23 Aug

Genbest, apakah si kecil sudah berusia 10 tahun? Nah, biasanya mereka sebentar lagi akan mendapat haid pertama dan beranjak menjadi remaja putri.

 

Pada saat ini, Genbest bisa membuka obrolan ringan seputar menstruasi dan sedikit menyentuh edukasi tentang seks. Memang ini bisa sedikit tidak nyaman. Tetapi anak-anak membutuhkan informasi yang dapat dipercaya dan itu bisa didapatkan dari orang tuanya. 

 

Sampaikan bahwa menstruasi merupakan ciri organ reproduksi telah aktif, sehingga saat remaja sudah haid, dia pun sudah bisa hamil. Sampaikan pada anak bahwa tidak ada yang boleh menyentuh bagian-bagian tubuhnya yang tertutup pakaian, terutama vagina, payudara  tanpa izin, baik teman sebaya, guru, atau orang dewasa lainnya.

 

Sex education bisa mengurangi efek buruk dari hamil di usia remaja, yaitu meningkatkan risiko bayi lahir prematur, berat badan lahir rendah, kematian janin dalam kandungan, hingga bahaya stunting yang mengincar. 

 

Nah, berikut inilah beberapa topik obrolan yang Genbest jelaskan atau cara menjawab saat remaja putri bertanya tentang haid:

 

1. Kenapa dia sudah haid, temannya belum?

Jelaskan bahwa kebanyakan anak perempuan mendapatkan menstruasi pertama ketika berusia 10 hingga 15 tahun. Usia rata-rata adalah 12, tetapi setiap gadis memiliki jadwalnya sendiri, bahkan ada beberapa anak yang sudah mendapat menstruasi di usia 8 tahun. Jadi bila temannya belum mendapat haid dan dia sudah, keduanya normal dan ini bukan suatu hal yang memalukan. 

 

Baca Juga: 4 Fase Siklus Menstruasi Wanita, Remaja Putri Perlu Tahu

 

2. Apakah dia akan mendapat menstruasi secara teratur?

Untuk tahun-tahun pertama, mungkin menstruasi tidak datang secara teratur. Ini normal. Namun sekitar 2-3 tahun setelah menstruasi pertamanya, menstruasi seorang remaja putri seharusnya datang sebulan sekali.

 

3. Seberapa sering ganti pembalut?

Pembalut perlu diganti setiap 3-4 jam sekali. Ajarkan juga untuk si remaja putri  menjaga kebersihan vaginanya selama menstruasi. Caranya? Genbest bisa membacanya di artikel Penting bagi Remaja Putri: Mengenal Menstrual Hygiene

 

4. Apakah itu PMS?

Premenstrual syndrome (PMS) adalah gejala yang dapat dirasakan menjelang haid. Jelaskan pada remaja putri kalau dia mungkin akan mengalami kram perut, mual, cepat lelah, nyeri pada payudara, hingga mood swing menjelang haid. 

 

5. Apakah perlu mencatat siklus menstruasi?

Sejak haid pertama, biasakan remaja putri untuk paham mengenai penting pencatatan siklus menstruasi. Karena siklus haid yang tidak teratur bisa jadi pertanda gangguan pada sistem reproduksi wanita. Jelaskan juga hal ini akan sangat berguna saat menikah kelak, guna menentukan masa subur.

 

Baca Juga: Catat Siklus Menstruasi Tiap Bulan, Ini Manfaatnya

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top