19 Nov

Genbest yang sedang menunggu persalinan, tentu juga sedang bersiap-siap untuk menyusui begitu si kecil lahir nanti. Agar proses menyusui lancar, Genbest memang disarankan menyusui bayi pada 24 jam pertama setelah kelahirannya. Menurut ahli, dengan bayi menempel dan mengisap payudara, bayi akan mengaktifkan sel-sel di payudara untuk memulai memproduksi ASI. 

 

Menyusui pada 24 jam pertama setelah kelahiran bayi juga bisa membantu proses pemulihan Genbest. Hormon oksitosin yang keluar saat menyusui akan membuat rahim berkontraksi sehingga membantu mengeluarkan plasenta secara alami dan mengurangi kamu kehilangan banyak darah. 

 

Nah, semakin bersemangat untuk menyusui, kan? Agar tidak bingung, ikut tips menyusui pada 24 jam pertama usia melahirkan berikut, yuk!

 

1. Lakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD)

IMD atau Inisiasi Menyusu Dini adalah proses di mana bayi baru lahir dibiarkan mencoba sendiri menemukan payudara ibu dan akhirnya menyusu untuk pertama kalinya. IMD dipercaya dapat membantu mencegah gangguan produksi ASI sehingga bayi dapat menyusu dengan lancar.  Untuk mendapat gambaran tentang IMD, Genbest bisa membaca di sini.

 

2. Cari posisi pelekatan yang tepat

Beberapa ibu mengeluhkan nyeri di area puting ketika pertama kali menyusui. Sebenarnya bukan proses menyusuinya yang sakit, tapi posisi pelekatan yang salah yang bikin puting terasa nyeri. Untuk itulah Genbest perlu mencari posisi menyusui yang tepat. Untuk caranya, ikuti tips pelekatan menyusui yang benar ini

 

3. Jangan beri empeng

Saat si kecil menangis beberapa jam setelah ia lahir, segera letakkan bayi di payudara untuk disusui. Jangan memberikan empeng pada bayi yang baru lahir karena  berisiko membuat si kecil bingung puting atau justru tidak mau menyusu pada puting.

 

Baca Juga: Ingin Proses Menyusui Lancar? Hindari 7 Kebiasaan Ini Saat Menyusui

 

4. Hindari bayi tertidur saat menyusu

Bayi sering kali mengantuk ketika menyusu karena merasa nyaman dalam pelukan ibu. Tugas Genbest adalah membuat si kecil selalu terbangun agar ia dapat menyusunya dengan maksimal. Caranya? Genbest bisa mengelus kepala, menggelitik kakinya, memegang ujung mulutnya, dan sebagainya.

 

5. Kenyamanan saat menyusui

Bukan hanya nyaman bagi bayi, kenyamanan ibu juga harus diperhatikan. Biasanya di hari pertama akan banyak kerabat yang datang untuk menjenguk. Jika Genbest merasa kurang nyaman menyusui dalam kondisi keramaian, jangan ragu untuk meminta waktu sejenak untuk menyusui si kecil.

 

Itulah beberapa tips yang bisa Genbest terapkan saat menyusui bayi pada 24 jam pertama. Semoga lancar,ya!

 

Baca Juga: Cara Menyusui Bayi Prematur agar Terhindar dari Stunting

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top