Pijat bayi sering dipercaya merupakan salah satu cara menambah berat badan si kecil. Benarkah hal ini? Apa hanya mitos saja? Ini dia faktanya..

Anak dengan keterampilan oromotor yang lemah akan sering melepeh makanan, mengalami kesulitan mengunyah, lebih suka mengemut, dan biasanya hanya senang makanan yang lembut-lembut. Karena itulah keterampilan oromotor si kecil perlu distimulasi sejak dini..

Stimulasi memang penting bagi tumbuh kembang anak, tapi bagaimana kalau jadinya overstimulasi? Apakah hal ini bisa berdampak buruk pada anak?.

Selain perrtumbuhan si kecil, GenBest juga perlu selalu memantau perkembangannya. Ini yang terkadang dilupakan..

Bayi baru masuk tahap MPASI tapi sudah pilih-pilih makanan. Hmm, ada berbagai faktor yang menyebabkan hal ini. Berikut penjelasannya..

Berat badan si kecil yang tidak bertambah memang bisa bikin deg-degan. Bukankah berat badan menjadi salah satu indikator pertumbuhan anak? Kalau si kecil juga mengalaminya, berikut tips menambah berat badan pada 12 bulan pertama..

Perkembangan pada bayi prematur umumnya lebih lama dibandingkan anak yang cukup bulan. Guna mengoptimalkan dan menurunkan risiko stunting, GenBest perlu memberi stimulasi khusus..

Mengetahui jumlah kosakata si kecil yang sesuai usianya sangat penting untuk mendeteksi risiko speech delay. .

Bayi menggigit puting saat menyusu adalah hal yang wajar. Apalagi kalau ia mulai tumbuh gigi. Jangan sampai hal ini membuat kita kapok memberikan ASI. Ada cara mengatasi masalah ini, kok..

Sama-sama membuat tinggi anak tidak maksimal, tapi keduanya memiliki kondisi berbeda, lho..

Memantau tumbuh kembang anak sekarang sudah sangat mudah dengan menggunakan aplikasi “Anak Sehat” dari GenBest. Ada banyak fitur menarik di dalamnya, lho!.

Jika saat ditimbang berat badan anak tidak kunjung naik, apakah menandakan ia gagal tumbuh?.

Masih cemas kalau harus periksa kandungan di saat Adaptasi Kebiasaan Baru ini, tapi penasaran dengan berat badan janin? Yuk, coba ukur berat janin secara manual dengan rumus mudah berikut ini..

Mengonsumsi makanan sehat perlu diterapkan sedini mungkin agar tumbuh kembang anak optimal dan bisa menjauhkannya dari risiko stunting. Kedengarannya memang mudah, tapi prakteknya penuh tantangan. Coba ikuti tips di artikel ini. .

Stunting tidak hanya berpengaruh pada tinggi badan. IQ seorang anak juga dipengaruhi oleh gangguan pertumbuhan yang satu ini. Lantas, apa yang membuat anak stunting memiliki IQ rendah?.

Pemantauan tumbuh kembang untuk bayi 0-12 bulan dianjurkan tiap bulan, anak usia 12 sampai 24 bulan dianjurkan tiap 3 bulan, dan anak usia 24 bulan sampai 72 bulan dianjurkan tiap 6 bulan. Lalu apa manfaatnya?.

Stunting tidak hanya terjadi karena faktor eksternal, tetapi juga faktor genetik. Memang, tinggi badan ibu bukanlah penyebab utama stunting, tetapi ternyata juga berpengaruh, lho..

Salah satu tantangan orang tua saat si kecil masuk masa MPASI adalah gerakan tutup mulut (GTM). Anak rewel saat diajak makan bahkan tidak mau memasukkan makanan ke mulut. .

Meningkatkan kemampuan kognitif anak ternyata bisa kita lakukan dengan kegiatan yang menyenangkan seperti beberapa kegiatan seru berikut ini GenBest..

Kalau berat badan si kecil yang menyusu ASI tidak naik secara konsisten, mungkin ada masalah menyusui yang GenBest tidak sadari. Yuk, cari di sini apa masalahnya dan segera diatasi. .

