21 Oct

Ada banyak cara untuk menyukseskan program ASI eksklusif sekalipun ibu harus bekerja. ASI perah (ASIP) merupakan alternatif terbaik itu.  Namun ada masalah yang cukup mengganggu saat memompa ASI, ya… apalagi kalau bukan ASI  keluarnya hanya sedikit. Hal ini yang bisa membuat khawatir busui. Lalu bagaimana, dong, cara memompa ASI agar hasilnya maksimal? Di bawah ini adalah tipsnya:

 

1. Pompa lebih sering

Semakin sering ASI dikeluarkan, suplai ASI pun semakin banyak. Jadi, begitu payudara terasa penuh, lebih baik segera memompanya. Soalnya, saat payudara penuh, akan ada sinyal pada tubuh untuk tidak lagi memproduksi ASI. Sebaliknya, begitu payudara kosong, tubuh akan terpacu untuk terus menambah suplai ASI.

 

Untuk itu,  ketika GenBest jauh dari si kecil, pompalah ASI sesering mungkin, seperti jadwal menyusui saat di rumah. Cara ini bisa merangsang  tubuh memproduksi ASI.

 

2. Pijat payudara

Memijat payudara dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Lakukan pijat sebelum dan selama proses memompa ASI. Sebelum pijat, kompres payudara dengan handuk yang sudah direndam air hangat selama dua menit. Ini dipercaya dapat menstimulasi produksi ASI lebih banyak.  Lakukan pemijatan secara perlahan dengan menekan-nekan secara lembut area sekitar puting.

 

Baca Juga: Dapat Meningkatkan Kualitas ASI ini Manfaat Pijat Payudara

 

3. Cobalah untuk rileks saat memompa.

Saat di tempat kerja, kondisikan diri setenang mungkin. Lupakan sejenak urusan pekerjaan. Jangan membalas e-mail atau menerima telepon saat sedang sibuk memompa. Gunakan waktu memompa untuk istirahat. Cobalah untuk tidak berfokus pada jumlah ASI yang  GenBest produksi, karena ini justru dapat menyebabkan stres.

 

Baca Juga: Emosi Ibu Pengaruhi Aliran ASI, Benarkah?

 

4. Pertahankan pola makan sehat

Ingatlah untuk mengonsumsi cukup kalori dan tetap terhidrasi dengan minum air putih. Selain itu, selama menyusui sebaiknya cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan memperbanyak minum air putih, jus buah, dan susu.  Gizi dan hidrasi yang baik dapat membantu GenBest menjaga suplai susu yang sehat. GenBest juga bisa mencoba bahan-bahan alami yang berperan sebagai ASI booster di antaranya; daun bayam, buah bit, pepaya muda, oatmeal, dan daun katuk.

 

Usahakan juga untuk minum setidaknya satu gelas air atau lebih sebelum GenBest memompa dan kemudian segelas lagi (atau lebih) setelahnya.

 

Baca Juga: Selain Katuk, ASI Booster Alami Ini Bikin Produksi ASI Banyak

 

5. Hindari stres

Stres adalah musuh utama bagi ibu menyusui. Penyebab stres bermacam-macam, namun yang paling sering dialami wanita menyusui adalah membandingkan dirinya dengan orang lain. Dalam menyusui, kepercayaan diri adalah kuncinya. Tak perlu rendah diri, jika ada teman yang tampaknya mendapatkan lebih banyak ASI saat memompa. Percayalah, semakin sering Genbest menyusui/memompa, produk ASI pun akan bertambah.

 

6. Pilih pompa ASI berkualitas

Kualitas alat pompa ASI sedikit banyak berperan dalam jumlah ASI yang dihasilkan. Agar produksi ASI maksimal, sesuaikan alat pompa ASI dengan ukuran payudara. Saat memilih pompa ASI, perhatikan kecepatan alat itu ketika proses pemompaan. Selain itu, tentu pastikan apakah pompa ASI tersebut mudah dibersihkan dan komponen-komponennya mudah diperbaiki atau diganti saat rusak. 

 

Baca Juga: Sebelum Memerah ASI di Kantor, Perhatikan Beberapa Hal Ini

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top