16 Jun

Genbest yang sedang hamil, apakah mengalami anemia? Masih wajar, kok, kalau kamu mengalami anemia ringan saat berbadan dua ini. 

 

Melansir laman Hematologydari American Society of Hematology, pada saat hamil, jumlah darah dalam tubuh akan meningkat sekitar 20-30 persen. Inilah yang meningkatkan kebutuhan zat besi dan vitamin lainnya untuk membuat hemoglobin. 

 

Biasanya ibu hamil mengalami anemia karena tubuhnya tidak mendapatkan cukup zat besi. Jangan lupa, zat besi adalah mineral yang membantu pembentukan hemoglobin, (protein dalam sel darah merah), yang bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh. Tidak heran, saat mengalami anemia ringan, ibu hamil akan merasa lemas dan mudah lelah.

 

Namun pada kasus anemia yang parah, seperti dijelaskan dalam situs March of Dimes, kekurangan zat besi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah. 

 

Kelahiran prematur adalah kelahiran sebelum 37 minggu kehamilan. Sementara berat bayi lahir rendah (BBLR) merujuk pada bayi yang memiliki berat kurang dari 2,5 kg saat lahir.

 

Baca Juga: Mitos Seputar Ibu Hamil yang Justru Bikin Tidak Sehat

 

Cara Mencegah Anemia Saat Hamil

Kabar baiknya, anemia saat hamil bisa dicegah dan diatasi. Ingat saja, ketika sebelum hamil, kamu “hanya” membutuhkan sekitar 18 miligram (mg) zat besi, namun begitu hamil, melonjak menjadi 27 mg per hari.  

 

Jadi, tugas kamu adalah memenuhi kebutuhan zat besi yang meningkat dengan tips di bawah ini:

 

  • Makan makanan kaya zat besi 

Makanan kaya zat besi, seperti sayuran berdaun hijau tua, daging merah, sereal yang diperkaya zat besi, telur, kacang tanah, dan sebagainya, dapat membantu mempertahankan pasokan zat besi yang dibutuhkan tubuh selama kehamilan.

 

Baca Juga: 8 Buah Tinggi Zat Besi yang Cocok untuk Ibu Hamil

 

  • Minum suplemen yang diresepkan dokter

Dokter kandungan biasanya akan meresepkan TTD (Tablet Tambah Darah) untuk memastikan ibu hamil cukup zat besi. Pastikan untuk meminumnya setiap hari.

 

Baca Juga: Begini Cara Dapatkan Tablet Tambah Darah Selama Pandemi COVID-19

 

  • Rutin periksa kandungan

Selalu penuhi jadwal periksa kandungan, ya, GenBest. Manfaatkan momen ini untuk berkonsultasi pada dokter kalau GenBest punya keluhan, seperti sering merasa lemas atau mudah capek. Tanyakan kepada dokter tentang risiko anemia. Dokter biasanya akan memberikan saran terbaik untuk mengatasi ini. 

 

Happy pregnancy, ya, Genbest dan semoga sehat selalu!

 

Baca JugaKonsultasi Kehamilan di Masa Pandemi? Jangan Lupa 6 Pertanyaan Penting Ini

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top