Hari Pertama Kehidupan (HPK) adalah periode yang tidak boleh dilewatkan. Kenapa 1.000 hari pertama kehidupan penting bagi tumbuh kembang anak?.

Pada periode emas masa pertumbuhan anak, berat badan yang begitu rendah bisa memiliki dampak negatif, tidak hanya pada kesehatan fisik anak, namun juga perkembangan otaknya..

Menjaga kesehatan buah hati harus dimulai sejak si kecil dalam kandungan. Salah satunya, mencegah buah hati lahir dengan berat badan rendah. Kondisi ini bisa mendatangkan banyak masalah kesehatan, salah satunya stunting. .

Kita sering mendengar kalau anak yang sering berolahraga akan lebih tinggi dibandingkan teman seusianya. Benarkah? Apa cuma mitos?.

Anak yang suka pilih-pilih makanan memang bikin khawatir. Coba bagaimana kalau sampai mengganggu tumbuh kembangnya, apalagi mengalami stunting? Duh, jangan sampai ya GenBest. .

Jika berat badan bayi lahir di bawah standar normal bisa dikatakan ia mengalami kondisi berat badan lahir rendah (BBLR). Apa yang menyebabkan berat badan bayi rendah saat lahir? .

Gizi buruk terjadi ketika anak tidak menerima nutrisi penting dalam kadar yang cukup, sehingga pertumbuhan dan perkembangannya terganggu. Yuk, cari tahu apa saja masalah kurang gizi yang mungkin dialami anak..

Bayi prematur memiliki kecenderungan lahir dengan berat badan lahir rendah. Namun, ada beberapa cara untuk menaikkan berat badannya sehingga bisa menurunkan berbagai risiko masalah kesehatan, seperti stunting. .

Untuk memantau tumbuh kembang si kecil, GenBest perlu menimbang si kecil dan mengisi KMS setiap bulan. Bagaimana cara mengisi dan membaca KMS dengan benar?.

Apa pentingnya KMS sehingga kita diwajibkan membawanya saat posyandu? Yuk, berkenalan dengan alat ukur tumbuh kembang anak ini..

Jika berat badan bayi tidak bertambah kenali penyebabnya berikut ini..

Wajar, kok, kalau berat badan si kecil tidak sama dengan temannya yang seusia, asal masih masuk kurva pertumbuhan yang sehat. Nah, kalau terus-menerus turun, GenBest harus waspada! .

Selama ini banyak yang beranggapan stunting dan cebol adalah kondisi yang sama. Padahal keduanya berbeda dari berbagai aspek. .

Yuk, manfaatkan masa-masa di rumah saja untuk menstimulasi tumbuh kembangnya, lewat permainan edukatif yang menyenangkan.

Hubungan antara stunting, anemia, dan remaja memang tidak bisa dipisahkan. Karena itulah upaya cegah stunting harus dimulai dari usia remaja. .

Saat usia 1 tahun anak telah berkembang dengan menakjubkan. Kita wajib memahami perkembangan fisik dan psikis anak umur 1 tahun untuk memastikan kondisi buah hati..

Apa, sih, hormon pertumbuhan dan bagaimana cara memaksimalkan tinggi anak dengan hormon pertumbuhan?.

Setiap anak unik dan memiliki waktu masing-masing untuk tumbuh. Namun, ada gambaran umum untuk melihat perkembangan anak umur 2 tahun..

Agar perkembangan anak di periode emasnya berjalan baik dan optimal, ada beberapa area penting yang harus diperhatikan, GenBest..

Stunting merupakan salah satu gangguan tumbuh kembang yang menyebabkan anak memiliki perawakan pendek. .

Sebagai ibu tentu banyak pertanyaan yang muncul di benak kita mengenai tanda anak tumbuh normal. Inilah 5 tanda anak tumbuh normal dan sehat. .

Memantau ukuran lingkar kepala bayi penting dilakukan hingga usia si kecil 2 tahun. Tapi benarkah semakin besar ukuran kepalanya, anak juga semakin cerdas?.

