Ini Cara Mengolah Ikan Tanpa Menghilangkan Nutrisinya

Sed ut perspiciatis unde
25 Mei

Ini Cara Mengolah Ikan Tanpa Menghilangkan Nutrisinya

GenBest tentu sepakat kalau ikan adalah makanan yang sangat sehat. Memakannya secara teratur dapat menurunkan sejumlah risiko kesehatan, termasuk stunting. Karena itu, kita sering disarankan makan ikan setidaknya sekali atau dua kali seminggu.

 

Mengapa ikan sehat? Ikan adalah makanan tinggi protein, namun rendah lemak yang menyediakan berbagai manfaat kesehatan. Ikan berdaging putih, khususnya, lebih rendah lemak daripada sumber protein hewani lainnya. Sementara beberapa ikan berlemak biasanya tinggi asam lemak omega-3, seperti DHA dan EPA, yang berguna untuk menjaga kesehatan dan mengoptimalkan kerja otak dan kecerdasan anak.

 

Sebelum mengolahnya, usahakan untuk membersihkan ikan dengan benar, ya. Kalau GenBest langsung memasaknya bisa menyebabkan rasa amis hingga pahit. Maka dari itu, penting untuk membersihkan sisik ikan, membuang insang, dan isi perutnya sebelum dimasak.

 

Yang perlu diketahui, cara memasak ikan dapat mengubah komposisi nutrisinya bila tidak tepat. Nah, berikut cara pengolahan ikan yang bisa GenBest lakukan agar tetap menjaga kandungan nutrisi di dalamnya:

 

Dikukus

Mengukus merupakan proses memasak ikan yang paling sehat. Selain tidak banyak nutrisi yang hilang, cara mengukus juga menjaga keutuhan kandungan omega 3 yang ada di dalamnya.  Ikan juga akan matang sempurna.  Agar daging ikan akan tetap lembut dan mudah dimakan oleh si kecil, GenBest bisa mengukus ikan menggunakan api kecil, selama kurang lebih 15-20 menit. 

 

Ditumis

Cara memasak ikan dengan menumis jauh lebih baik dibandingkan daripada menggoreng. Menumis hanya memerlukan sedikit minyak. Berbeda dengan menggoreng, yang membutuhkan banyak minyak dan dalam suhu tinggi sehingga akan mengubah lemak baik dalam ikan menjadi lemak jenuh yang tidak sehat. Agar lebih sehat, GenBest bisa menggunakan minyak zaitun saat menumis ikan.

 

Dipanggang

Cara memanggang adalah alternatif lebih sehat lainnya. Namun demi menjaga keutuhan nutrisi pada ikan, jangan asal memanggang. Sebelum memanggang ikan, GenBest harus membungkusnya dulu dengan aluminium foil, lalu gunakan api kecil saat memanggang agar ikan tidak gosong. Ikan gosong akan menimbulkan senyawa berbahaya, seperti heterosiklik amina (HCA) dan polycyclic aromatic hydrocarbon (PAHs). Oleh sebab itu, balik ikan tiap beberapa menit untuk mencegah pembentukan HCA, ya.

 

Poaching (direbus)

Cara mengolah ikan dengan lebih sehat yang terakhir dengan teknik poaching atau merebus. 

Masak air tapi jaga jangan sampai mendidih, suhu air sekitar 70-82 derajat Celsius. Lalu masukkan ikan sekitar 10 menit atau hingga warna tengahnya menjadi terang. Angkat, ikan pun siap dihidangkan untuk keluarga.

 

Oh iya, meskipun ikan tinggi protein dan omega 3 yang baik untuk kesehatan si kecil, bukan berarti si kecil sudah tidak perlu mengonsumsi makanan bergizi lainnya, lho. Kita tetap penuhi kebutuhan nutrisi anak dengan makanan bergizi seimbang. 

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top