15 Nov

Di balik warna oranye cerah, buah pepaya menyimpan segudang nutrisi dan manfaat untuk anak-anak. Pepaya juga kerap dijadikan menu MPASI karena rasa manis dan segar membuat si kecil makin lahap menyantapnya.

 

Jadi, mungkin sangat sedikit bayi yang belum pernah merasakan kelezatan buah pepaya. Sebagai sajian buah untuk MPASI, cara membuat puree pepaya sangat sederhana. Tinggal dikupas, dibuang bijinya, dipotong, ditumbuk sesuai tekstur yang dapat ditoleransi bayi. Untuk finger food bayi 9 bulanan ke atas, pepaya bisa langsung disajikan dengan memotongnya seukuran genggaman si kecil.

 

Untuk itulah mengapa buah pepaya bisa dimanfaatkan untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil pada masa 1.000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) ini. Apa saja manfaat buah pepaya? Berikut 6 manfaat buah pepaya untuk menu MPASI si kecil.

 

1. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada pepaya membantu mengatasi sekaligus mencegah sembelit pada anak. Pepaya juga memiliki kandungan enzim papain yang mampu memecah struktur nutrisi makanan agar lebih mudah diserap tubuh. GenBest bisa memberi sekitar 2-3 ons pepaya yang sudah dilumatkan sebagai camilan MPASI bayi.

 

Baca Juga: 5 Kesalahan Pemberian Puree yang Bikin Anak Stunting

 

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C pada pepaya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh si kecil agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

 

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Tingkatkan Daya Tahan Tubuh di Era New Normal

 

3. Mencegah kanker

Tingginya antioksidan pada buah pepaya dapat membantu mencegah kanker sejak dini, salah satunya kanker usus besar. Selain itu, kandungan likopen pada pepaya dapat sekaligus melawan radikal bebas penyebab pembentukan sel kanker.

 

4. Mencegah penyakit kardiovaskular

Manfaat buah pepaya lainnya adalah menjaga kesehatan jantung berkat kandungan vitamin, serat, dan kalium yang tinggi pada pepaya. Kandungan folat pada pepaya bisa membantu mengubah homocysteine menjadi asam amino. Homocysteine yang terlalu banyak di dalam tubuh dapat merusak dinding pembuluh darah dan menyebabkan stroke. . Itulah mengapa buah pepaya juga dapat mencegah anak terserang penyakit kardiovaskular di masa depan.

 

Baca Juga: 7 Khasiat Buah Naga Untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak

 

5. Menjaga kesehatan mata

Tingginya kandungan vitamin A pada pepaya turut membantu menjaga kesehatan mata anak, dengan memperkuat sistem saraf dan otot pada indra penglihatan si kecil.

 

6. Menjaga kesehatan kulit

Kulit bayi cukup sensitif. GenBest bisa memanfaatkan buah pepaya untuk melindungi kulit bayi dari dalam. Kandungan vitamin A pada buah pepaya tidak hanya menjaga kesehatan mata, melainkan menjaga kesehatan kulit si kecil juga, lho.

 

Namun meskipun mengandung banyak nutrisi dan manfaat, bukan berarti GenBest hanya memberikan pepaya setiap hari untuk MPASI. Pada saat pengenalan awal-awal MPASI, si kecil yang berusia 6 bulan tetap harus diusahakan mendapat menu bervariasi dan bergizi lengkap, dari karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan lemak.

 

Pemenuhan nutrisi yang optimal pada saat MPASI ini begitu penting untuk mendukung pertumbuhan bayi yang pesat di masa 1.000HPK dan menghindarinya dari berbagai ancaman penyakit, seperti stunting.

 

Baca Juga: Pentingnya Protein Hewani pada MPASI Anak

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top