25 Oct

Menjadi seorang ibu pekerja ataupun tidak, selepas melahirkan merupakan suatu tantangan tersendiri. Salah satunya adalah ketika cara menyimpan ASI yang ternyata tidak bisa sembarangan begitu saja. 
 
Dilansir dari babycenter.co.uk, ada beberapa cara untuk menyimpan ASI. Untuk menyimpan ASI, yang perlu diperhatikan adalah tergantung dari sesegera apa GenBest mau menggunakannya. Kalau rencananya akan digunakan dalam beberapa hari ke depan, bisa memilih untuk disimpan di dalam kulkas dibandingkan ditaruh di freezer. Karena susu yang disimpan di freezer umumnya akan kehilangan beberapa nutrisi yang melawan infeksi, meskipun asi yang membeku masih jauh lebih baik dibandingkan susu formula.


Ada sedikit anjuran dalam penyimpanan ASI: 
Jika disimpan dalam suhu ruangan tidak lebih dari 25 derajat Celsium, ASI bisa bertahan hingga 6 jam. Dalam cool box dengan es, tahan hingga 24 jam. Sementara pada kulkas dengan suhu 4 derajat Celsius atau lebih dingin lagi, bisa hingga 5 hari. Lebih bagus lagi disimpan di tempat yang paling dingin, yaitu bagian belakang kulkas, jauh dari daging, telur dan makanan mentah. Pada freezer kulkas, ASI bisa dikonsumsi hingga 2 minggu.
 
Dalam penyimpannya, selalu gunakan tempat yang steril, botol plastik ataupun kantung plastik ASI. Selalu beri label dan tanggal pada ASI dan selalu gunakan yang berusia paling lama. GenBest dapat mencampur asi yang baru dengan ASI yang sudah ada di dalam kulkas. 
 
Tetapi tetap ingat bahwa ASI tersebut tetap bertahan selama lima hari. Begitu pula dengan ASI yang sudah disimpan selama beberapa saat, ada bagian yang terlihat seperti terpisah. Itu adalah hal yang normal, jadi tinggal diguncangkan saja sampai tercampur lagi. Beberapa bayi senang meminum ASI yang sedikit dingin, ada pula yang lebih memilih untuk dihangatkan terlebih dahulu. Jika ingin menghangatkannya, dapat dilakukan dengan menaruh kantung ASI atau botolnya dalam semangkuk air hangat. 
 
Apabila ASI yang ditaruh di dalam freezer membeku dan ingin digunakan, dapat dihangatkan dengan cara meletakkannya di dalam semangkuk air hangat atau dengan ditaruh di dalam kulkas dan dapat bertahan selama 12 jam. Yang paling penting, jangan pernah meletakkan kembali asi yang sudah dikeluarkan dari freezer ke dalam freezer karena itu sudah mencair.

 

Foto: Pixabay

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top