25 Oct

Wajibkah Minum Susu Saat Hamil?

by : Admin

Kehamilan akan mengubah banyak hal. Misalnya, Genbest akan lebih memerhatikan kebutuhan nutrisi diriagar tumbuh kembang janin optimal dan jauh dari ancaman stunting. Saat hamil, tubuh membutuhkan nutrisi lebih banyak dan akan menggunakan vitamin, mineral dan nutrisi lain untuk kehamilan yang sehat. Karena itulah, biasanya dokter akan meresepkan beberapa suplemen, seperti zat besi dan asam folat, untuk mencukupi kebutuhan nutrisi Genbest yang meningkat. 

 

Beberapa bumil juga minum susu demi memenuhi kebutuhan nutrisinya selama kehamilan. Susu, terutama susu khusus ibu hamil, biasanya sudah dilengkapi protein, lemak, zat besi, kolin, kalsium, asam folat, serta berbagai vitamin dan mineral penting di dalamnya. Seluruh kandungan nutrisi itu, tidak hanya bermanfaat untuk ibu hamil, namun baik untuk mendukung tumbuh kembang janin. Tingginya kalsium pada susu ibu hamil, misalnya, dapat membantu mengoptimalkan perkembangan tulang dan gigi janin.

 

Baca Juga: Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

 

Bagaimana kalau bumil minum susu yang bukan susu ibu hamil? Tentu saja boleh. Pada intinya Genbest bisa minum susu, baik itu susu ibu hamil atau susu UHT lainnya. Namun wajib tidaknya minum susu akan bergantung pada kebutuhan nutrisi masing-masing bumil. 

 

Kalau pola makan Genbest sudah selalu beragam dan bergizi seimbang, minum susu tidak lagi diperlukan. Sebaliknya, kalau Genbest merasa kebutuhan nutrisi harian masih kurang, contoh karena Genbest malas makan sayur dan buah, susu bisa menjadi pelengkap gizi Genbest.

 

Baca Juga: Hindari kekurangan Gizi saat Kehamilan, Begini Dampaknya

 

Dalam memilih susu, pastikan Genbest mengecek kandungan gizinya. Susu untuk ibu hamil sebaiknya memiliki berbagai kandungan, seperti kalium, fosfor, kalsium, AHA dan DHA, serta asam folat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang janin.

 

Satu hal yang pasti, ibu hamil sebaiknya tidak minum susu segar yang belum dipasteurisasi karena masih mengandung bakteri yang bisa membahayakan kehamilan.

 

Lalu berapa gelas susu yang sebaiknya diminum ibu hamil? Itu tentu kembali pada kebutuhan masing-masing ibu, namun sebaiknya tidak lebih dari 3 gelas sehari. Yang perlu diingat, susu hanyalah pelengkap dan bukan asupan utama, jadi tetaplah menikmati berbagai makanan yang bervariasi dan bergizi seimbang, Genbest!

 

Baca Juga: 8 Rekomendasi Makanan Terbaik untuk Ibu Hamil 9 Bulan

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top