25 Nov

Menyusui adalah salah satu hal paling berharga yang dapat GenBest lakukan agar si kecil sehat dengan tumbuh kembang sempurna, jauh dari ancaman stunting. Perlu diketahui, keinginan untuk menyusui bayi secara eksklusif tidak sekadar membutuhkan niat kuat, namun juga persiapan agar proses menyusui dapat berjalan lancar tanpa hambatan.

 

Nah, berikut ini 7 tips persiapan menyusui yang bisa GenBest lakukan sejak masa kehamilan.

 

1. Cari informasi seputar laktasi

Meski menyusui merupakan proses yang alami, bukan berarti tanpa kendala. Para ibu biasanya akan menghadapi “masalah-masalah” saat baru menyusui, seperti payudara sakit dan bengkak, ASI hanya keluar sedikit, bayi tidak mau menyusu, dan sebagainya. Dengan mendapatkan informasi dari sumber terpercaya,  GenBest bisa mendapat gambaran  tentang apa yang normal saat proses menyusui dan kapan GenBest mungkin perlu memeriksakan masalah itu pada ahli.

 

2. Pelajari tentang proses menyusui

Dengan menonton video menyusui akan banyak yang bisa dipelajari, seperti bagaimana perlekatan yang bagus, posisi menyusui yang nyaman, termasuk bagaimana mengenali dan mengatasi pembengkakan yang sering terjadi.

 

Baca Juga: Catat, Ini Obat-Obatan yang Aman dan Tidak Aman Bagi Ibu Menyusui

 

3. Konsultasikan pada ahli jika ada kekhawatiran

Contoh, GenBest kurang percaya diri dengan ukuran payudara, bentuk puting yang mendelep ke dalam, atau menderita penyakit bawaan, seperti diabetes atau masalah tiroid. Dengan mendiskusikan masalah apa pun dengan seorang ahli sebelum melahirkan, GenBest dapat menyusun rencana terbaik untuk tetap bisa menyusui.

 

Baca Juga: Cara Sukses Memompa ASI agar Hasilnya Maksimal

 

4. Merawat payudara

Jaga kebersihan puting sejak awal masa kehamilan, hingga selama periode menyusui. Jangan menggosok puting terlalu keras karena bisa menyebabkan luka. Bersihkan puting perlahan dengan handuk lembut.

 

GenBest juga perlu persiapan membeli bra baru.  Selama kehamilan dan menyusui payudara akan membesar hingga tiga kali ukuran normal karena pengaruh hormon estrogen dan progesteron. Bukan hanya memengaruhi kenyamanan, memilih bra yang tepat juga dapat mencegah risiko payudara lecet.

 

Baca Juga: 5 Tips Sukses Menyusui Hingga Usia 2 Tahun

 

5. Perhatikan asupan nutrisi

Mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan bervariasi  penting bagi ibu hamil agar dapat memiliki bekal nutrisi yang baik saat menyusui nanti. Jadikan “Isi Piringku” tetap sebagai pedoman.  Ibu hamil juga mungkin perlu mengonsumsi vitamin prenatal dan suplemen mineral untuk memastikan asupan vitamin tertentu, seperti asam folat, zat besi, dan kalsium, tetap memadai. GenBest juga bisa mulai mengonsumsi berbagai makanan yang menjadi ASI booster. Selain daun katuk, ASI booster alami Ini juga bikin produksi ASI banyak.

 

6. Pijatan payudara

Pijat payudara banyak disarankan dilakukan begitu ibu memasuki trimester kedua kehamilan. Caranya sederhana, yakni dengan menekan lembut payudara dengan jari-jari sambil menggosokkan minyak zaitun. Lakukan pijatan di atas puting dengan gerakan memutar, lalu dengan lembut tarik puting ke arah luar dengan ibu jari dan telunjuk. Lakukan pijatan ini dua kali sehari, selama lima menit selama kehamilan, guna memperlancar ASI.

 

7. Support dari suami

Seorang ibu yang merasa didukung oleh pasangannya selama dan setelah kehamilan akan merasa lebih bahagia dan stresnya berkurang. Dalam penelitian terbukti, ibu menyusui yang mendapat dukungan pasangannya mampu untuk menyusui lebih lama.

 

Baca Juga: Cara Cerdik Menyusui Lebih Hemat

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top