22 Jul

Genbest, menginjak usia si kecil 9 bulan, keterampilan makan anak semakin baik, lho. Dia sudah lebih pintar menggunakan ibu jari dan telunjuknya untuk mengambil potongan-potongan kecil makanan sehingga bisa menikmati finger food lebih sering. Si kecil juga bisa dilatih makan dan minum sendiri.

 

Nah, berikut ini beberapa gambaran MPASI untuk bayi usia 9 bulan yang bisa Genbest terapkan:

 

1. Tekstur

Keterampilan mengunyah si kecil yang semakin baik, memungkinkan dia untuk menikmati MPASI dengan tekstur yang lebih beragam,  dari yang dicincang halus hingga yang disaring kasar. 

 

Sajikan juga finger food untuk melatih keterampilan motoriknya sekaligus untuk memenuhi rasa keingintahuannya dengan lebih aman. Ingat, bayi usia 9 bulan akan sering memasukkan berbagai benda ke dalam mulutnya saat bereksplorasi.

 

Baca Juga: Mengenal Finger Food Pada Si Kecil, Apa Saja Menunya?

 

2. Rasa

Meski disarankan untuk memerhatikan rasa makanan, bukan berarti Genbest bisa memberi MPASI dengan banyak gula dan garam. Penggunaan gula dan garam memang tidak dilarang oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), namun takarannya tetap perlu diperhatikan. Jika MPASI terasa agak hambar bisa menambahkan gula dan garam namun sejumput saja.

 

3. Porsi

Pada usia 8-9 bulan, porsi makan si kecil terus bertambah. Biasanya bayi membutuhkan 700-900 kalori setiap hari, 400 di antaranya diperoleh melalui ASI. Nah, sisanya berasal dari MPASI si kecil. 

 

Untuk porsi yang disarankan sebanyak 125-175 ml, atau 3/4 mangkuk makan mereka. Dengan takaran 7 sendok makan per hari, atau sekitar 3 sendok makan per porsi.

 

Baca Juga: Bayi Menolak MPASI Kenapa, Ya?

 

4. Bahan makanan

MPASI yang diberikan pada si kecil harus mengandung gizi seimbang, yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat.

 

Beberapa bahan makanan yang recommended untuk diberikan pada bayi usia 9 bulan ini adalah bayam, brokoli, wortel, alpukat, keju, telur, dan aneka protein hewani lainnya. 

 

Kombinasikan bahan tersebut agar kecukupan nutrisi si kecil terpenuhi dan rasanya semakin bervariasi. 

 

Baca Juga: 5 Nutrisi Wajib dalam MPASI Anak

 

5. Frekuensi MPASI

Frekuensi MPASI bayi usia 9 bulan dalam sekali makan juga cenderung meningkat. Biasanya bayi usia 9 bulan makan 3-4 kali dalam sehari.

 

Namun frekuensi makan ini harus diimbangi dengan pemberian camilan 1-2 kali per hari, atau tergantung nafsu makan anak. 

 

Contoh jadwal MPASI 9 bulan: sarapan, camilan, makan siang, camilan sore, dan makan malam. Jangan lupa untuk mengimbangi dengan ASI 2-3 kali di sela-sela pemberian MPASI, ya.

 

Nah, selamat mencoba dan semoga si kecil dapat tumbuh dengan optimal dan terbebas dari ancaman stunting!

 

Baca Juga: Cara Mudah Menyiapkan MPASI untuk Ibu Super Sibuk

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top