5 Nov

Nutrisi yang cukup selama masa 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) sangat penting untuk memastikan pertumbuhan, kesehatan, dan perkembangan si kecil berjalan secara optimal. Sebaliknya, gizi buruk yang terjadi pada golden age anak ini bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit dan gangguan tumbuh kembang, seperti stunting. 

 

Salah satu cara mengoptimalkan asupan nutrisi si kecil pada masa 1.000 HPK adalah dengan pemberian MPASI (makanan pendamping ASI). Pada sekitar usia 6 bulan, kebutuhan energi dan nutrisi bayi mulai melebihi apa yang disediakan oleh ASI, dan MPASI diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. 

 

Baca Juga: 5 Nutrisi Wajib dalam MPASI Anak

 

Yang perlu diketahui pemberian MPASI bukan sekadar proses memberi makan saja, namun membentuk pola makan yang baik sehingga anak kelak tidak mengalami permasalahan makan, seperti GTM (gerakan tutup mulut) atau kesulitan makan lainnya. 

 

Terkait inilah Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengajak orang tua untuk menerapkan feeding rule secara konsisten. Feeding rule atau aturan pemberian makan sangat bermanfaat untuk menghindari masalah makan anak di kemudian hari ini.  

 

Baca Juga: Tips Mengatasi GTM pada Bayi 9 Bulan

 

Apa saja  feeding rule untuk si kecil? Ini dia di antaranya:

 

1. Buat jadwal makan yang teratur

Jadwal makan yang teratur membuat anak belajar mengenai rasa lapar dan kenyang dengan lebih baik. Jadwal makan ini meliputi  3 kali makan utama dan 2-3 kali makan camilan.

 

2. Tetapkan durasi makan 

Tetapkan aturan waktu makan hanya maksimal 30 menit. Saat anak tidak menyelesaikan makannya dalam waktu itu, singkirkan makanannya. Tidak perlu khawatir dia akan kelaparan, tawarkan  si kecil makan sesuai jadwal. Dengan merasa lapar, anak justru akan makan lebih lahap. 

 

3. Berikan hanya air putih saat waktu makan

Jangan menawarkan camilan saat anak sedang makan, kecuali minum air putih. Camilan akan membuat kenyang dan membuat anak menolak makanan utamanya. 

 

Baca Juga: MPASI Awal Bayi Harus Tunggal Atau Lengkap?

 

4. Hindari distraksi

Ketika makan ajarkan si kecil untuk konsentrasi penuh pada makanannya. Hilangkan segala bentuk distraksi, seperti televisi, gadget, maupun mainan, agar anak bisa fokus terhadap sesi makan. 

 

Baca Juga: 10 Singkatan Seputar MPASI yang Perlu Diketahui Para Ibu

 

5. Ciptakan lingkungan makan yang menyenangkan

Selalu jadikan momen makan sebagai pengalaman yang menyenangkan bagi si kecil. Hindari memaksa bayi. Cara pemaksaan hanya akan membuat bayi stres dan bisa memicu masalah GTM saat anak lebih besar kelak.

 

6. Biarkan anak mencoba makan sendiri

Saat anak menginjak 8 bulan, umumnya sudah bisa belajar makan sendiriGenbest bisa memberinya finger food  agar ia bisa terlatih belajar makan sendiri. 

 

Selamat mencoba! Dengan menerapkan feeding rule di atas diharapkan anak dapat makan dengan lahap tanpa drama GTM sehingga nutrisi si kecil maksimal dan anak terhindar dari stunting, ya Genbest.

 

Tonton Juga Video: Tanya Ahli Genbest - Leona Victoria, MND: Bagaimana Memenuhi Nutrisi Anak yang GTM?

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top