21 Jun

Salah satu syarat wajib bagi calon pengantin saat ini adalah memiliki Sertifikat Layak Kawin atau sertifikat/surat yang menerangkan bahwa calon pengantin telah diperiksa kesehatannya dan mendapat konseling sesuai ketentuan yang berlaku.  

 

Apa manfaat sertifikat ini?  Selain untuk memperlancar urusan administrasi di Kantor Urusan Agama (KUA) atau Kantor Catatan Sipil nanti, Sertifikat Layak Kawin sebenarnya punya manfaat besar untuk membantu melihat kondisi kesehatan fisik dan kesiapan mental Genbest dan pasangan untuk berumah tangga.

 

Provinsi DKI Jakarta termasuk yang sudah menerapkan Sertifikat layak Kawin ini, sebagaimana tercantum pada Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 185 Tahun 2017 pasal 9 ayat 1: Setiap calon pengantin yang akan melangsungkan perkawinan, yang pencatatannya di Kantor Urusan Agama atau Kantor Catatan Sipil, dapat memeriksakan kesehatannya secara sukarela di fasilitas layanan kesehatan yang ditunjuk baik di Puskesmas, Laboratorium ataupun Rumah Sakit baik milik pemerintah maupun swasta. 

 

Baca Juga: Persyaratan Terbaru Sebelum Menikah bagi Calon Pengantin, Wajib Tahu!

 

Pada saat mengurus Sertifikat Layak Kawin, Genbest dan pasangan juga akan mendapat pembekalan yang berguna bagi calon ibu dan ayah seperti kalian. Contoh edukasi terkait masalah kesehatan, gizi,  kesehatan reproduksi, dan sebagainya. Berbagai edukasi  ini akan memberi kamu banyak pencerahan, seperti apa yang harus diperhatikan saat kehamilan sehingga si kecil terlahir sehat, jauh dari berbagai masalah kesehatan, termasuk stunting.     

 

Idealnya, Genbest dan pasangan mengurus sertifikat ini satu bulan sebelum hari H pernikahan sehingga tidak perlu terburu-buru. Untuk yang bekerja, Genbest mungkin perlu ambil cuti satu hari karena prosesnya lumayan membutuhkan waktu.

 

Prosedur Mendapatkan Sertifikat Layak Kawin

Berikut prosedur untuk mendapatkan Sertifikat Layak Kawin, seperti yang dikutip dari https://jdih.jakarta.go.id:

 

  • Calon Pengantin datang ke kantor kelurahan setempat dalam rangka memenuhi persyaratan pencatatan pernikahan. Kantor Kelurahan akan meminta calon pengantin untuk melengkapi pemeriksaan kesehatan yang dilakukan di Puskesmas atau Fasilitas Kesehatan yang terakreditasi. 

 

  • Calon pengantin mendaftar/datang ke Puskesmas atau Fasilitas Kesehatan lainnya, sambil menunjukkan Kartu Tanda Penduduk/identitas diri. 

 

  • Pelayanan kesehatan melakukan pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan penunjang medis lainnya, dan membuat resume hasil pemeriksaan kesehatan termasuk status pemberian imunisasi TT (Toksoid Tetanus).  

 

Baca Juga: 5 Penyakit yang Perlu Diwaspadai Calon Pengantin

 

  • Apabila dari hasil pemeriksaan dan proses konseling ditemukan indikasi medis yang memerlukan penatalaksanaan lebih lanjut maupun rujukan, calon pengantin akan mendapatkan surat rujukan ke Rumah Sakit Rujukan Puskesmas ke yang ditunjuk.  

 

  • Untuk selanjutnya calon pengantin akan mendapatkan bukti berupa sertifikat atau surat keterangan Pemeriksaan Kesehatan Calon Pengantin yang ditandatangani oleh dokter Puskesmas. 

 

  • Calon pengantin selanjutnya menunjukkan sertifikat atau surat keterangan Pemeriksaan Kesehatan Calon Pengantin telah dilakukan pemberian konseling dan Pemeriksaan kesehatan. Petugas kelurahan melengkapi dengan Formulir N1, N2 atau N4 untuk diserahkan ke KUA atau lembaga agama lainnya di serahkan ke kantor Catatan Sipil, untuk proses pernikahan dan pencatatan pernikahan. 

 

Yang dimaksud formulir N1 adalah surat keterangan nikah, sementara formulir N2 formulir berisi keterangan asal-usul, dan formulir N4 berisi surat keterangan mengenai orang tua calon mempelai.

 

Selamat mengurus Sertifikat Layak Kawin, semoga lancar, Genbest!

 

Sumber: https://jdih.jakarta.go.id/uploads/default/produkhukum/NO.185_.pdf

 

Baca Juga: 7 Tes Kesehatan yang Penting Dilakukan Sebelum Menikah

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top