22 Sep

MPASI perlu dikenalkan begitu si kecil memasuki usia 6 bulan. Hal itu karena seiring bertambahnya usia bayi, mereka mulai membutuhkan makanan padat agar bisa mendapatkan cukup zat besi dan nutrisi penting lainnya untuk tumbuh kembang.

 

Selama sekitar 6 bulan pertama kehidupan, bayi menggunakan zat besi yang disimpan di dalam tubuh mereka sejak di dalam kandungan. Mereka juga mendapatkan zat besi dari ASI. Tapi simpanan zat besi bayi turun seiring pertumbuhan mereka. Dan sekitar usia enam bulan, mereka tidak bisa mendapatkan zat besi yang mereka butuhkan dari ASI saja. Kalau tidak mendapat MPASI yang bernutrisi, lama-lama bayi bisa mengalami gagal tumbuh dan menderita stunting.

 

Baca Juga: 5 Nutrisi Wajib dalam MPASI Anak

 

Jadi begitu bayi berusia 6 bulan, yuk siapkan segala keperluannya untuk bisa mendapatkan MPASI. Di bawah ini adalah perlengkapan MPASI yang perlu ada di rumah,

 

1. Alat makan bayi

Alat makan bayi harus memiliki label BPA Free dan Food GradeBPA free adalah label yang menandakan bahwa alat makan bayi bebas dari zat kimia bernama bisphenol-A. Peneltian menunjukkan BPA dapat meresap pada makanan atau minuman, masuk ke tubuh, dan menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Sementara istilah food grade mengacu pada bahan yang digunakan dalam peralatan makan. Untuk didefinisikan sebagai food grade, bahan harus tidak beracun dan aman untuk digunakan sehari-hari.

 

2. Sippy cup

Banyak yang bisa dipelajari si kecil saat ia mulai mendapat MPASI, salah satunya belajar minum dari gelas. Nah, tugas GenBest adalah menyediakan gelas yang memiliki moncong atau dikenal dengan sippy cup atau training cup. Gelas ini aman digunakan untuk bayi dan membuat bayi lebih mudah untuk minum karena tidak membuatnya keselek. Untuk awal, sippy cup berukuran kecil akan lebih memudahkan bayi untuk memegangnya. Kalau sudah semakin mahir, biasanya saat 9 bulanan, GenBest bisa mengenalkan straw cup (cangkir yang dilengkapi sedotan).

 

3. Celemek makan

Saat mengenalkan MPASI, GenBest harus siap-siap baju si kecil akan belepotan makanan. Nah, celemek makan (atau dikenal dengan slaber) bisa menjaga baju bayi tetap bersih. Celemek makan dari bahan katun akan lebih nyaman untuk si kecil karena biasanya tidak membuat kulit bayi gatal.

 

4. Sendok garpu

Pada awalnya kebanyakan bayi suka makan dengan tangan dan ini benar-benar normal, malah bisa menjadi stimulasi sensorik yang bagus.  Namun jangan takut juga untuk memperkenalkan sendok dan garpu karena ini akan  membantu si kecil melatih berbagai keterampilan makan sendiri. Namun jangan lupa piih sendok dan garpu berkualitas baik dan sudah teruji bebas BPA. Perhatikan juga bentuk dan ukurannya. Ukuran sendok  harus pas untuk mulut si kecil dan bentuknya didesain berujung membulat dan tumpul sehingga aman untuk digunakan bayi.

 

5. Food container

Kebutuhan untuk MPASI tidaklah banyak, sulit untuk menghabiskan bahan MPASI untuk sekali masak. Untuk itulah, GenBest biasanya akan membutuhkan wadah kedap udara untuk menyimpan bahan-bahan tersebut di dalam freezer. Sekali lagi pilih Food Container yang BPA Free serta food grade quality. Produk juga harus punya penutup yang membuatnya kedap udara sehingga bahan makanan tetap segar dan tidak mudah rusak.

 

6. Blender 

Saat membuat MPASI, GenBest membutuhkan sesuatu untuk menghaluskan makanan bayi. Kalau di rumah ada blender, alat ini cukup bisa diandalkan, kok. Tapi kalau GenBest ingin alat yang lebih praktis, mungkin food processor bisa membantu. Alat ini mampu mencacah, memotong, memarut, mengiris, hingga mencampur berbagai jenis makanan.

 

7. Slow cooker

Membuat bubur MPASI memerlukan waktu relatif lama dan perlu untuk diaduk terus supaya nggak menggumpal. Nah, menggunakan slow cooker  bisa membantu. Peralatan memasak ini memungkinkan GenBest hanya menaruh beberapa bahan MPASI dan air, lalu meninggalkannya hingga matang. Memang tetap lama prosesnya, tapi setidaknya Genbest tak perlu menunggunya ataupun mengaduknya setiap saat.

 

Baca Juga: Tips Memberi MPASI Instan pada Bayi

 

8. High chair

Satu lagi nih, perlengkapan MPASI yang harus GenBest miliki di rumah. Saat masa MPASI si Kecil sudah mulai bisa duduk sendiri, untuk itu perlu disiapkan kursi makan bersama di meja makan. Sebelum beli, ada beberapa hal yang harus GenBest perhatikan. Pertama, pastikan high chair berdiri kokoh dan stabil. Lalu, pastikan si Kecil menggunakan sabuk pengaman saat berada di kursinya. Kemudian, demi keamanan jangan tinggalkan si Kecil sendiri di kursinya, ya. Paling penting, leher dan tulang belakangnya sudah cukup kuat untuk memulai MPASI dan duduk di kursi.

 

Nah, itu adalah 8 perlengkapan MPASI yang wajib GenBest miliki di rumah. Kira-kira mana nih, yang sudah mulai GenBest cicil dan persiapkan di rumah?

 

Baca Juga: Mengenal Finger Food untuk Si Kecil, Apa Saja Menunya?

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top