Panduan Makan Sehat untuk Ibu Hamil Muda Agar Janin Tetap Sehat

Sed ut perspiciatis unde
24 Jul

Panduan Makan Sehat untuk Ibu Hamil Muda Agar Janin Tetap Sehat

GenBest yang sedang hamil muda perasaanya sedang campur aduk, ya? Bahagia sekaligus cemas dan bingung karena mual muntah bisa bikin nggak nafsu makan. Masalahnya, GenBest pasti menyadari masa kehamilan adalah masa penting karena merupakan bagian dari 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) yang akan membantu menentukan apakah si kecil kelak akan tumbuh dan berkembang optimal serta terhindar dari risiko stunting, atau justru sebaliknya.

 

Baca Juga: Jangan Abaikan Nutrisi 1.000 Hari Pertama Kehidupan, Ini Alasannya

 

Panduan Makan Sehat Ibu Hamil Muda

Betul, kalau GenBest melihat gizi memiliki peran besar untuk pertumbuhan dan kesehatan janin karena janin akan makan apa yang GenBest makan.  Kabar baiknya di trimester pertama, belum diperlukan tambahan kalori untuk ibu hamil. Artinya GenBest nggak perlu makan lebih banyak saat hamil muda ini.

 

Namun, memang ada beberapa nutrisi yang dibutuhkan selama trimester pertama untuk mendukung kehamilan yang sehat. Contoh, kalsium (sekitar 1.200 mg/hari), folat (400-600 mcg/hari), dan zat besi (27 mg/hari).  Untuk itu GenBest tetap perlu untuk berusaha makan ya. 

 

Nah, semoga tips ini bisa membantu untuk makan di masa-masa mual muntah ini:

 

  • Jangan biarkan perut kosong

Perut kosong akan memicu rasa mual semakin parah.  Jadi GenBest harus makan sedikit-sedikit tapi lebih sering.  Sebisa mungkin makanlah setiap 2 jam sekali.

 

  • Makanlah sedikit begitu bangun tidur

Simpan camilan, seperti biskuit, di samping tempat tidur. Lalu makanlah beberapa biskuit dan istirahatlah selama sekitar 15 menit sebelum bangun dari ranjang. Ingat, perut kosong dapat memicu mual.

 

  • Banyak minum

Untuk menghindari dehidrasi, GenBest harus berusaha untuk minum banyak. Bila air putih tidak masuk, GenBest bisa menambahkan lemon, jahe, daun peppermint. GenBest juga bisa atau minum minuman lain, seperti teh jahe atau apa saja yang dapat membuat GenBest tidak merasa mual. 

 

  • Makan apa yang ingin dimakan

Pilihlah makanan yang menurut GenBest enak untuk dimakan, es krim, pizza, bakso, dan sebagainya. Tapi cobalah memasukkan buah atau sayur ke makanan tersebut atau pilih makanan kegemaran dengan versi yang lebih sehat. Contoh untuk es krim, GenBest bisa menggantinya dengan smoothie dingin buatan sendiri.  

 

  • Makan sehat ketika sedang tidak mual

Diet GenBest selama mual muntah ini nggak harus sempurna. Tapi ketika badan GenBest sedang enak, nggak mual, manfaatkan kesempatan ini untuk makan buah dan sayuran atau makanan tinggi protein, seperti roti dengan keju, semangkuk kecil nasi dan sayur kacang merah, dsb.

 

  • Hindari minum sebelum makan

Dikhawatirkan GenBest bisa kenyang sebelum makan atau minuman itu malah membuat mual sehingga GenBest jadi nggak mau makan.

 

  • Minum vitamin

Jangan lupa untuk selalu minum vitamin/suplemen yang diresepkan oleh dokter. Selain untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan janin, beberapa vitamin, seperti vitamin B6 juga telah terbukti dapat meredakan mual.

 

Nah, selamat mencoba. Oh ya, mungkin GenBest bertanya apakah mual muntah ini akan membahayakan janin? Apakah mual muntah ini akan membuat janin kurang gizi dan nanti malah berisiko stunting? 

 

Selama mual muntah yang dialami GenBest dalam taraf wajar, si kecil yang sedang bertumbuh di dalam rahim tidak akan terpengaruh karena janin akan mendapat makanan dari cadangan tubuh GenBest. Namun kalau GenBest begitu mengkhawatirkan kondisi mual muntah ini, GenBest bisa berkonsultasi dengan dokter.

 

Baca Juga: Jangan Sepelekan Anemia pada Ibu Hamil, Ya!

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top