6 Jul

Genbest yang saat ini sedang berbadan dua, pasti memiliki niat untuk menyusui secara eksklusif ketika si kecil dilahirkan nanti. ASI memang nutrisi terbaik yang dapat mendukung tumbuh kembang si kecil pada masa pertumbuhan emasnya, termasuk untuk menghindarinya dari risiko stunting. 

 

Untuk menyukseskan ASI eksklusif, Genbest perlu melakukan persiapan. Sebenarnya yang benar-benar dibutuhkan saat menyusui hanyalah payudara dan bayi. Namun terkadang Genbest membutuhkan beberapa perlengkapan yang dapat membuat Genbest lebih mudah menyusui dan lebih nyaman. 

 

Nah, berikut lima perlengkapan pendukung ASI eksklusif yang bisa GenBest pertimbangkan untuk menggunakannya:

 

1. Breast pad

Ibu menyusui terkadang mengalami ASI merembes sampai membuat basah baju.  Kendala ini bisa diatasi dengan menggunakan breast pad. Cukup letakkan breast pad di dalam bra untuk menahan ASI saat meluap keluar.

 

Baca Juga: Tips Menyelamatkan ASI Perah Saat Listrik Padam

 

2. Pompa ASI 

Pompa ASI biasanya dibutuhkan saat Genbest harus kembali bekerja/bepergian sehingga Genbest tetap memiliki persedian ASI untuk si kecil. Pompa ASI juga bisa digunakan pada beberapa kondisi, seperti untuk menjaga produksi ASI agar tetap lancar atau saat bayi belum mau menyusu, tapi payudara sudah bengkak. 

 

3. Bra menyusui

Bra menyusui memiliki pad atau cup bra yang bisa dilepas-pasang sehingga Genbest tidak perlu repot membuka bra saat menyusui. Jangan lupa, pilih bra berbahan katun, agar lebih mudah menyerap keringat.

 

Baca Juga: 5 Tips Sukses Menyusui Si Kecil Hingga Usia 2 Tahun 

 

4. Wadah ASI 

Wadah ASI bisa berupa botol kaca atau kantong yang dibuat khusus untuk menyimpan ASI. Wadah ini biasanya dirancang untuk tahan terhadap pembekuan dan pencairan, dan dapat menyimpan ASI dengan aman dalam jangka waktu yang lama. Apapun wadah yang Genbest pilih, pastikan yang bebas BPA (BPA Free). BPA adalah zat kimia Bisphenol-A yang sering digunakan dalam wadah plastik yang bisa membahayakan kesehatan.

 

5. Nipple shield

Alat ini cocok untuk ibu yang memiliki puting kecil atau datar. Nipple shield bisa membantu bayi mengisap puting dengan mudah. Pilih nipple shield yang terbuat dari silikon lembut, serta memiliki kontur yang cukup elastis, ya, Genbest.

 

Itulah lima perlengkapan ASI eksklusif yang sebaiknya disiapkan sebelum persalinan. Nah, semoga Genbestbisa mewujudkan ASI eksklusif sehingga si kecil bisa tumbuh sehat dan terbebas dari stunting!

 

Baca Juga: Panduan Cara Menyimpan ASI Perah dengan Benar 

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top