3 Jun

GenBest apakah si kecil bertubuh kurus? Coba konsultasikan pada dokter, bila memang ada kecurigaan ke arah itu. Dokter biasanya akan melacak tinggi dan berat badan pada grafik pertumbuhan dan melihat adakah penurunan berat badan si kecil yang signifikan.

 

Kalau menurut dokter, si kecil memang kekurangan berat badan, pertimbangkan untuk mematuhi semua nasihatnya. Biasanya, yang paling dikhawatirkan dari kondisi ini adalah kekurangan gizi dalam jangka lama yang dapat meningkatkan risiko stunting.

 

Dokter akan menyarankan GenBest untuk memaksimalkan asupan makanan si kecil, dengan tetap memerhatikan pola makan yang sehat. Jadi jangan tergoda untuk memberi anak makanan berkalori tinggi tetapi tidak sehat, seperti permen, cokelat, kue, minuman manis, serta junk food berlemak. 

 

Sebagai referensi, berikut makanan tinggi kalori yang baik untuk tumbuh kembang anak 

 

Daging merah

Salah satu sumber kalori yang baik untuk tumbuh kembang anak. Daging merah kaya zat besi yang berperan penting dalam mencegah anemia pada anak. Namun, pastikan GenBest telah mengolah daging merah hingga matang sebelum diberikan pada anak, ya.

 

Ikan

Sama halnya dengan daging, ikan juga menjadi sumber protein dan kalori yang dapat menambah berat badan anak. Ditambah lagi, kandungan lemak omega-3 pada ikan berperan penting dalam mengoptimalkan kesehatan otak, kecerdasan, hingga tumbuh kembang anak.

 

Baca Juga: 7 Makanan Penambah Berat Badan Anak dan Memacu Pertumbuhan 

 

Keju

Keju merupakan salah satu produk olahan susu kaya kalori dan protein. Menariknya, dalam 25 gram keju terkandung lebih dari 100 gram kalori. Ditambah lagi, keju kaya kalsium yang berfungsi untuk memperkuat tulang anak.

 

Telur

Walaupun murah, telur kaya nutrisi dan sumber kalori, protein, vitamin, hingga mineral yang dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Bahkan, telur mengandung kolin dan omega-3 yang berperan penting mendukung kecerdasan anak.

 

Alpukat

Dikenal dengan teksturnya yang lembut, alpukat termasuk sebagai makanan tinggi kalori yang baik untuk pertumbuhan anak. Salah satu manfaat alpukat untuk anak adalah menambah berat badan secara sehat. Belum lagi alpukat mengandung vitamin dan mineral yang dapat menunjang tumbuh kembang si kecil.

 

Baca Juga: Langkah Pengenalan MPASI untuk Bayi Kurus 

 

Pisang

Selain menjadi makanan tinggi kalori, pisang merupakan makanan tinggi kalsium yang berfungsi mengoptimalkan pertumbuhan tulang si kecil. Pisang padat akan karbohidrat, sehingga dapat menjadi sumber energi untuk si kecil yang aktif.

 

Kentang

Selanjutnya adalah kentang, makanan tinggi kalori yang dapat menambah berat badan si kecil. Kentang mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh si kecil. 

 

Baca Juga: 5 Nutrisi Wajib dalam MPASI Anak

 

Jika GenBest merasa anak sudah mendapatkan cukup kalori tetapi berat badannya masih belum bertambah dengan benar, lanjutkan berkonsultasi pada dokter  untuk menemukan penyebabnya. Namun, biasanya dengan kesabaran dan rencana makan serta camilan yang cermat, si kecil akan mencapai berat badan yang sehat.

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top