Tips Pesan Makanan Online Sehat Saat New Normal

Sed ut perspiciatis unde
17 Juni

Tips Pesan Makanan Online Sehat Saat New Normal

Pandemi COVID-19 terkadang membuat kita jadi malas keluar rumah, termasuk untuk belanja kebutuhan dapur. Iya nggak GenBest? Kalau sudah begini, jalan paling mudah adalah memesan makanan via online: gampang, cepat, dan enak. Tapi bagaimana dengan sehat? Jangan lupa, si kecil masih dalam periode emas pertumbuhannya dan memerlukan asupan nutrisi yang sehat guna mendukung tumbuh kembangnya, termasuk mencegah stunting.

 

Terus bagaimana dong? Berikut beberapa tips yang bisa GenBest lakukan untuk memenuhi asupan nutrisi si kecil di tengah pandemi COVID-19 saat ini, walaupun harus memesan makanan secara online.

 

Tetap terapkan metode “Isi Piringku”

GenBest pasti tahu, kan, panduan makan sehat yang dikenalkan oleh Kementerian Kesehatan ini? Yap, metode “Isi Piringku”. Jadi, saat GenBest pesan makanan siap saji, jangan lupa terapkan “Isi Piringku”. Caranya? Setidaknya GenBest harus bisa memilih makanan yang memiliki gizi seimbang: ada karbohidrat, protein, lemak (sehat), vitamin, dan mineral.  Contoh, salad sayur yang ditambah dengan alpukat dan ayam, misalnya.  Makanan ini rendah gula dan garam, tapi mengandung vitamin, mineral, serat, protein dan juga lemak sehat dan karbohidrat.

 

Baca juga: Pentingnya Protein Hewani pada MPASI Anak

 

Pilih menu yang paling sehat

Selain kandungan nutrisi, GenBest bisa menyeleksi makanan dari cara pengolahannya. Contoh, saat akan memesan ayam, tentu ayam panggang akan lebih sehat daripada ayam goreng. Atau daripada memesan ikan goreng, GenBest bisa memilih sup ikan. Ikan yang diolah dengan cara digoreng mengandung kalori lebih tinggi dan nutrisi pada ikan saat digoreng juga bisa hilang. Karena itulah ikan yang diolah dengan cara dipanggang, direbus, atau dikukus akan jauh lebih baik. 

 

Manfaatkan aplikasi

Sekarang di aplikasi layanan pesan antar sudah ada pilihan “makanan sehat”. Setidaknya, makanan yang masuk kategori tersebut jauh lebih sehat dibandingkan lainnya. Jangan hanya terpaku pada promo dan berbagai menu makanan tidak sehat, apalagi junkfood, ya. Oh ya meski menu yang ditawarkan sehat, GenBest tetap harus memerhatikan kandungannya lebih detail. Contoh olahan jus memang sehat, tapi pastikan tanpa gula atau menggunakan sedikit gula. 

 

Jangan lupakan sayur dan buah

Salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh saat pandemic COVID-19 ini adalah dengan banyak makan makan sayur dan buah. Cobalah menggunakan layanan pesan antar sayur dan buah. Agar tidak boros di-ongkir, GenBest bisa sekaligus membeli untuk persediaan selama 2-3 hari kedepan. Simpan dengan benar di lemari pendingin sehingga kesegaran sayur dan buah tetap terjaga. 

 

Coba memasak

Tenang, GenBest tidak perlu belanja keluar rumah. Ingat, kan, kalau ada layanan pesan antara sayur dan buah? Manfaatkan saja itu, GenBest! Sebelum membeli bahan, kita bisa mencoba mencari beberapa resep makanan melalui internet atau buku. Atau mungkin bisa mengambil contoh dari buku “Resep Masakan Keluarga Sehat”. Ada banyak menu masakan yang bisa GenBest kenalkan pada si kecil.

 

Jika sudah, kita tinggal memesan bahan yang diperlukan dan menunggunya sampai ke rumah. O, iya, GenBest juga bisa mengajak si kecil memasak, lho. Cara ini dapat melatihnya mengenal dan menyukai sayur. Selain itu, mereka juga akan lebih menghargai makanan yang dibuatnya.

 

Baca juga: Ini Cara Mengolah Ikan Tanpa Menghilangkan Nutrisinya

 

Jangan lupa penuhi kebutuhan cairan

Satu yang tidak boleh ketinggalan; memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Rutin mengonsumsi air mineral membantu tubuh kita terhidrasi. Dari situ akan membuat sistem kekebalan tubuh kita lebih terjaga.

 

GenBest bisa membiasakan si kecil mengonsumsi air mineral sesuai kebutuhan hariannya. Jangan biasakan memberikan anak minuman manis, ya. Terlebih lagi kalau mengandung pemanis buatan. Duh, nggak sehat deh, pokoknya!

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top