Perkembangan Fisik dan Psikis Anak Umur 1 Tahun, Seperti Apa?

Sed ut perspiciatis unde
30 April

Perkembangan Fisik dan Psikis Anak Umur 1 Tahun, Seperti Apa?

Pada usia 1 tahun, fisik dan psikis si kecil berkembang dengan cara yang luar biasa. Anak 1 tahun, misalnya, sudah bisa mengenali dirinya dan fungsi anggota tubuhnya. Pada usia ini, karena semakin tertarik dengan lingkungan sekitarnya, mereka jadi tampak lebih aktif bereksplorasi. Keaktifan si kecil ini mungkin akan membuat GenBest lebih kewalahan saat mengawasinya. 

 

Yuk, cari tahu di bawah ini berbagai perkembangan fisik dan psikis anak umur 1 tahun.

 

Perkembangan Fisik

Menurut tabel Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), anak berusia 1 tahun umumnya memiliki berat badan antara 8,3-11 kg untuk laki-laki dan 7,7-10,5 kg untuk perempuan. Sedangkan, tinggi badannya 71,5-79,7 cm untuk laki-laki dan 8,8-78,9 cm untuk perempuan. Untuk ukuran lingkar kepala ada dalam kisaran 43-49,5 cm.

 

Meski begitu, jangan khawatir jika ukuran berat, tinggi, dan lingkar kepala anak berbeda sedikit dengan angka ini. Namun, kalau terpaut sangat jauh, sebaiknya si kecil dikonsultasikan pada dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk risiko stunting.

Untuk memantau pertumbuhan fisik si kecil yang berusia 1 tahun ini, GenBest juga bisa melakukannya langsung dari HP Android. Download apps “Anak Sehat” di Google Play Store, yang punya fitur pemantauan pertumbuhan anak melalui KMS Digital. (Baca Juga: “Deteksi Dini Cegah Stunting, Perhatikan Berat Badan Anak)

 

Tentang tonggak perkembangan, mayoritas anak 1 tahun sudah mulai bisa berdiri hingga berjalan, walaupun masih sambil berpegangan pada benda-benda sekitar. Jika si kecil belum memiliki kemampuan itu, tak mengapa. Beberapa anak perlu waktu lebih lama untuk menguatkan pijakan kakinya pada lantai. Ini wajar, kok.

 

Anak umur 1 tahun juga sudah bisa menggunakan jemarinya untuk melakukan sesuatu, seperti membolak-balik buku, menggenggam makanan lalu memasukan ke mulut, dan sebagainya

 

Perkembangan Psikis

Terkait perkembangan psikis, pada usia ini anak mulai menyadari keberadaan diri dan lingkungan sekitarnya. Dulu ia sudah puas ketika berada dalam pelukan dan gendongan GenBest, bukan? Saat menginjak  satu tahun, si kecil mulai senang mengeksplorasi lingkungan sekitar sehingga akan lebih sering minta turun dari gendongan dan ingin merangkak atau berjalan sendiri.

 

Memori anak satu tahun pun sudah mulai berkembang. GenBest bisa menstimulasi perkembangan memorinya dengan mengajak si kecil bermain bola atau balok warna warni. Tentu pengenalan bentuk dan warna ini membutuhkan waktu, bukan 1-2 hari lalu si kecil akan ingat semua bentuk dan warna yang diperkenalkan. Jadi sabar, ya, Genbest. (Baca juga: “Memiliki Protein Tinggi, Sering Konsumsi Ikan Bisa Mencegah Stunting)

 

Setiap anak akan berkembang dengan kecepatannya sendiri. Tetapi beberapa tanda bisa menunjukkan keterlambatan. Kids Health menyarankan kita untuk berkonsultasi dengan dokter, jika si kecil mengalami hal-hal di bawah ini: 

 

  • Berjalan dengan langkah pincang. 
  • Saat jatuh, anak  jatuh ke depan bukan ke belakang
  • Tidak dapat mengambil benda kecil (seperti kismis) dan tidak bisa makan finger food sendiri
  • Tidak menunjuk ke benda
  • Tidak mengoceh dengan suara konsonan ("ba, da, ga")

 

Baca juga: “Cara Mudah Mengetahui Status Gizi Anak

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top