4 Oct

Siapa anak-anak yang tidak suka menari dan bernyanyi? Kegiatan sederhana yang menyenangkan ini bisa membuat si kecil belajar banyak hal. Sayangnya, saat ini menari dan bernyanyi seperti terlupakan, karena banyak anak yang memilih menghabiskan waktu berjam-jam bermain dengan gadget-nya.  

 

Apakah si kecil juga seperti itu, Genbest? Nah, silakan baca artikel ini dan jangan ragu lagi untuk menyempatkan diri mengajak si kecil menari dan bernyanyi bersama karena kegiatan ini banyak sekali manfaatnya.  

 

Dilansir dari artikel berjudul “How music and dance can help your child's development” pada laman YMCA Children’s Programs, ketika diajarkan menari, anak akan mengasah keterampilannya untuk mendengarkan instruksi dan memerhatikan orang lain. Menari juga akan membantu si kecil mengembangkan kecerdasan spasial, karena saat menari ia akan bergerak ke kiri, ke kanan, ke belakang, ke depan, dan sebagainya.

 

Baca Juga: 6 Mainan Edukasi untuk Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Saat di Rumah Saja

 

Kegiatan menari juga akan membuat anak belajar koordinasi dan kontrol tubuh. Mereka akan memahami bagaimana tubuhnya bergerak; berjalan, melompat, memutar, membungkuk, dan sebagainya. Dari segi kesehatan, menari bermanfaat dalam memperkuat otot-otot anak. 

 

Bagaimana dengan bernyanyi? Melalui bernyanyi, kosakata dan keterampilan komunikasi si kecil akan meningkat karena mereka banyak mempelajari perbendaharaan kata baru.  

 

Sementara lirik lagu akan memberikan latihan otak untuk mengembangkan keterampilan mengingat yang berharga. 

 

Masih ada beberapa manfaat menari dan bernyanyi untuk tumbuh kembang anak. Selengkapnya, simak poin-poin di bawah ini, ya, Genbest!

 

 

1. Melatih motorik anak

Menggerakkan kaki, tangan, dan tubuh sesuai irama musik ketika menari bisa melatih motorik dan keseimbangan tubuh si kecil. 

 

Baca Juga: Berapa Jumlah Kosakata yang Mampu Diucapkan Anak Usia 2 Tahun

 

2. Meningkatkan konsentrasi

Saat menari dan bernyanyi, si kecil akan mengingat gerakan atau lirik yang didengarnya. Kegiatan ini akan mendorong anak untuk belajar berkonsentrasi.

 

3. Meningkatkan kreativitas anak

Saat si kecil bernyanyi mungkin ia akan mengubah lirik lagu atau ketika menari, dia berimprovisasi menciptakan gerakan tarian yang baru. Ini adalah bukti kreativitas anak yang terasah.

 

4. Melepaskan stres

Sama halnya dengan orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalami stres. Salah satu cara melepas stres adalah mengajaknya bernyanyi dan menari bersama.

 

5. Menjaga kesehatan jantung anak

Gerakan saat menari yang energik hampir serupa dengan latihan kardio sehingga bisa membantu menjaga kesehatan jantung si kecil.

 

Nah, itulah beberapa alasan mengapa menari dan bernyanyi menjadi kegiatan seru yang bermanfaat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak.  Jadi, jangan ragu mengajak si kecil menari dan bernyanyi bersama di rumah, ya, Genbest!

 

Baca Juga: 5 Permainan Ini Bisa Bantu Anak 2 Tahun Tambah Cerdas

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top