Cara Mudah Menjaga Kebersihan Jamban dan Kamar Mandi

Sed ut perspiciatis unde
6 Jul

Cara Mudah Menjaga Kebersihan Jamban dan Kamar Mandi

Ruangan apa yang paling banyak kumannya di rumah? Gampang banget jawabnya: toilet alias kamar mandi. Tempat ini  selalu menjadi favorit virus, bakteri, hingga jamur karena kondisinya yang lembab.

 

Jadi mau nggak mau kita memang perlu rajin membersihkan area ini. Bukannya hanya supaya bersih dan nggak bau saja, tapi juga bebas dari kuman. GenBest pasti juga tahu kan kalau sanitasi yang buruk merupakan penyebab munculnya berbagai penyakit, dari diare sampai stunting. 

 

Nah, agar jamban dan kamar mandi tetap bersih dan bebas penyakit, ada beberapa tips yang mudah tapi terkadang dilupakan banyak orang:

 

1. Bersihkan sudut-sudut kamar mandi

Membersihkan kamar mandi tidak terbatas pada dinding dan lantai yang terlihat kotor saja. GenBest juga harus membersihkan sudut-sudut kamar mandi, terutama area-area yang kira-kira sering kecipratan air kotor (urine). 

 

2. Perhatikan area yang sering disentuh

Secara garis besar ada beberapa tempat yang memiliki jumlah kuman terbanyak di kamar mandi namun sering tidak kita sadari, seperti gagang pintu kamar mandi, gagang kran, dudukan toilet, tombol flush, saklar lampu, gantungan handuk dan shower.  Kenapa? Karena area-area inilah yang paling sering disentuh. Cara membersihkannya, GenBest bisa menyemprotkan disinfektan, khusus untuk dudukan toilet, diamkan beberapa menit disinfektan itu baru dibilas untuk memastikan semua kuman sudah dimusnahkan.

 

Baca Juga: Peran Penting Kebersihan untuk Cegah Stunting

 

3. Rajin kosongkan tempat sampah 

Idealnya keranjang sampah rutin dikosongkan, di pagi atau malam hari. Jangan malas, karena tumpukan sampah akan jadi sarang berbagai macam penyakit. Pilihlah tempat sampah tertutup yang memiliki injakan kaki untuk membukanya. 

 

4. Tutup toilet saat menyiram

Masih ada beberapa orang yang tidak menutup toilet saat menyiramnya. Padahal, menutup toilet saat sedang disiram adalah hal wajib. Kalau membiarkan toilet dalam keadaan terbuka saat disiram, artinya ada kemungkinan cipratan air kotor akan menyebar dan mengontaminasi dinding kamar mandi dan benda-benda di sekitarnya, termasuk sikat gigi, dsb.

 

Baca Juga: Tips Mudah Bersihkan Jamban Agar Sehat dan Higienis

 

5. Jaga lantai tetap kering

Seperti yang tadi sudah sempat dibahas, kuman, dan bakteri sangat suka berada di tempat lembab. Untuk meminimalkan pertumbuhan kuman dan bakteri, idealnya lantai kamar mandi harus selalu dalam keadaan kering. Cara tercepat untuk ini adalah dengan menggunakan pel kering, Lantai yang kering juga bisa mengurangi resiko seseorang terpeleset dan jatuh di kamar mandi.

 

Baca Juga: Pentingnya Wujudkan Jamban Sehat untuk Cegah Stunting

 

6. Bersihkan sikat toilet

Setelah membersihkan kamar mandi, GenBest harus juga membersihkan sikat toiletnya. Karena sikat toilet yang kotor dapat menyebarkan bakteri jika tidak dibersihkan setiap kali selesai digunakan. Cuci sikat toilet dengan deterjen desinfektan. Sikat toilet harus diganti setidaknya setiap enam bulan sekali.

 

Baca Juga: Bukan Cuci Tangan Saja, Lakukan 5 Cara Ini untuk Cegah Cacingan pada Balita

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top