2 Jun

GenBest pernah merasakan saat nggak tidur atau hanya tidur malam sebentar? Wah, pagi-pagi,  mood kita bisa jadi jelek banget, kan? Grumpy, marah-marah nggak jelas, merasa nggak bertenaga, gampang capek, dan sebagainya.

 

Nah, begitu juga dengan si kecil. Manfaat tidur untuk balita malah lebih dari sekadar me-recharge energi. Laman Sleep Foundation menjelaskan tidur memainkan peran penting dalam perkembangan bayi dan anak-anak. Selain memiliki dampak langsung pada suasana hati, penelitian menunjukkan tidur punya efek pada rentang perhatian si kecil, kinerja kognitif, daya tahan tubuh, hingga pembelajaran dan memori.

 

Baca Juga: Tidur Nyenyak dan Rutin Olahraga Bantu Anak Tumbuh Lebih Tinggi

 

Jam Tidur Anak Sesuai Tahapan Usia

Nggak heran kalau kita selalu disarankan untuk lebih memerhatikan jadwal tidur anak sesuai tahapan usianya, nggak hanya tidur malam, namun tidur siang. Nah, penasaran kan berapa lama si kecil harus tidur? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini:

 

Bayi baru lahir

GenBest yang baru punya newborn, pasti sering bergadang di tengah malam, kan? Sabar ya Genbest, ini karena pola tidur bayi baru lahir belum teratur, sebentar-bentar tidur, lalu bangun karena lapar, lalu disusui tidur lagi, bangun lagi karena popok basah, setelah diganti tidur lagi, dan seterusnya. Kalau ditotal-total, bayi baru lahir membutuhkan waktu tidur sekitar 16,5 jam/hari: 8 jam untuk tidur siang, dan 8,5 jam tidur malam.

 

Bayi 1 bulan

Memasuki usia 1 bulan, jam tidur bayi menjadi 14-16 jam/hari. Jam tidurnya juga terbagi menjadi: 8-9 jam tidur malam, dan 6-7 jam untuk tidur siang.

 

Bayi 3 bulan

Tidak berbeda jauh, jam tidur bayi usia 3 bulan masih berkisar antara 14-16 jam/hari. Hanya saja, durasi jam tidur malam bayi 3 bulan menjadi 10-11 jam, dan tidur siangnya sekitar 4-5 jam. 

 

Bayi 6 bulan

Selanjutnya, durasi tidur bayi usia 6 bulan adalah 14 jam/hari, yang terbagi menjadi: 3 jam untuk tidur siang, dan 11 jam saat tidur malam.

 

Baca Juga: Idealnya, Ini Pertambahan Berat Badan Bayi Setiap Bulan

 

Bayi 9-12 bulan

Bertambahnya usia, jam tidur si kecil  akan berkurang. Memasuki usia 9-12 bulan, durasi tidur bayi menjadi 13,5 jam/hari, dengan pembagian: 2,5 jam tidur siang dan 11 jam saat tidur malam.

 

Anak 1-2 tahun

Memasuki usia 1 tahun, jam tidur anak mulai teratur. Dalam sehari si kecil membutuhkan total durasi tidur 11-14 jam. Meskipun banyak menghabiskan waktu jam tidur di malam hari, namun si kecil juga masih perlu tidur siang sekitar 1-3 jam/hari, ya!

 

Anak 3-5 tahun

Di usia balita, durasi tidur anak juga mulai mengalami sedikit perubahan. Sebab, di usia ini anak akan membutuhkan sekitar 10-13 jam tidur di malam hari. Kemudian sekitar 1-2 jam untuk tidur siang.

 

Nah, mulai sekarang pastikan si kecil bisa mendapat tidur yang cukup ya, GenBest supaya tumbuh kembangnya optimal!

 

Baca Juga: 5 Tips Sukses Menyusui Si Kecil Hingga Usia 2 Tahun

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top