26 Sep

Menstruasi menjadi salah satu hal yang pastinya dialami oleh setiap remaja putri. Namun, menstruasi berbeda di setiap individu. Ada yang mengalaminya dengan Pre-Menstrual Syndrome (PMS), seperti gejala-gejala kram perut, rasa mulas, sakit pinggang dan lainnya, ada pula yang tidak mengalami merasakan apapun. Di samping itu semua, banyaknya produk-produk penambah darah yang dipercaya bisa membantu perempuan dalam melewati masa menstruasinya.

 

Dikutip dari Alodokter, saat masa menstruasi, zat besi yang ada di dalam tubuh berkurang jumlahnya pada saat tidak menstruasi. Akibatnya, tubuh sangat rentan untuk mengalami anemia, atau kekurangan sel darah merah karena zat besi yang merupakan salah satu sumber pembentuk sel darah merah berkurang. Karena itu, memenuhi kebutuhan gizi selama menstruasi sangat penting dilakukan untuk mencegah terjadinya anemia.

 

Sebuah penelitian juga menunjukkan, kebiasaan meminum tablet penambah darah bisa mengurangi angka kejadian anemia pada remaja putri. Dalam penelitian yang berbeda, suplemen penambah darah atau zat besi bahkan bisa meningkatkan kualitas hidup perempuan yang mengalami menstruasi berat setiap bulannya.

 

Untuk perempuan dengan menstruasi yang cukup berat, menstruasi dapat mengakibatkan kondisi anemia kekurangan zat besi karena tubuh tidak dapat memperoleh cukup sel darah merah yang sehat. Anemia bisa membuat seseorang merasa kelelahan, napas pendek, sakit kepala, merasa pusing, dan di beberapa penelitian sebelumnya bahkan anemia dihubungkan dengan menurunnya penampilan fisik, fungsi kognitif dan mood seseorang.

 

Beberapa hal lain yang bisa kita persiapkan agar terhindar dari anemia selama masa menstruasi, seperti dikutip dari Dokter Sehat adalah:

 

1. Mengonsumsi makanan tinggi zat besi
Makanan tinggi zat besi adalah makanan protein hewani dan beberapa jenis sayuran hijau serta sumber karbohidrat. Konsumsi makanan tinggi besi juga sebaiknya diiringi dengan penerapan diet seimbang dan bervariasi setiap hari.

 

2. Mengonsumsi tablet tambah darah secara rutin
Pemerintah menganjurkan konsumsi tablet tambah darah, utamanya untuk remaja putri, sebanyak satu kali dalam seminggu. Hal ini akan mencegah terjadinya anemia pada remaja, dan tentu tubuh akan lebih siap saat menstruasi karena asupan zat besi telah rutin dikonsumsi tiap minggunya.

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top