Tips Mudah Mengatasi Jamban Mampet

Sed ut perspiciatis unde
24 Jul

Tips Mudah Mengatasi Jamban Mampet

WC di rumah sulit di-flush? Jangan-jangan jambannya mampet? Segera diatasi ya GenBest. Kalau tidak, selain akan menimbulkan bau nggak sedap, juga bisa jadi sarang penyakit, terutama  diare. Karena jamban yang mampet memberi kesempatan bakteri untuk hidup lebih lama.

 

Kira-kira Genbest tahu nggak, penyebabnya jamban di rumah mampet? Salah satu penyebabnya bisa jadi kebiasaan membuang sampah ke dalam WC. Misalnya: popok bayi, pembalut, tisu, bahkan sampah kecil seperti tusuk gigi dan cotton bud juga bisa menyebabkan WC mampet. Hiii, jorok banget, kan?

 

Baca Juga: Cara Mudah Menjaga Kebersihan Jamban dan Kamar Mandi

 

Tips Mengatasi Jamban Mampet

Lalu, gimana kalau jamban sudah telanjur mampet? Yaa, mau nggak mau harus membersihkannya dan menghilangkan kebiasaan membuang sampah ke dalam jamban. Makanya, penting sekali menyediakan tempat sampah di dekat WC untuk membuang bekas tisu yang telah digunakan.
 

Nah, berikut ini ada beberapa tips mengatasi WC atau jamban yang mampet:

 

1. Menggunakan sabun cuci piring

Sifat sabun cuci piring yang licin ternyata dapat membantu melicinkan pipa saluran WC yang mampet lantaran tersumbat berbagai sampah.  Caranya mudah banget! Masukkan sabun cuci piring ke dalam WC dan diamkan mengendap. Lalu, tuang air panas yang banyak, tapi jangan sampai meluap. Diamkan 20 menit, lalu siram atau flush WC untuk mengecek masih tersumbat atau tidak. Kalau masih, ulangi lagi, ya.
 

2. Menggunakan baking soda dan cuka

Baking soda memang dikenal multifungsi. Selain untuk bahan memasak, baking soda dan cuka juga bisa untuk keperluan rumah tangga lainnya. Salah satunya mengatasi WC mampet. GenBest hanya perlu menuangkan satu cangkir baking soda ke dalam WC hingga mengendap, lalu tuangkan cuka. Diamkan selama satu jam dan flush WC untuk mengecek keberhasilannya. Jika masih mampet, ulangi langkah tadi dan biarkan semalam.
 

3. Menggunakan gantungan baju

Kalau tidak punya bahan-bahan tadi, GenBest bisa menggunakan gantungan baju yang terbuat dari kawat. Hanya saja, cara ini hanya dapat dilakukan apabila penyebab WC mampet tadi tidak jauh dari lubang WC. Caranya, GenBest hanya perlu meluruskan kawat gantungan baju tersebut.

Lalu, tutup ujung kawat dengan selotip atau kain agar tidak melukai dinding WC. Nah, setelah siap, masukkan kawat ke dalam lubang WC dan putar-putar hingga sampah yang menyumbat terurai dan masuk ke dalam septic tank dengan lancar.
 

4. Menggunakan soda api

Ada cara lain yang dinilai cukup ampuh, yaitu dengan soda api atau Natrium Hidroksida. Gunakan sarung tangan lalu tuangkan sekitar setengah cangkir soda api ke lubang WC memakai sendok plastik. Tidak perlu menambahkan air karena air di WC sudah cukup memancing reaksi soda api. Diamkan selama sekitar 10 menit.

 

Saat memasukkan soda api ke dalam lubang WC akan memunculkan gelembung-gelembung yang cukup banyak.  Tidak perlu khawatir, karena itu adalah salah satu bagian menghancurkan kotoran yang menyumbat WC. 

 

5. Panggil jasa penyedot WC

Jika semua tahapan di atas gagal, mau tidak mau GenBest harus memanggil jasa penyedot WC. Meskipun mungkin sedikit lebih mahal dibandingkan cara sebelumnya, namun ini sangat efektif. Dengan begitu WC di rumah langsung bisa digunakan dan lancar seperti baru, deh.

 

Baca Juga: Pentingnya Wujudkan Jamban Sehat untuk Cegah Stunting

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top