26 Jul

Lemak sudah lama dianggap  buruk karena menjadi penyebab berbagai penyakit, dari kegemukan, kolesterol, hingga jantung. Padahal, dalam kadar yang seimbang, lemak  baik untuk semua orang. Bahkan untuk bayi dan balita, lemak memainkan peran yang sangat penting untuk pertumbuhan mereka.

 

Lemak, misalnya, sangat penting untuk perkembangan sel dan otak bayi dan penyerapan vitamin (terutama untuk menyerap vitamin A, D, E, dan K) yang bermanfaat dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.

 

Kandungan lemak pada MPASI juga bisa meningkatkan nafsu makan si kecil dan bisa menambah kalori sehingga bisa merasa kenyang lebih lama dan memberikan energi lebih. 

 

Baca Juga: Membatasi Asupan Karbohidrat pada Anak Bisa Sebabkan Stunting?

 

Itulah mengapa pemberian lemak pada masa 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) sangatlah penting. Dalam laman Mayo Clinic dijelaskan untuk anak-anak di bawah 2 tahun, pemberian lemak tidak boleh dibatasi. Tujuannya tentu agar pertumbuhan anak optimal, bebas dari gangguan tumbuh kembang, termasuk dari risiko stunting 

 

Sumber Lemak untuk MPASI Bayi

Sebenarnya sumber lemak apa pun bisa diberikan untuk bayi. Seperti telur, ayam, ikan, atau alpukat adalah sumber lemak sekaligus melengkapi nutrisi lainnya. 

 

Namun, selain itu, masih ada beberapa pelengkap sumber lemak tambahan untuk MPASI yang bisa Genbest pilih, yaitu:

 

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun atau olive oil termasuk minyak sehat, karena mengandung lemak tak jenuh dan antioksidan. Menariknya, kandungan lemak tak jenuh tunggal ini bermanfaat dalam mengoptimalkan perkembangan otak bayi, loh!

 

2. Minyak kelapa

Ada dua jenis minyak kelapa di pasaran, yaitu minyak kelapa biasa dan minyak kelapa murni, virgin coconut oil (VCO). Kedua jenis minyak kelapa tersebut mengandung lemak sehat dan antioksidan sehingga cocok digunakan sebagai lemak tambahan untuk MPASI bayi.

 

Baca Juga: 10 Singkatan Seputar MPASI yang Perlu DIketahui Para Ibu

 

3. Minyak canola

Diolah dari biji tanaman canola, minyak canola juga tinggi kandungan lemak baik, bahkan, kandungan omega3 pada minyak canola lebih tinggi dibandingkan minyak zaitun, loh, Genbest!

 

4. Santan

Untuk orang dewasa, disarankan untuk membatasi makanan bersantan demi menjaga kesehatan. Sebaliknya, santan menjadi sumber lemak tambahan yang baik untuk MPASI bayi. Nutrisi dari santan bisa menjadi antioksidan yang bisa melawan infeksi dan bakteri penyebab penyakit pada bayi. 

 

5. Margarin

Terbuat dari minyak nabati, tidak heran jika margarin kerap digunakan sebagai lemak tambahan untuk MPASI bayi. Genbest bisa menggunakan margarin untuk mengolah makanan si kecil, seperti daging sapi, ayam, maupun telur.

 

6. Mentega

Kalau margarin terbuat dari minyak nabati, mentega terbuat dari minyak hewani. Ada dua jenis mentega yang bisa Genbest pilih: salted butter dan unsalted butter. Genbest bisa menggunakan dua jenis mentega tersebut. Namun, apabila memutuskan untuk menggunakan salted butter, disarankan memerhatikan kandungan garam lainnya pada MPASI bayi, ya.

 

Baca Juga: Jangan Terlewatkan, Ini Nutrisi Penting di 2 Tahun Pertama Anak

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top