27 Nov

GenBest ingat apa yang GenBest lakukan setelah melihat dua garis pada tes kehamilan yang menunjukkan kalau GenBest sedang hamil? Bahagia, pasti! GenBest tentu juga berniat untuk selalu makan sehat dan bergizi, iya nggak?

 

Kehamilan termasuk ke dalam masa 1.000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) yang sangat krusial. Pada masa ini nutrisi berperan penting agar bayi dapat sehat dengan tumbuh kembang optimal dan jauh dari stunting.

 

Baca Juga: Jangan Abaikan Nutrisi 1.000 Hari Pertama Kehidupan, Ini Alasannya

 

Ada banyak pilihan makanan selama masa kehamilan, salah satu yang tidak boleh lewat adalah sayuran. Pola makan sehat yang kaya sayuran dapat membantu menghindari komplikasi seperti diabetes gestasional dan kekurangan nutrisi. Makan sayuran juga mengurangi risiko anemia, mengontrol tekanan darah, dan membantu kenaikan berat badan yang sehat pada ibu hamil.

 

Lantas, apa saja sayuran yang baik dikonsumsi selama masa kehamilan?

 

1. Bayam

Selain mudah ditemukan dan harganya yang bersahabat, bayam memiliki segudang nutrisi penting bagi ibu hamil dan janin, salah satunya adalah zat besi. Faktanya, setiap 100 gram bayam mengandung sekitar 2,7 mg zat besi yang dapat membantu GenBest terhindar anemia yang berisiko melahirkan bayi stunting.

 

Baca Juga: Jangan Sepelekan Anemia Pada Ibu Hamil, Ya!

 

2. Brokoli

Sama seperti bayam, brokoli termasuk sumber zat besi yang dibutuhkan selama masa kehamilan untuk mencegah anemia. Brokoli juga kaya akan kandungan vitamin C yang turut membantu proses penyerapan zat besi di dalam tubuh selama masa kehamilan.

 

2. Kale

Kale mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan. Mulai dari vitamin A, C, E, K, zat besi, folat, kalsium, dan masih banyak lagi. Seluruh kandungan vitamin dan mineral pada kale berperan penting dalam merangsang perkembangan otak bayi dalam kandungan.

 

3. Bit

Jenis umbi-umbian yang satu ini dikenal kaya akan kandungan asam folat. Dalam satu cangkir bit mentah (136 g) mengandung 148 mcg asam folat. Kandungan tersebut berperan penting dalam mengoptimalkan tumbuh kembang janin sekaligus meminimalkan risiko cacat lahir. Bit juga kaya antioksidan untuk mendukung imun tubuh ibu hamil

 

4. Kacang polong

Kandungan asam folat dan omega-3 pada kacang polong berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan janin hingga mencegah stunting. Bahkan, menurut penelitian dari Thailand One Health University Network, kacang polong dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badan anak.

 

Baca Juga: Sudah Idealkah Tinggi dan Berat Badan Balita Anda? Cek di Sini!

 

5. Wortel

Salah satu sumber antioksidan yang berperan penting menangkal radikal bebas agar ibu hamil dan janin tetap sehat. Tingginya kandungan beta karoten yang berubah menjadi vitamin A juga berperan penting dalam tumbuh kembang janin. Karena dapat membantu mengoptimalkan perkembangan mata, kulit, serta tulang bayi di dalam kandungan.

 

6. Asparagus

Asparagus masuk ke dalam deretan sayuran dengan segudang manfaat bagi ibu hamil, berkat tingginya kandungan asam folat di dalamnya. Setiap 100 gram asparagus yang telah dimasak, dapat memenuhi sekitar 67% kebutuhan harian asam folat pada masa kehamilan. Tingginya asam folat dapat mengoptimalkan perkembangan janin dan menghindari risiko cacat lahir.

 

Nah, itu adalah aneka sayuran untuk ibu hamil agar GenBest dan janin dalam kandungan selalu sehat dan tumbuh kembangnya optimal. Kira-kira mana yang jadi favorit, GenBest?

 

Baca Juga: 7 Makanan Tinggi Kandungan Folat, Penting Bagi Ibu Hamil!

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top