3 Dec

7 Jenis Ikan Ini Baik untuk MPASI Si Kecil

by : Admin

Mungkin selama ini Genbest lebih sering mengolah MPASI dari daging sapi atau ayam saja. Padahal masih ada sumber protein hewani yang baik untuk tumbuh kembang si kecil, yakni daging ikan. 

 

Ikan mengandung protein yang tidak kalah tinggi dari daging sapi dan ayam. Selain itu, ikan juga kaya asam lemak omega-3 yang bagus untuk merangsang perkembangan otak bayi. 

 

Itulah mengapa, MPASI dari ikan juga sangat baik untuk mengoptimalkan tumbuh kembang bayi di masa 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) sehingga dapat terhindar dari berbagai gangguan tumbuh kembang, salah satunya stunting.

 

Namun, sebelum memberikan MPASI ikan untuk bayi, Genbest harus mengecek ada tidaknya alergi makanan. Sebab, ikan merupakan salah satu makanan pemicu alergi. Jangan lupa berkonsultasi dengan dokter sebelum memberikan MPASI ikan, ya.

 

Baca Juga: Makanan Kaya Nutrisi Memaksimalkan Kinerja Otak Anak

 

Jika, sudah mendapat lampu hijau dari dokter, Genbest bisa mengolah berbagai jenis ikan yang baik untuk MPASI bayi di bawah ini:

 

1. Ikan salmon 

Ikan untuk MPASI yang terkenal akan kandungan gizi yang tinggi adalah ikan salmon. Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3, protein, vitamin B, serta AHA dan DHA. Itu artinya, MPASI dari ikan salmon bisa meningkatkan tumbuh kembang bayi dan menjaga daya tahan tubuhnya.  

 

2. Ikan tongkol 

Kalau ikan salmon sulit ditemukan, Genbest bisa membuat MPASI dari ikan tongkol. Ikan yang mudah ditemui di pasaran ini mengandung berbagai nutrisi yang tidak kalah penting, mulai dari zat besi, kalsium, protein, vitamin A, vitamin C, hingga omega-3 yang bagus untuk tumbuh kembang bayi.

 

Baca Juga: Tempe, Panganan Kaya Bahan yang Bisa Mencegah Stunting

 

3. Ikan kembung 

Seperti halnya ikan tongkol, ikan kembung juga bisa Genbest jadikan MPASI. Menariknya, ikan lokal satu ini mengandung DHA dan omega-3 yang lebih tinggi dari salmon. Selain itu, ikan kembung kaya akan kandungan fosfor, zat besi, kalsium, serta vitamin A, B1, D, E, dan C. Nutrisi lengkap ini sangat bagus untuk tumbuh kembang dan kesehatan bayi.

 

4. Ikan kod 

Jenis ikan yang baik untuk MPASI bayi berikutnya adalah ikan kod. Ikan satu ini dipercaya dapat menjaga pertumbuhan sel-sel otak bayi. Karena mengandung asam omega-3 dan 6 yang tinggi. Selain itu, ikan kod memiliki kandungan vitamin A dan D yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi bayi.  

 

5. Ikan gabus 

Pasti ikan satu ini jarang Genbest olah jadi MPASI. Padahal ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan yang baik untuk MPASI. Ikan gabus memiliki kandungan protein albumin tertinggi dibandingkan ikan lainnya. Ditambah lagi, protein ini membantu pembentukan otot dan tulang pada bayi. 

 

Baca Juga: Memiliki Protein Tinggi, Sering Konsumsi Ikan Bisa Mencegah Stunting, Lho

 

6. Ikan teri 

Meski mempunyai bentuk yang kecil, ternyata ikan teri termasuk jenis ikan yang bagus untuk MPASI bayi. Ikan teri memiliki nutrisi yang tinggi, seperti kalsium, fosfor, dan magnesium. Ketiga nutrisi tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan pertumbuhan bayi. Tidak hanya itu, ikan teri juga mengandung asam lemak omega-3 untuk meningkatkan fungsi otak bayi.

 

7. Ikan lele

Salah satu jenis ikan yang kerap dianggap remeh ini ternyata memiliki kandungan omega 3 yang dibutuhkan oleh bayi. Selain itu, ikan lele juga mengandung protein tinggi dan fosfor yang baik bagi perkembangan otak bayi, lho!

 

Begini Cara Mengolah MPASI Ikan yang Benar

Hal pertama yang sangat penting adalah membersihkan semua duri ikan. Selanjutnya, ikan bisa diolah dengan berbagai cara yang lebih sehat, seperti dipanggang atau dikukus. Apa pun cara yang dipilih pastikan ikan benar-benar matang supaya aman dari kontaminasi bakteri penyakit, seperti salmonella dan listeria.

 

Jika sudah matang, Genbest bisa menyajikan MPASI ikan untuk si kecil dalam potongan kecil, atau ditaburkan ke dalam bubur tim. MPASI ikan yang nikmat untuk si kecil siap disajikan, deh!

 

Baca Juga: Tips Memberikan MPASI Instan pada Bayi

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top