7 Nov

Sedang Berencana Hamil? Minum 9 Vitamin Ini

by : Admin

Kekurangan beberapa nutrisi dapat menyebabkan masalah kesuburan. Ada beberapa mikronutrien (vitamin/mineral) yang bermanfaat untuk Genbest yang sedang berencana hamil.

 

Pola makan yang bervariasi dan bergizi seimbang adalah cara terbaik untuk mendapatkan vitamin dan mineral yang Genbest butuhkan. Tetapi selama kehamilan, beberapa kebutuhan nutrisi akan meningkat sehingga bvitamin prenatal dapat membantu memenuhi kebutuhan itu.

 

Vitamin prenatal adalah multivitamin untuk ibu hamil atau ibu yang sedang berusaha untuk hamil. Dibandingkan dengan multivitamin biasa, vitamin prenatal memiliki lebih banyak nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan. 

 

Baca Juga: Diskusikan Dengan Pasangan Sebelum Menikah: Mau Punya Anak Berapa?

 

Penasaran vitamin dan mineral apa saja yang Genbest butuhkan sebelum kehamilan ini? Berikut daftarnya: 

 

1. Asam folat

Asam folat sangat penting untuk kesuburan pria dan wanita. Penelitian menemukan bahwa kadar folat yang rendah dapat menyebabkan ovulasi yang tidak teratur pada wanita dan kesehatan sperma yang buruk pada pria.  Asupan folat yang rendah juga dikaitkan dengan peningkatan risiko cacat lahir tabung saraf, seperti spina bifida pada bayi

 

2. Zat besi

Zat besi adalah mineral yang dibutuhkan untuk pembentukan dan fungsi sel darah yang sehat sehingga kekurangan zat besi dapat mengganggu kesuburan, baik pada  pria dan wanitaSelain itu, karena wanita hamil rentan terhadap anemia, minum suplementasi zat besi juga bisa membatu mengatasinya. Anemia selama kehamilan kerap dikaitkan dengan tingkat kelahiran prematur yang lebih tinggi dan berat badan lahir bayi yang rendah sehingga meningkatkan risiko stunting pada bayi. 

 

Baca Juga: Kenapa Asam Folat Perlu Diminum Sebelum Menikah?

 

3. Kalsium

Kalsium umumnya dikenal sebagai mineral untuk fungsi tulang yang sehat, tapi sebenarnya kalsium juga berperan dalam keseimbangan hormon. Penelitian menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih banyak produk susu (yang tinggi kalsium dan diperkaya dengan vitamin D) berisiko lebih rendah mengalami endometriosis dan masalah ovulasi. 

 

4. Vitamin D

Banyak penelitian menunjukkan kaitan antara vitamin D dalam menyukseskan program hamil. Vitamin D dapat meningkatkan produksi sel telur yang sehat dan meningkatkan kemungkinan embrio tertanam dalam rahim.

 

5. Vitamin C

Tidak hanya membantu proses penyerapan zat besi, vitamin C berfungsi meningkatkan kesuburan wanita sekaligus meningkatkan kesehatan sperma pada pria. Menariknya lagi, vitamin C dapat menstabilkan kadar hormon, dan melawan infeksi yang dapat menghambat proses ovulasi.

 

Baca Juga: 5 Buah Tinggi Vitamin C yang Membantu Penyerapan Zat Besi

 

6. Vitamin E

Vitamin E termasuk vitamin kesuburan karena berfungsi membantu menebalkan dinding rahim yang tipis. Dengan begitu, proses pembuahan dapat berjalan lancar dan terciptalah kehamilan sehat di masa mendatang. 

 

7. Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3, seperti asam docosahexaenoic (DHA), adalah antioksidan yang penting untuk kesehatan jantung dan otak. Penelitian juga menunjukkan bahwa suplemen DHA bisa membantu menurunkan kerusakan DNA sperma

 

8. Seng

Seng sangat penting untuk kesehatan hormon pria, serta perkembangan dan pematangan sperma yang normal. Kekurangan seng dikaitkan dengan jumlah sperma yang rendah. 

 

9. Kolin

Satu lagi vitamin yang tidak kalah penting adalah  kolin (choline). Asupan kolin berfungsi untuk meningkatkan kesehatan otak bayi di awal kehidupan, sekaligus mencegah terjadinya penurunan kognitif pada janin. 

 

Nah, selamat mempersiapkan kehamilan. Umumnya vitamin prenatal dapat bebas dibeli di apotek. Namun untuk memastikan yang terbaik untuk Genbest, jangan ragu untuk berkonsultasi dulu dengan dokter, ya!

 

Sumber: www.verywellfamily.com

 

Baca Juga: Cek di Sini, Apakah Genbest Sudah Siap Menjadi Orang Tua?

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top