Olahraga selama masa kehamilan penting agar tubuh selalu bugar sekaligus melancarkan proses persalinan. Tak perlu yang berat, jalan kaki bisa jadi pilihan..

Melihat si kecil terkena alergi pasti membuat kita panik, kan? Apalagi efek alergi bermacam-macam. Nah, berikut jenis-jenis alergi yang dialami bayi dan cara mengatasinya..

Perubahan sistem tubuh selama kehamilan akan memengaruhi sistem kekebalan tubuh bumil. Ini yang membuat bumil terkadang merasa lesu, sering mengalami batuk pilek dan lebih rentan terserang virus..

Sangat tidak disarankan memberikan air putih pada bayi di bawah usia 6 bulan. Karena dapat memunculkan berbagai gangguan kesehatan yang bisa memengaruhi tumbuh kembang anak..

Mungkin mendengar kata suntikan akan membuat sebagian besar anak ketakutan. Padahal mereka masih harus melakukan vaksinasi secara berkala. Lalu bagaimana cara mengatasi anak yang takut jarum suntik?.

Masker menjadi benda wajib yang harus selalu dibawa dan digunakan guna mencegah perluasan penyebaran virus COVID-19. Seperti apa masker yang direkomendasikan WHO?.

Beberapa gangguan pencernaan, bila terjadi cukup sering dan diabaikan, lama-lama bisa mengganggu asupan nutrisi anak dan membuatnya kurang gizi. Kekurangan gizi dalam waktu lama bisa meningkatkan risiko balita alami stunting..

Agenda vaksinasi tetap perlu dijalankan pada masa pandemi COVID-19 ini. Lantas, bagaimana perlindungan agar si kecil tetap aman dan sehat, terhindar dari risiko COVID-19?.

Selain jarang cuci tangan pakai sabun, salah satu kebiasaan yang menyebabkan kita berisiko tertular COVID-19 adalah kesalahan saat memakai masker..

Selain mengenali penyebab anak sakit perut, GenBest juga perlu mengetahui pertolongan pertama sakit perut yang bisa dilakukan di rumah karena ini akan membantu anak untuk pulih lebih cepat..

Ketika sebagai pasien di rumah sakit, hak kita sebagai konsumen layanan kesehatan sepenuhnya dijamin dalam undang-undang. Apa saja hak-hak kita sebagai pasien itu? .

Apakah GenBest mencuci daging sapi/ayam sebelum dimasak? Ternyata ini tidak perlu dan bahkan justru berbahaya. Kenapa?.

Kondisi medis lip tie dan tongue tie bisa mengakibatkan bayi kesulitan untuk menyusu. Berikut ini beberapa hal yang bisa GenBest lakukan..

Paracetamol merupakan salah satu obat yang aman dikonsumsi ibu hamil. Meski begitu, penggunaan paracetamol tetap perlu memerhatikan aturan..

Tak cuma di masa kehamilan GenBest bisa mencegah stunting. Pencegahan pun harus dilakukan secara kontinu di setiap tahapan hidup, yaitu dari masa kanak-kanak, masa remaja, masa menyusui, dan terus selanjutnya..

Maksimalkan sesi konsultasi dokter untuk mengajukan pertanyaan terkait kehamilan di tengah pandemi, ya. Berikut ini beberapa pertanyaan penting yang harus GenBest tanyakan..

Bayi yang teratur bersendawa setelah minum ASI dapat terhindar dari kolik, muntah, serta risiko ASI masuk paru-paru. Kalau tidak bisa sendawa gimana? Tenang, begini cara menyendawakan bayi..

Minum obat selama masa menyusui masih jadi pertanyaan umum para busui, karena takut akan memengaruhi ASI dan si kecil. Namun, kira-kira aman nggak sih, minum obat selama menyusui?.

Selama menyusui kita masih boleh untuk mengonsumsi obat-obatan, asalkan jenis yang dikonsumsi aman bagi ibu menyusui. Yuk, cek jenis obat-obatan yang aman dan tidak aman bagi ibu menyusui..

Berharap mendapatkan tubuh ideal dengan cepat terkadang membuat remaja putri suka jadi berolahraga yang berlebihan. Padahal olahraga yang diforsir buruk bagi kesehatan, lho..

