3 Oct

Upaya mencegah stunting tidak cukup hanya dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, tapi perlu diimbangi dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Mengapa? Karena stunting dan perilaku hidup bersih dan sehat saling berkaitan.

 

Contoh, saat GenBest memberikan makanan kaya nutrisi, tapi si kecil tidak cuci tangan sebelum makan, bisa menjadi sia-sia. Karena, sebanyak apa pun gizi yang masuk ke tubuh si kecil bisa percuma. Kuman di tangan dapat ikut masuk ke ubuh dan membuat si kecil jatuh sakit.

 

Lama-lama, kebiasaan tidak cuci tangan ini akan berdampak buruk. Anak jadi sering sakit-sakitan, msalnya. Akibatnya, tumbuh kembangnya terganggu, bahkan pada kasus ekstrem bisa mengalami stunting. Jadi, yuk, kenalkan PHBS sejak dini.

 

PHBS tidak hanya terbatas pada menjaga kebersihan saja, namun semua perilaku yang bisa menunjang kesehatan kita. Ini tipsnya:

 

1. Biasakan konsumsi buah dan sayur

Idealnya, GenBest perlu berusaha memasukkan buah dan sayuran sebagai bagian dalam menu makanan bergizi si kecil setiap hari. Untuk anak balita, mungkin agak sulit untuk mereka makan buah dan sayur. Tapi ingat, keinginan balita untuk meniru di usia ini sangat kuat. Jadi nggak perlu memaksanya, cukup GenBest menjadi panutan dengan selalu menikmati buah dan sayur setiap hari. Semakin cepat anak diperkenalkan dengan makanan yang sehat bergizi, semakin mudah mereka mengembangkan pola makan sehat hingga dewasa.

 

Baca Juga: Begini Cara Agar Anak Mau Makan Sehat

 

2. Pilih olahraga yang menyenangkan

Rutin olahraga merupakan salah satu perilaku hidup bersih dan sehat. Aktif bergerak akan membantu anak menjaga kesehatan tulang, memperkuat tulang dan ototnya, serta menurunkan risiko obesitas pada si kecil. Rutin olahraga juga akan mengaktifkan hormon pertumbuhan anak sehingga tumbuh kembangnya menjadi optimal.

 

Masalahnya, tidak semua anak suka beraktivitas fisik. Beberapa anak bahkan sebal dengan pelajaran olahraga. Tapi olahraga tidak hanya terbatas dengan lari keliling lapangan, ada bermacam olahraga yang bisa ditawarkan pada anak, seperti berenang, bermain bola, bersepeda, jalan santai dan sebagainya. Biarkan anak menemukan olahraga yang mereka sukai, dengan begitu menjaga kesehatannya menjadi lebih mudah.

 

Baca Juga: Ini Jenis Olahraga yang Cocok untuk Mencegah Anemia

 

3. Ajarkan cuci tangan pakai sabun

Cuci tangan pakai sabun  menjadi salah satu poin penting mencegah tubuh tertular infeksi. Biasakan anak untuk cuci tangan sebelum dan sesudah makan, selesai buang air, serta setelah bermain dari luar.  Berikan contoh mencuci tangan yang benar, dengan cara bernyanyi atau cuci tangan bersama. GenBest juga bisa memberitahu dampak buruk ketika si kecil tidak mencuci tangan.

 

Baca Juga: Ini Akibatnya Kalau Malas Cuci Tangan Pakai Sabun

 

4. Menjaga kebersihan diri

Salah satu kebersihan diri yang perlu diperkenalkan adalah kebersihan gigi dan mulut. Tanpa perawatan yang tepat, anak bisa mengalami gigi berlubang, bau mulut, dan penyakit mulut lainnya.

 

Pada kasus yang parah, masalah gigi bisa merembet dan mengakibatkan anak gagal tumbuh dan menderita stunting. Ini karena sakit gigi bisa menyebabkan terganggunya fungsi mengunyah dan membuat nafsu makan menurun sehingga bisa mengakibatkan anak kekurangan gizi, dan akhirnya menderita stunting!

 

Baca Juga: 5 Skill Kebersihan Diri yang Harus Dikuasai Balita

 

5. Biasakan pakai jamban sehat

Satu lagi yang harus mulai dibiasakan pada si kecil adalah membiasakan untuk menggunakan jamban sehat. Kotoran manusia adalah salah satu media berkembangnya bibit penyakit, salah satunya cacing. Penyakit cacingan dalam jangka panjang juga dapat meningkatkan risiko anak mengalami kekurangan gizi dan menyebabkan stunting.

 

Jadi, yuk cegah stunting dengan membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah.

 

Baca Juga: BAB Sembarangan Bisa Bikin Balita Stunting, Kok Bisa?

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top