Stimulasi Bayi 4-6 Bulan

Sed ut perspiciatis unde
15 Oktober

Stimulasi Bayi 4-6 Bulan

Tak terasa si kecil sudah terus tumbuh dan besar. Apalagi usianya sudah menginjak 4 bulan. Apa sajakah stimulasi terbaik untuk anak 4 hingga 6 bulan yang dapat dilakukan di rumah? Berikut stimulasi yang bisa GenBest coba di rumah agar si kecil bertambah pintar: 


Bermain Kotak
Pada usia 4 bulan, si kecil sudah mulai senang menggenggam benda-benda. Kedua tangan yang mereka miliki memungkinkan mereka mengeksplorasi segala hal yang menyenangkan. Tak ada salahnya bila mengajak si kecil bermain kotak di rumah. Berikan mainan berbentuk kotak, lebih baik lagi di dalamnya ada mainan atau benda kecil sehingga kalau diguncang-guncangkan akan mengeluarkan bunyi. Ingat, anak usia ini rasa ingin tahunya sangat tinggi. Ia mungkin akan membanting kotak itu, mengambil benda di dalamnya, dan masih banyak lagi. Permainan ini dapat merangsang kognitif anak, indra peraba, kemampuan motorik, dan lainnya.  


Musik
Musik sangat bermanfaat bagi anak karena dapat meningkatkan memori, perhatian, dan pembelajaran bayi. Musik juga dapat meningkatkan fokus, rentang perhatian, bahkan daya ingat anak. Memperkenalkan anak pada alat musik pun akan membantu mengembangkan kemampuan berpikir proporsionalnya. Musik juga dapat melatih kemampuan spasial, temporal, dan pemahaman anak. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan bersama si kecil dalam melakukan permainan ini, misalnya saja GenBest bisa bernyanyi di depan si kecil, menyetel lagu anak-anak, membuat alat-alat musik dari perlengkapan yang ada di rumah, dan masih banyak lagi. 


Buku
Lho, usia 4 atau 6 bulan diberi buku? Tak ada kata “terlalu dini” untuk melakukannya. GenBest bisa mulai mengenalkan buku dengan membacakan cerita-cerita anak pada si kecil. Usahakan, saat membacakan, nada yang dikeluarkan tidak terlalu keras, tapi juga tidak kelewat pelan. Perlihatkan juga buku penuh gambar itu pada anak sehingga ia dapat berimajinasi lebih. Lakukan semua dialog yang ada di dalam buku dengan nada ekspresif. Tak perlu lama, GenBest hanya perlu membacakan cerita di dalam buku cerita hanya 2 menit, tapi lakukan secara rutin.  


Bermain Cermin
Permainan ini sangat sederhana tapi sarat dengan makna. GenBest hanya perlu menggendong si kecil dalam posisi kangguru, kemudian hadapkan muka ke cermin yang ada di lemari, dinding, atau cermin kecil yang dapat dipegang. Biarkan ia meraba-raba cermin itu. Pertama, GenBest bisa mengenalkan anggota tubuh. Katakan bagian tubuh itu sambil menunjuknya, katakan ‘wajah’ sambil menunjuk wajahnya, lalu terus sampai anak mengenal rambut, kepala, mata, bibir, hidung, dan lainnya. Stimulasi ini memiliki sejumlah manfaat, di antaranya belajar mengenali diri dan beberapa bagian anggota tubuhnya dan mengasah kemampuan emosi. Bayi belajar mengenal emosi, saat ia tertawa, menangis, dan lainnya.

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top