Membersihkan bayi harus menjadi rutinitas karena merupakan bagian dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Tapi ada beberapa area tubuh bayi yang bisa bikin kita deg-degan saat membersihkannya..

Salah satunya tentu selalu cuci tangan sebelum dan setelah menyentuh bayi, namun masih banyak yang lainnya. Apa saja? .

Upaya mencegah stunting sudah harus dimulai sejak masa kehamilan. Maka, penting banget mengetahui tanda-tanda hamil supaya GenBest dapat memanfaatkan masa kehamilan ini untuk memberikan nutrisi yang terbaik untuk si kecil..

Salah satu cara mencegah anemia adalah dengan berolahraga. Namun, olahraga seperti apa yang dapat mencegah anemia?.

Selama masa kehamilan, ada saja informasi yang keliru namun tetap dilakukan beberapa calon ibu. Agar GenBest tidak “disesatkan” oleh mitos, coba cari tahu dulu faktanya..

Menjalani kehamilan pada usia di bawah 20 tahun bisa punya risiko yang kurang baik bagi ibu dan janin. .

WHO mengeluarkan panduan menggunakan masker khusus anak-anak. Yang wajib memakai masker hanya anak 12 tahun ke atas, lalu bagaimana dengan yang lain. Silakan baca panduannya di sini. .

Walaupun banyak menghabiskan waktu di rumah pada masa pandemi COVID-19 ini, setiap bumil tentu ingin tetap sehat, bugar dengan imunitas tubuh yang tetap terjaga. Penasaran caranya? Yuk baca tipsnya!.

Sering cemas melihat pola BAK dan BAB bayi baru lahir? Jangan khawatir. Berikut beberapa fakta tentang hal tersebut yang harus dipahami ibu baru..

Seiring bertambahnya usia kandungan, payudara memang ikut berubah, berisap untuk memproduksi nutrisi atau ASI bagi bayi nanti. .

Bukan hanya sekadar tidak memenuhi kebutuhan nutrisi harian, namun ada beberapa perilaku ibu hamil yang berisiko melahirkan anak stunting..

Setiap bulan Agustus dan September ada agenda imunisasi measles rubella di seluruh wilayah Indonesia. Pemberian vaksin ini penting sekali untuk anak-anak. Mengapa?.

Bayi yang sering muntah setelah menyusu tentu bikin kita khawatir sendiri, kan? ini beberapa faktor penyebab bayi sering muntah setelah menyusu..

Bukan hanya tubuh, payudara juga butuh dipijat pasca melahirkan, lho. Bukan hanya membuat rileks, tapi juga berpengaruh pada kelancaran ASI. .

Meletakkan tangan pada dahi atau leher adalah metode pengukuran suhu yang banyak digunakan orang. Padahal cara ini kurang akurat, lho. Ini cara mengukur suhu yang akurat..

Pandemi COVID-19 pasti membuat was-was, namun jangan berhenti menyusui karena khawatir si kecil tertular ya, GenBest. ASI penting untuk menjaga daya tahan tubuh si kecil. Agar menyusui berjalan aman, gunakan protokol kesehatan ini..

Demam pasca-imunisasi merupakan hal yang wajar. Maka jika buah hati GenBest mengalami demam pasca imunisasi, tetap tenang dan lakukan langkah berikut ini, ya..

Imunisasi dasar wajib diberikan sesuai jadwal karena menyangkut efektivitas vaksin yang terkandung di dalamnya. Namun, bagaimana jika sudah terlanjur terlambat?.

Cacingan terkesan sepele, namun penyakit ini termasuk salah satu penyebab stunting pada anak..

Meskipun sangat penting bagi kesehatan, namun asupan zat besi berlebihan juga tidak baik. Penumpukan zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit..

Masalah stunting tidak hanya berhenti pada terhambatnya tumbuh kembang saja. Namun juga menyebabkan anak rentan terserang penyakit degeneratif..

Menghadapi new normal diperlukan proteksi lebih untuk melindungi bayi dari risiko virus Covid-19. Lantas apa ada imunisasi yang perlu ditambah selama new normal? .

