29 Sep

Salah satu wejangan  orang tua yang mungkin sering bikin kita terheran-heran adalah soal menyendawakan bayi sehabis mereka menyusu. Eits, jangan anggap ini hanya mitos belaka, lho. Sebab memang ini dibutuhkan oleh bayi, GenBest.

 

Burping atau bersendawa bisa menjadi tanda  kalau buah hati dalam keadaan sehat. Manfaat bersendawa juga beragam. Pertama, bersendawa bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan bayi, karena bisa mengeluarkan angin yang mengganggu sistem pencernaannya.

 

Dengan bersendawa, bayi juga bisa terhindar dari kolik. Tanda-tanda kolik salah satunya, bayi menangis terus tanpa diketahui penyebabnya, tapi biasanya karena perutnya yang kembung.

 

Bayi yang teratur bersendawa juga dapat terhindar dari risiko ASI masuk paru-paru. Bahkan berkat sendawa, bayi juga dapat tidur lebih nyenyak di malam hari.

 

Nah, terbukti kan, kalau menyendawakan bayi itu bukan hanya mitos. Banyak banget manfaat baik yang diterima si Kecil. Untuk itu, langsung saja kita belajar cara menyendawakan bayi yang benar, yuk!

 

Baca Juga: Bayi Mulai Menggigit Puting Saat Menyusu, Apa yang Harus Dilakukan?

 

Cara membantu bayi sendawa

Ada beberapa cara menyendawakan bayi yang bisa GenBest lakukan di rumah. Tapi sebelum melakukannya, siapkan handuk kecil, ya. Karena biasanya, ketika si kecil bersendawa, akan disertai sedikit susu.

 

Setelah siap, coba beberapa cara membantu bayi sendawa di bawah ini, yuk:

 

1. Posisi digendong tegak

Cara menyendawakan bayi pertama dengan menggendong bayi sejajar bahu, dan biarkan dagunya bersandar di bahu kita. Lalu sanggalah kepalanya dengan tangan kiri GenBest. Agar posisinya nyaman, gendong bayi dengan kepala yang lebih tinggi dari bahu, supaya perutnya bersandar di bahu GenBest.

 

Selanjutnya, gunakan tangan kanan untuk puk-puk punggung bayi dengan lembut. Jika tepukan-tepukan ini belum bisa membuatnya bersendawa, ganti dengan elusan atau mengusap-usap punggung si kecil, ya.  Biasanya proses ini hanya memakan waktu 3 menit saja, kok.

 

Baca Juga: Tips Sukses Menyusui Si Kecil Hingga Usia 2 Tahun

 

2. Posisi bayi setengah duduk

Tahapan pertama untuk menyendawakan bayi dalam posisi duduk, GenBest harus meletakan di kecil di atas pangkuan. Letakkan ia dalam posisi duduk dan berikan tumpuan dengan menyangga dada si kecil dan memegang dagunya menggunakan pangkal telapak tangan.

 

Jangan menekan atau menempatkan jari-jari di area tenggorokan atau leher si kecil, ya karena bisa membuat mereka tidak nyaman dan menggeliat. Jika sudah dalam posisi yang tepat, condongkan bayi sedikit ke arah depan dan tepuk-tepuk lembut punggungnya.

 

Sama seperti tahapan digendong, jika tepukan belum berhasil membuat bayi bersendawa, GenBest bisa menggantinya dengan elusan. Cara ini efektif bagi bayi yang punya kebiasaan gumoh.

 

Baca Juga: Mengapa Bayi Sering Muntah Setelah Menyusu?

 

3. Posisi tengkurap di pangkuan

Cara menyendawakan bayi dengan posisi ini dimulai dengan menidurkan si kecil di pangkuan GenBest dengan posisi tengkurap. Selanjutnya sangga dagu dan rahang bayi menggunakan satu tangan. Usap lembut punggung si kecil hingga mereka bersendawa.

Ketika sedang menahan kepala bayi usahakan tidak menekan dagu dan tenggorokan, ya.

Nah, itulah beberapa cara untuk menyendawakan si Kecil. Sekali lagi perlu GenBest ingat, untuk melakukannya dengan sabar dan hati-hati, ya. Jangan terlalu keras karena bisa menyebab ia jadi rewel.

 

Baca Juga: Hal-hal yang Harus Diperhatikan Ibu Menyusui Hamil Lagi

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top