19 Jul

6 Enzim Pencernaan yang Penting dalam Tubuh

by : Admin

Pencernaan merupakan sebuah proses kompleks yang terjadi dalam tubuh manusia. Salah satu komponen yang memegang peran penting dalam sistem pencernaan manusia adalah enzim.

 

Enzim berperan untuk memecah zat gizi dari makanan yang kita konsumsi, seperti lemak, karbohidrat, dan protein. Hal ini dilakukan agar nutrisi yang berasal dari makanan tersebut dapat diserap dengan sempurna oleh tubuh melalui aliran darah.

 

Ketika gizi terserap dengan baik melalui aliran darah, maka akan membentuk energi dan melakukan fungsi-fungsi organ dalam tubuh.

 

Dengan kata lain, tanpa enzim, makanan hanya akan menumpuk di dalam perut. Alhasil tubuh kita pun tidak akan bisa mendapatkan nutrisi dan energi dari makanan yang kita konsumsi, Genbest.

 

Selain itu, enzim juga berperan dalam membangun otot, menghancurkan racun, dan menghancurkan partikel makanan selama proses pencernaan.

 

Nah, berikut adalah beberapa enzim pencernaan dan fungsi pentingnya dalam tubuh:

 

1. Amilase

Enzim amilase diproduksi di kelenjar liur, pankreas, dan usus halus. Enzim ini fungsi memecah karbohidrat menjadi gula (glukosa). Saat makanan dikunyah, maka kelenjar air liur akan menghasilkan enzim amilase.

 

Setelah tertelan, makanan tersebut akan dicerna lebih lanjut oleh usus halus dengan enzim amilase yang dihasilkan pankreas. Di dalam usus karbohidrat yang telah menjadi glukosa akan diserap ke dalam sirkulasi darah melalui dinding usus halus.

 

Baca Juga: Membatasi Asupan Karbohidrat pada Anak Bisa Sebabkan Stunting?

 

2. Protease

Enzim protease adalah enzim pencernaan yang terdapat di lambung dan pankreas. Enzim protease juga dibedakan menjadi empat, yaitu pepsin, tripsin, kimotripsin, dan karboksipeptidase.

 

Fungsi utama dari enzim protease adalah mengubah protein menjadi asam amino untuk diserap tubuh. Tidak hanya itu, protease juga berperan dalam pembelahan sel, pembekuan darah, dan sistem imun tubuh. 

 

3. Lipase

Lipase merupakan enzim pencernaan yang dihasilkan oleh pankreas. Enzim ini berfungsi untuk metabolisme lemak, khususnya mengubah lemak trigliserida menjadi asam lemak dan gliserol.

 

Jenis enzim ini juga ditemukan dalam kandungan ASI, yang berguna untuk membantu bayi lebih mudah mencerna molekul lemak saat menyusui. Enzim juga memiliki peran dalam penyimpanan energi jangka panjang, dan mendukung kesehatan sel dalam tubuh.

 

4. Maltase

Maltase adalah enzim pencernaan yang dihasilkan oleh usus halus. Fungsi enzim maltase adalah mengubah maltase (salah satu bentuk gula) menjadi glukosa yang lebih sederhana. Nantinya glukosa ini akan diubah menjadi energi dalam tubuh. 

 

Kelebihan glukosa hasil pemecahan maltase akan disimpan sebagai glikogen dalam hati, yang akan menjadi cadangan energi bagi tubuh.

 

5. Laktase

Sesuai namanya, enzim pencernaan ini berperan untuk mengubah laktosa menjadi gula sederhana, seperti glukosa dan galaktosa. Biasanya laktosa banyak ditemukan pada produk susu dan turunannya.

 

Nah, bagi seseorang yang intoleransi terhadap laktosa, biasanya akan disarankan untuk mengonsumsi enzim laktase tambahan saat mengonsumsi susu.

 

Baca Juga: Kolostrum, Superfood Untuk Tumbuh Kembang Anak

 

6. Sukrase

Enzim ini merupakan dihasilkan usus halus. Fungsinya untuk memecah sukrosa menjadi gula sederhana; fruktosa dan glukosa. Sukrase berbentuk tonjolan, seperti rambut kecil yang melapisi usus dan mengalirkan nutrisi ke aliran darah.

 

Gula sukrosa biasanya ditemukan pada tanaman seperti tebu, sorghum, bit gula, dan madu namun dalam jumlah yang lebih sedikit.

 

Itulah enzim pencernaan dan peranannya dalam tubuh manusia. Biasanya kerja enzim pencernaan ini bisa terganggu saat kita mengalami demam, mengonsumsi obat-obatan tertentu, atau menjalani diet khusus.

 

Baca Juga: Makanan Kaya Nutrisi Memaksimalkan Kinerja Otak Anak

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top