27 Nov

Banyak orang tua mengalami cemas saat mengenalkan makanan pendamping ASI (MPASI) pada si kecil. Apakah Genbest salah satunya? Ketika si kecil menolak MPASI-nya, misal, kita akan langsung cemas dan menafsirkan si kecil sebagai anak yang sulit makan. Padahal penolakan di awal pemberian MPASI sangat normal mengingat bayi masih perlu banyak belajar, dari belajar mengunyah hingga belajar mengenal rasa hingga tekstur MPASI yang baru baginya. 

 

Kecemasan ini yang pada akhirnya mendorong orang tua untuk mengabaikan aturan pemberian makan atau feeding rule, dan memilih cara-cara kurang tepat dalam praktik pemberian makan kepada anak. Contoh, karena takut anak yang menolak MPASI kekurangan gizi, akhirnya si kecil selalu diberi susu sebagai ganti MPASI. Padahal ketika si kecil kenyang susu, ia semakin  tidak belajar menikmati MPASI-nya.  Ini yang justru dikhawatirkan bisa mengganggu perilaku makan anak kelak.

 

Baca Juga: Si Kecil yang Sulit Makan, Apakah Selalu Butuh Suplemen?

 

Karena itulah, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengajak orang tua untuk selalu menerapkan feeding rule secara konsisten. Penerapan aturan makan ini memiliki banyak manfaat, salah satunya guna melatih dan membiasakan si kecil makan dengan benar. 

 

Lantas, bagaimana cara menerapkan feeding rule yang benar? Sebagai panduan, Genbest bisa mengikuti rekomendasi dari IDAI dalam menerapkan feeding rule bayi di bawah ini:

 

1. Jadwal

Feeding rule dimulai dari menerapkan jadwal makan teratur:

  1. Susun jadwal makan anak menjadi 3 kali makan makanan utama dan 2-3 makan selingan.
  2. Batasi waktu makan maksimal 30 menit.
  3. Saat makan, jangan “menyogok” anak dengan camilan lain, kecuali memberi minum.

 

Baca Juga: Cara Mengatasi Anak Sering Makan Diemut, Bukan Dipaksa!

 

2. Lingkungan

Faktor lingkungan memiliki pengaruh cukup besar dalam menerapkan feeding rules pada bayi. Usahakan si kecil berada di lingkungan yang nyaman agar kegiatan makannya berjalan lancar. Begini kriterianya:

  1. Usahakan selalu menciptakan lingkungan makan yang menyenangkan. Salah satu caranya dengan tidak memaksa si kecil untuk makan dan menghabiskan makanannya.
  2. Hindari berbagai macam distraksi, seperti mainan, televisi, atau berbagai gadget saat makan. 

 

3. Prosedur pemberian MPASI pada bayi

Genbest juga perlu memahami prosedur pemberian MPASI pada bayi agar sukses menerapkan feeding rule. Begini caranya:

  1. Berikan MPASI dalam porsi kecil.
  2. Utamakan memberikan makanan utama terlebih dahulu, dan diakhiri dengan minum.
  3. Beri kesempatan anak makan sendiri.
  4. Apabila anak berlepotan saat makan, hindari membersihkan mulutnya di tengah waktu makan. Cukup bersihkan saat makannya sudah selesai.
  5. Jika anak menunjukkan tanda-tanda menolak makan, seperti memalingkan kepala atau menutup mulut, tidak perlu memaksanya.
  6. Lihat respons anak. Apabila setelah 10-15 menit masih menolak makan, hentikan proses makan.

 

Dengan terus taat menerapkan feeding rule untuk bayi yang memasuki fase MPASI, secara perlahan si kecil bisa makan dengan lahap. Semoga berhasil, Genbest!

 

Baca Juga: 5 Nutrisi Wajib dalam MPASI Anak

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top