Waspadai 4 Tanda Ibu Hamil Kekurangan Asam Folat

Sed ut perspiciatis unde
29 Jul

Waspadai 4 Tanda Ibu Hamil Kekurangan Asam Folat

GenBest, nggak lupa kan, kalau kebutuhan nutrisi sejak 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) sudah dimulai saat si kecil masih dalam kandungan. Masa kehamilan diyakini sebagai momen yang sangat krusial karena bisa menjadi penentu tumbuh kembang optimal anak kelak, sekaligus mencegahnya mengalami stunting. 

 

Nah, salah satu nutrisi penting pada masa kehamilan adalah asam folat. Asam folat dikenal juga sebagai vitamin B9. Bagi yang sedang dalam masa kehamilan disarankan memenuhi kebutuhan asam folat sebesar 400-600 mcg/harinya.

 

Lantas, mengapa ibu hamil membutuhkan asam folat? Kurangnya folat selama kehamilan terkait dengan cacat lahir utama yang mempengaruhi otak, sumsum tulang belakang, dan tulang belakang (cacat tabung saraf).

 

Baca Juga: Jangan Abaikan Nutrisi 1.000 Hari Pertama Kehidupan, Ini Alasannya

 

Tanda-Tanda Kekurangan Asam Folat

Lalu bagaimana cara kita tahu kebutuhan asam folat selama kehamilan ini sudah terpenuhi atau belum? Ada beberapa tanda  yang bisa membantu GenBest mengetahuinya:

 

1. Anemia

“Loh, bukannya anemia itu kekurangan zat besi?” Betul, tapi asam folat juga memiliki peran penting dalam pembentukan sel darah merah. Karena itulah kekurangan asam folat juga bisa  menyebabkan ibu hamil terkena anemia dan berisiko melahirkan bayi prematur hingga berat badan rendah.

 

Baca Juga: Jangan Sepelekan Anemia pada Ibu Hamil, Ya!

 

2. Gampang capek

Saat hamil, memang gampang capek, tapi nggak ada salahnya kondisi ini kamu konsultasikan pada dokter, terlebih kalau sering merasa capek berlebihan karena mungkin saja kamu mengalami anemia defisiensi folat. Asam folat dibutuhkan untuk pembuatan sel darah merah yang digunakan sebagai pengangkut oksigen dalam aliran darah. Jika pasokannya kurang akan membuat kita gampang capek.

 

3. Mudah sakit

Salah satu tanda kamu kekurangan asam folat adalah sering sakit-sakitan. Memang, sistem imun ibu hamil tergolong cukup unik, namun bukan berarti sakit-sakitan adalah hal wajar. Penelitian dari Harvard University menyebutkan; kekurangan nutrisi tertentu, salah satunya asam folat, dapat mengganggu daya tahan tubuh dan kesehatan Ibu hamil. Alhasil, tubuh jadi gampang sakit.

 

Baca Juga: Uniknya Sistem Kekebalan Tubuh Ibu Selama Hamil

 

4. Terjadi masalah pencernaan

Sering mengalami masalah pada sistem pencernaan saat kehamilan juga bisa jadi penanda kekurangan asam folat. Saat tubuhmu kekurangan asam folat, kemampuan usus tidak optimal dalam bekerja menyerap sari makanan. Kemudian, ini dapat mengganggu fungsi lambung dan menyebabkan penurunan nafsu makan, maag, hingga diare.

 

Mengatasi Kekurangan Asam Folat

Dalam situs Hopkins Medicine dijelaskan kebanyakan anemia defisiensi folat disebabkan oleh kurangnya asam folat dalam makanan. Nah kalau GenBest juga merasa kekurangan asam folat, bisa mengatasinya dengan makanan sumber asam folat. Banyak kok, misalnya bayam. Setiap 95 gram bayam mengandung 115 mcg asam folat atau. Hati sapi juga kaya asam folat. Setiap 85 gram hati sapi mengandung 215 mcg. Kalau bosan, GenBest bisa mengonsumsi makanan lain, seperti brokoli, buah jeruk, atau kacang-kacangan. 

 

Selain mengonsumsi makanan mengandung asam folat, GenBest juga bisa minum Tablet Tambah Darah (TTD). TTD tidak hanya mengandung zat besi untuk mengatasi anemia saja, kok. Dalam kandungan TTD juga terdapat asam folat yang dibutuhkan ibu hamil. Tapi konsultasikan dengan dokter dulu, ya.

 

Baca Juga: Begini Cara Dapatkan Tablet Tambah Darah Selama Pandemi COVID-19

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top