Menurut riset, tidur nyenyak dan olahraga dapat merangsang pelepasan hormon pertumbuhan anak..

Memahami kemampuan bayi di setiap jenjang usianya dapat membantu orang tua mendeteksi bila ada gejala keterlambatan tumbuh kembang..

Pada periode emas pertumbuhan di 1.000 hari pertama kehidupan, harus diimbangi dengan kemampuan motorik dasar bayi..

Pada tahun 2019, menurut Badan Pusat Statistik, 1 dari 4 balita di Indonesia masih mengalami stunting. Lantas, kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk mencegah anak stunting? .

Stunting merupakan suatu kondisi yang bisa dicegah sejak dari masa kehamilan ataupun ketika bayi lahir hingga 1000 hari pertamanya, karena itu adalah saat yang paling bagus untuk tumbuh kembangnya..

Melalui Kartu Menuju Sehat (KMS), orang tua bisa mengecek dan memantau status gizi anak agar sesuai tumbuh kembangnya..

Selain menjaga kekebalan tubuh ternyata manfaat IMD dan ASI Ekslusif pada bayinya juga bisa membantu cegah stunting. .

Malnutrisi dan stunting kerap kali disalahartikan sebagai dua hal yang sama. Namun sebenarnya, kedua hal itu adalah kondisi yang berbeda. .

Pemeriksaan ini penting banget buat mantau tumbuh kembang juga masalah yang mungkin dialami si kecil..

Saat hamil, stres yang dialami tidak hanya merugikan GenBest, tapi juga janin yang sedang dikandung..

"Cinta, perhatian, waktu dan sentuhan dengan bayi kita merupakan bagian paling penting untuk perkembangan aktivitas anak”.

Agar si kecil bertambah pintar, coba lakukan stimulasi-stimulasi ini di rumah, ya!.

Yuk, cek apakah si kecil sudah bisa melakukan ini di satu tahun pertama kehidupannya!.

Jangan sampai terlewat memberikan si kecil stimulasi, agar perkembangan otaknya maksimal..

Jangan cemas dulu, karena kebiasaan itu merupakan bagian dari perkembangan anak. Yuk, cari tahu lebih lanjut!.

Kabar bahagianya, nggak ada anak bodoh. Artinya, sejatinya semua anak terlahir pintar, asal orangtua mendukung dan memberikan stimulasi tepat..

Meski digunakan dokter untuk memantu pertumbuhan anak, tapi sebagai orang tua, GenBest juga perlu tahu cara membaca Kartu Menuju Sehat (KMS)..

Beberapa hal ini perlu diperhatikan untuk memastikan, apakah si kecil yang kurus memang kekurangan gizi atau sehat..

Lewat permainan, si kecil juga bisa mengembangkan kecerdasannya, lho! Ini 5 bentuk permainannya..

Tenang, kamu tidak sendirian menghadapi masalah makan anak ini. Untuk itu, ketahui dulu penyebanya anak sulit makan, lantas cari solusi untuk mengatasinya..

Ini penting diketahui, karena kemampuan duduk berkaitan erat dengan kemampuan makan makanan padat, untuk mendampingi ASI yang selama 6 bulan pertama, jadi sumber pemenuhan gizi bayi..

Lihat rumusnya di infografis ini, lalu lakukan pengukuran secara rutin..

Kebiasaan sehat ini bisa diterapkan sejak usia dini, kok. Begini langkah-langkahnya. .

Faktor keturunan memang tidak bisa diperbaiki, tapi bukan berarti kita tak bisa lebih tinggi dari orang tua, lho .

Apakah Anda masih menyimpan buku Kesehatan Ibu dan Anak dan mencatat pantauan kesehatan?.

Tahukah Anda, nutrisi selama kehamilan dan dalam tahun pertama kehidupan seorang anak menjadi modal penting untuk perkembangan mereka?.

Ayah memiliki tanggung jawab yang setara dengan ibu dalam mengasuh anak dan melakukan pekerjaan rumah tangga.

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top