27 Oct

Begitu jadwal imunisasi tiba, biasanya Genbest mulai resah sendiri karena nggak tega melihat tangisan si kecil ketika disuntik nanti. Tenang ya, Genbest, tolong selalu diingat kalau setiap suntikan ketika imunisasi akan memberi dampak positif untuk kesehatan si kecil dalam jangka panjang. Karena imunisasi akan melindungi anak dari berbagai  ancaman penyakit berbahaya serta membantu tumbuh kembangnya optimal dan jauh dari stunting. 

 

Memang, beberapa imunisasi akan memiliki efek samping, seperti bayi menjadi lebih rewel, nyeri dan bengkak pada area yang disuntik, hingga demam. Ini sepenuhnya normal. Genbest bisa melakukan tips-tips di bawah ini untuk meredam efek-efek tersebut dan membuat si kecil lebih nyaman: 

 

1. Suasana kamar yang tenang

Menciptakan suasana kamar yang tenang dan nyaman bisa membantu menenangkan si kecil yang rewel setelah imunisasi. Caranya? Coba atur suhu kamar agar tidak terlalu panas atau dingin. Biasanya ini bisa membuat si kecil lebih rileks.

 

2. Pilih baju yang nyaman

Pakaian berbahan katun yang lembut, sejuk, dan dapat menyerap keringat dengan baik sehingga tidak membuat si kecil kegerahan. 

 

3. Gendong dan peluk si kecil

Biasanya cara ini sangat efektif. Berikan pelukan hangat atau gendong si kecil untuk memberinya kenyamanan sehingga ia merasa lebih tenang.

 

4. Kompres si kecil

Bekas suntikan terkadang akan terasa nyeri dan membuat bayi lebih rewel. Mengompres bekas suntikan dengan handuk dingin bisa membuat rasa nyeri berkurang.

 

4. Mandikan bayi

Mandi air hangat akan membantu tubuh bayi lebih rileks. Namun, apabila demamnya di atas 38 derajat Celcius, tubuh si kecil cukup dibasuh dengan lap hangat.

 

5. Tetap berikan ASI

Memberikan ASI termasuk salah satu langkah perawatan bayi setelah imunisasi yang efektif. Fakta menariknya, memberikan ASI setelah imunisasi bisa meringankan rasa sakit si kecil, lho!

 

Baca Juga: 5 Posisi Menyusui yang Nyaman untuk Ibu dan Bayi

 

6. Beri obat penurun panas

Demam menjadi salah satu efek samping imunisasi yang kerap terjadi. Umumnya dokter akan meresepkan obat penurun demam, seperti parasetamol untuk si kecil. Menurut IDAI, parasetamol pasca-imunisasi bisa diberikan setiap 3-4 jam sesuai kebutuhan, maksimal 4 kali dalam 24 jam.

 

Itulah beberapa langkah perawatan bayi setelah imunisasi yang bisa Genbest coba terapkan pada si kecil. Pastikan si kecil istirahat cukup agar efek sampingnya segera membaik, ya, Genbest!

 

Baca Juga: Jadwal Imunisasi Anak 2020 Rekomendasi IDAI

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top