumsi daun kelor saat sahur dan berbuka..

Ternyata ada beberapa faktor kesehatan yang terkadang tidak kita sadari dapat meningkatkan risiko stunting. Apa saja ya?.

Kebutuhan kalori GenBest yang masih remaja biasanya tinggi karena pada masa ini GenBest sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang cepat..

Mencukupi kebutuhan gizi si kecil pada periode emas pertumbuhan yang tidak dibarengi dengan akses air bersih, ibarat memberikan anak makanan sehat dengan alat makan yang kotor. .

Yuk, manfaatkan masa-masa di rumah saja untuk menstimulasi tumbuh kembangnya, lewat permainan edukatif yang menyenangkan.

Obat cacing tidak hanya diberikan pada anak yang menderita cacingan, lho. Kalau si kecil berusia 1-5 tahun, dia mungkin juga memerlukannya. Kenapa? .

Membersihkan jamban secara rutin merupakan salah satu Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang bisa menghindarkan kita terpapar virus. Ini penting banget di saat pandemi COVID-19 seperti saat ini. .

Hubungan antara stunting, anemia, dan remaja memang tidak bisa dipisahkan. Karena itulah upaya cegah stunting harus dimulai dari usia remaja. .

GenBest masih sering asal-asalan makan, termasuk saat sahur dan buka puasa? Mulai sekarang, coba terapkan konsep Isi Piringku agar kebutuhan nutrisi terpenuhi, termasuk selama Ramadan ini..

Dampak stunting bisa sangat berbahaya bagi anak, tak cuma terkait perawakannya yang pendek. Saatnya cegah stunting mulai sekarang..

Saat usia 1 tahun anak telah berkembang dengan menakjubkan. Kita wajib memahami perkembangan fisik dan psikis anak umur 1 tahun untuk memastikan kondisi buah hati..

Kecerdasan anak tidak hanya dari faktor genetik saja, melainkan dari makanan bernutrisi yang dikonsumsi sejak 1.000 hari pertama kehidupan. .

Cacingan bisa meningkatkan risiko anak terkena stunting. Yuk cari tahu lebih detail tentang hubungan cacingan dan stunting, GenBest..

Sedang tidak berpuasa karena haid, GenBest? Hati-hati, karena saat haid, wanita berisiko terkena anemia. Kabar baiknya, mengonsumsi makanan kaya zat besi bisa membantu mengatasinya. Kurma salah satunya..

Apa, sih, hormon pertumbuhan dan bagaimana cara memaksimalkan tinggi anak dengan hormon pertumbuhan?.

Siapa pun akan rentan terkena flu, termasuk anak-anak. Lantas, bagaimana mengantisipasi hal ini? Apakah vaksin flu untuk anak memang diperlukan?.

Selain merusak perabotan, banjir juga membawa berbagai virus dan penyakit. Nah, menjaga sanitasi pasca banjir dapat menjadi langkah krusial untuk mengatasi masalah ini, lho..

Setiap anak unik dan memiliki waktu masing-masing untuk tumbuh. Namun, ada gambaran umum untuk melihat perkembangan anak umur 2 tahun..

Kekurangan zat besi sangat berbahaya, apalagi terjadi pada periode emas pertumbuhan anak. Yuk, kenali gejalanya dan cara mengatasinya..

Agar perkembangan anak di periode emasnya berjalan baik dan optimal, ada beberapa area penting yang harus diperhatikan, GenBest..

GenBest, jamban sehat tidak hanya sekadar soal kebersihan saja, lho. Namun, secara jangka panjang, hal ini juga terkait erat dengan pencegahan terjadinya stunting..

Siapa yang sedang merencanakan kehamilan? Agar proses kehamilan hingga melahirkanmu berjalan lancar, jangan lupa penuhi kebutuhan vaksinasimu, ya..

Usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala anak di usia balita menunjukkan status gizinya. Yuk, cari tahu seperti apa pertumbuhannya saat ini..

Selamat telah menjadi suami istri! Sudah berencana memiliki momongan di tahun ini? Yuk, mulai konsumsi makanan peningkat kesuburan agar dapat mempercepat kemungkinan memiliki momongan..

Hampir setiap anak pernah mengalami diare. Namun tahukah GenBest kalau diare yang terlalu sering dapat meningkatkan risiko stunting pada anak?.