2 Oct

Bagi busui ASI perah adalah segalanya. ASIP adalah penyelamat saat Busui punya kesibukan di luar rumah dan tidak bisa menyusui langsung si kecil. ASI sendiri adalah nutrisi terbaik yang dapat mendukung tumbuh kembang si kecil menjadi optimal dan menjauhkannya dari ancaman stunting.

 

ASIP yang disimpan dalam freezer bisa bertahan hingga bulanan. Masalahnya satu, bagaimana kalau tiba-tiba listrik padam alias mati listrik. Nggak perlu panik, tips di bawah ini bisa GenBest terapkan untuk menyelamatkan ASI perah saat listrik padam.

 

1. Jangan membuka freezer

Ketika lampu mati pasti kita suka gemas ingin mengecek kondisi ASIP di dalam freezer. Alhasil sering banget buka-tutup freezer, deh. GenBest, hal ini tidak boleh dilakukan selama listrik padam. Kalau kita sering membuka freezer, suhu di dalam freezer akan berubah dan dapat memengaruhi ASI.

 

Dalam kondisi tertutup meski listrik padam, freezer dapat tetap dingin sementara waktu. Jadi jangan dibuka kecuali dalam kondisi mendesak, atau listrik mati dalam durasi yang lama dan mengharuskan pengecekan.

 

2. Kondisikan freezer selalu terisi penuh

Supaya suhu di dalam freezer terjaga, maka celah-celah kosongnya harus ditutupi. Nah, GenBest bisa mengisi celah-celah kosong ini dengan bongkahan atau kantong-kantong es batu, ice gel atau blue ice. Dengan kondisi minim celah tersebut, freezer akan bertahan dalam kondisi yang dingin sementara waktu. Setelah celah-celah kosong terisi, jangan lupa untuk menutup freezer kembali.

 

3. Pasang termometer makanan di dalam freezer

Termometer makanan bisa membantu pada kondisi seperti ini. Agar bisa memantau suhu freezer selama listrik padam, tempatkan termometer khusus dalam freezer.

 

Idealnya suhu untuk menjaga ASIP ini adalah 4 derajat celcius. Jika listrik padam cukup lama dan termometer menunjukkan angka di atas 4 derajat celcius, segera pindahkan ASIP beku.

 

Baca Juga: 5 Tips Sukses Menyusui si Kecil Hingga Usia 2 Tahun

 

4. Pindahkan ke cooler box

Cara ini sebaiknya segera dilakukan jika listrik padam terlalu lama. Kategori lama itu sampai kapan? Sampai suhu freezer menunjukkan angka di atas 4 derajat Celsius.

 

Pindahkan ASIP ke dalam cooler box yang berisi penuh dengan es batu, ice gel, atau blue ice yang berfungsi sebagai penahan panas. Bungkus cooler box dengan handuk atau selimut agar dingin lebih tahan lama.

 

Baca Juga: Panduan Cara Menyimpan ASI Perah dengan Benar

 

5. Titipkan ASIP ke teman terdekat

Kalau ada kekhawatiran listrik padamnya akan lebih lama dan GenBest nggak bisa mengandalkan cooler box, titipkan ASIP ke teman atau kerabat yang tidak mengalami listrik padam.

 

Kalau ASIP beku sudah telanjur mencair, perlu segera dihabiskan dalam waktu 24 jam. ASIP yang sudah mencair ini tidak bisa dibekukan lagi, karena akan merusak kandungan nutrisi di dalamnya. Tapi kalau ASI masih setengah cair atau terdapat bongkahan esnya ketika listrik menyala GenBest bisa membekukannya kembali.

 

Baca Juga: Perlukah ASI Perah Beku Dihangatkan Lagi Sebelum Diminum?

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top