Tips Gunakan Toilet Umum yang Higienis, Jangan Pilih Bilik Tengah!

Sed ut perspiciatis unde
18 Juni

Tips Gunakan Toilet Umum yang Higienis, Jangan Pilih Bilik Tengah!

Keinginan buang air memang tidak bisa diprediksi datangnya, ya. Kadang saat kita sedang jalan-jalan di mal tiba-tiba harus ke toilet. Padahal, toilet umum dikenal kotor, lalu bagaimana, dong? Masa harus kita tahan?

 

Memang sih, toilet yang kotor bisa menimbulkan masalah kesehatan. Terlebih lagi kalau GenBest membawa si kecil atau sedang dalam masa kehamilan. Pastinya cukup was-was, karena pada masa 1.000 hari pertama kehidupan adalah waktu yang krusial untuk tumbuh kembang anak, termasuk untuk mencegah stunting. (Baca juga: Sanitasi Buruk Picu Stunting)

 

Tapi, kalau kita memilih untuk tidak buang air dan menahannya, justru mengundang berbagai macam penyakit lainnya. Makanya, saat menggunakan toilet umum jangan lupa membawa beberapa kebutuhan penting. Misalnya tisu basah, hand sanitizer, dan tisu kering di dalam tasmu. 

 

Jika sudah mempersiapkannya, GenBest bisa langsung menerapkan tips menggunakan toilet umum berikut ini:

 

Pilih toilet umum yang layak

Walaupun dalam keadaan ‘kepepet’ usahakan tetap memilih toilet paling bersih dan layak di antara beberapa pilihan lainnya. Bahkan, akan lebih baik lagi jika GenBest memilih toilet yang ada petugas kebersihan di area toilet tersebut.

 

Mengapa? Biasanya, toilet itu cenderung lebih bersih karena petugas tersebut dengan rutin membersihkan toilet setelah ada yang menggunakan. Ini setidaknya dapat meminimalkan penyebaran kuman dan bakteri di toilet tersebut. 

 

Jangan sentuh benda apa pun di toilet

Ini yang penting tapi sering secara tidak sadar kita lakukan. Jangan sentuh benda-benda di toilet dengan tangan kosong, ya. Kalau bersama si kecil, jaga tangannya agar tidak menyentuh apapun di dalam toilet. Meskipun sering dibersihkan, bukan berarti toilet bebas kuman. 

 

GenBest juga sebaiknya menggunakan tisu saat membuka atau mendorong pintu di toilet umum. Kenapa? Karena hampir sebagian besar orang menyentuh gagang pintu itu. Padahal setelah habis menggunakan toilet, di tangan mereka akan banyak bakteri dan virus yang menempel, apalagi kalau tidak cuci tangan.

 

Hindari bilik tengah

Mungkin ini terdengar lucu, namun agar tetap aman menggunakan toilet umum bersama si kecil lebih baik hindari bilik tengah. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan Journal Psychological Science, toilet tengah paling sering digunakan orang. Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa perempuan paling sering memilih toilet paling jauh dari pintu utama. Jadi, toilet terbaik adalah bilik pertama dari pintu masuk, karena memiliki tingkat bakteri paling rendah.

 

Bersihkan toilet sebelum digunakan

Sebelum duduk di atas kloset, langkah pertama yang bisa GenBest lakukan adalah mem-flush toilet dalam keadaan tertutup agar kotoran yang tersisa bisa hanyut. Lalu bersihkan dudukan kloset dengan tisu dan cairan antiseptik. Kalau tidak ada, tisu basah bisa juga, kok. 

 

Tapi jangan lupa untuk mengelapnya kembali dengan tisu kering, ya. Agar lebih aman, lapisi dudukan kloset dengan tisu agar bisa melindungi kita dari bakteri dan kuman yang menempel di situ. 

 

Baca juga: Tips Mudah Bersihkan Jamban Agar Sehat dan Higienis

 

Gunakan air mengalir

Jika sudah, jangan lupa membersihkan bagian intim dengan air mengalir dan mengeringkannya dengan tisu. Kalau tidak ada air mengalir, gunakan tisu basah tanpa pewangi untuk membasuh, lalu keringkan dengan tisu.

 

Sebelum keluar, jangan pernah lupa mem-flush toilet. GenBest harus ingat untuk menutup kloset dahulu sebelum mem-flush agar kumannya tidak menyebar ke udara. O, iya, kalau bisa tekan flush menggunakan tisu agar lebih aman.

 

Jangan lupa cuci tangan pakai sabun

Langkah terakhir yang tidak boleh dilewatkan; cuci tangan pakai sabun. Ingat, toilet adalah gudangnya kuman dan bakteri. Setelah menggunakan toilet, ajak si kecil untuk mencuci tangannya di wastafel. Setidaknya, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir selama 30-40 detik. 

 

Kalau tidak ada sabun? GenBest bisa menggunakan hand sanitizer agar tanganmu dan si kecil bersih sepenuhnya. (Baca juga: Cuci Tangan Pakai Sabun VS Hand Sanitizer, Mana yang Lebih Efektif Bunuh Kuman?)

 

Itu adalah beberapa tips menggunakan toilet umum yang bisa GenBest terapkan. Tetap jaga kebersihan, ya!

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top