3 Aug

Tentang menyusui, kita semua mungkin paham, bahwa ibu perlu menyusui secara eksklusif sampai bayi berusia 6 bulan, kemudian mengombinasikan MPASI dan ASI sampai bayi berusia 1 tahun dan selanjutnya ASI bisa diteruskan hingga 2 tahun berdampingan dengan makanan keluarga. 

 

Lalu apakah anak perlu disapih pada usia 2 tahun? Sebenarnya, tidak ada patokan untuk itu, jadi Genbest bisa melakukannya lebih cepat atau sedikit lebih lambat. Keputusan ini bisa didasarkan pada apa yang terbaik untuk Genbest dan keluarga, misalnya Genbest harus sudah kembali bekerja, atau hal lainnya. 

 

Untuk cara menyapih, banyak cara yang ditawarkan. Orang tua dulu banyak yang menyapih dengan memberi brotowali atau kopi di puting susu untuk memberikan rasa tidak enak sehingga si kecil lama-lama jera dan tidak mau menyusui lagi. 

 

Saat ini, ada pilihan lain yang dikenal sebagai menyapih dengan cinta (weaning with love). Cara menyapih yang dilakukan secara bertahap ini lebih “ramah” untuk ibu dan anak. Contoh, karena dilakukan secara bertahap, proses menyapih dengan cinta tidak membuat payudara bengkak, jadi tidak menyakitkan bagi ibu. Sementara untuk si kecil, cara ini lebih nyaman, karena membuat anak tidak perlu merasa kehilangan ibu atau tidak merasa disayang lagi.

 

Baca Juga: Apakah Ibu Siap Berhenti Menyusui Si Kecil? Ini 5 Tandanya!

 

Sekali lagi, karena dilakukan bertahap, menyapih dengan cinta membutuhkan waktu. Untuk itu, saat Genbest ingin menyapih anak pada usia 2 tahun, misalnya, Genbest bisa mulai dilakukan secara bertahap sejak si kecil masih 18 bulan. 

 

Untuk caranya, berikut tips menyapih dengan cinta:

 

1. Ubah jadwal menyusui

Teknik menyapih dengan cinta memerlukan jadwal menyusu yang diubah perlahan. 

Contoh, saat waktu menyusui tiba, coba tawarkan makanan terlebih dahulu, baru menyusui. Bila perlu, mnta bantuan ayah atau orang lain yang menyuapinya, sehingga si kecil lupa untuk menyusu. 

 

2. Berhenti menawarkan ASI

Saat si kecil rewel, tak perlu tergoda untuk menawarkan ASI. Lebih baik Genbest cari penyebabnya. Bila ia rewel karena bosan, alihkan perhatian si kecil dengan bermain. Bila anak haus, coba tawarkan minuman dari cangkir atau kalau ia lapar, beri ia camilan bergizi.

 

Baca Juga: 5 Tips Sukses Menyusui Si Kecil Hingga Usia 2 Tahun

 

3. Tunjukkan lebih banyak kasih sayang

Penyapihan bukan alasan untuk menjauhkan Genbest dan si kecil. Banyak cara menunjukkan kasih sayang selain dengan menyusui, misalnya, mencium, memeluk, atau menemani anak bermain lebih sering.

 

4. Cari cara lain untuk menidurkan bayi

Pada proses penyaphan, si kecil mungkin akan susah tidur karena sudah terbiasa disusui. Untuk itu, cobalah membangun rutinitas sebelum tidur yang lain, membacakan buku cerita, misalnya. Genbest juga bisa minta tolong ayah untuk menemani si kecil, agar ia terbiasa tidak menyusu saat akan tidur. Untuk peran ayah lainnya Genbest bisa klik di sini.

 

Proses menyapih dengan cinta memang tidak bisa langsung berhasil dalam hitungan jam, namun diperlukan kekuatan hati dan kesabaran dari Genbest. Selamat mencoba dan semoga sukses!

 

Baca Juga: Tahapan Menyusui Agar Sukses Memberikan ASI Pada Bayi

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top