Yuk, cari tahu lebih lanjut berbagai hal seputar Anemia Defisiensi Besi lewat infografis ini..

Olahraga adalah salah satu cara membantu mengatasi anemia, selain dengan mengonsumsi makanan bergizi dan tablet tambah darah (TTD), tapi ada syaratnya. .

Hemoglobin (Hb) punya peran penting untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Ketika bayi lahir dengan kadar Hb rendah, sel-sel tubuh tidak dapat menerima cukup oksigen sehingga bisa memengaruhi tumbuh kembang anak. Apa penyebab bayi lahir dengan Hb rendah?.

Salah satu cara mencegah anemia pada ibu hamil adalah dengan mengonsumsi TTD. Namun, bagaimana cara mendapatkan TTD di tengah pandemi Covid-19?.

Melakukan pemeriksaan kehamilan memang perlu untuk memantau tumbuh kembang janin. Namun, di tengah pandemi COVID-19, apakah kita bisa melakukan pemeriksaan kehamilan ke rumah sakit?.

Era new normal menuntut kita mengambil langkah-langkah bijak untuk meningkatkan daya tahan tubuh guna menangkal serangan berbagai virus berbahaya, termasuk COVID-19. .

Perlu GenBest ketahui, ada beberapa imunisasi yang memerlukan pengulangan, lho. Hal ini dikarenakan virus dapat berevolusi seiring pertambahan usia anak..

Melahirkan buah hati adalah kebahagiaan yang tiada terkira bagi seorang ibu. Tapi, kalau bersalin di tengah kondisi pandemi COVID-19 tentu bikin cemas. .

Anemia saat hamil dapat diatasi dengan mengonsumsi tablet tambah darah. Namun, apakah ada dampak jika tablet ini dikonsumsi jangka panjang? .

Anak-anak ternyata juga merupakan kelompok yang rentan terpapar COVID-19. Untuk itu, penting melakukan langkah pencegahan COVID-19..

Saat memasuki usia remaja bukan berarti anak sudah tidak perlu diimunisasi. Remaja masih harus diberikan vaksin agar kesehatannya tetap terjaga..

Ketidaksiapan secara fisik dan mental pada ibu yang hamil pada usia muda mengakibatkan berbagai tantangan selama proses kehamilan hingga melahirkan. Baca detailnya di artikel ini..

Posyandu adalah garda terdepan untuk mencegah stunting. Berikut alasannya..

Faktor penyebab stunting ternyata bukan hanya kualitas gizi dan sanitasi buruk. Pernikaan di usia belia, di bawah 19 tahun, juga menjadi salah satu penyebabnya, lho..

Ternyata ada beberapa faktor kesehatan yang terkadang tidak kita sadari dapat meningkatkan risiko stunting. Apa saja ya?.

Obat cacing tidak hanya diberikan pada anak yang menderita cacingan, lho. Kalau si kecil berusia 1-5 tahun, dia mungkin juga memerlukannya. Kenapa? .

Dampak stunting bisa sangat berbahaya bagi anak, tak cuma terkait perawakannya yang pendek. Saatnya cegah stunting mulai sekarang..

Cacingan bisa meningkatkan risiko anak terkena stunting. Yuk cari tahu lebih detail tentang hubungan cacingan dan stunting, GenBest..

Siapa pun akan rentan terkena flu, termasuk anak-anak. Lantas, bagaimana mengantisipasi hal ini? Apakah vaksin flu untuk anak memang diperlukan?.

Siapa yang sedang merencanakan kehamilan? Agar proses kehamilan hingga melahirkanmu berjalan lancar, jangan lupa penuhi kebutuhan vaksinasimu, ya..

Hampir setiap anak pernah mengalami diare. Namun tahukah GenBest kalau diare yang terlalu sering dapat meningkatkan risiko stunting pada anak?.

GenBest, tahukah kalau warna kotoran bayi bisa menunjukkan kondisi kesehatannya? .

ASI merupakan sumber utama nutrisi bagi bayi. Namun, bagaimana jadinya kalau bayi mogok menyusu. Yuk, cari tahu penyebab dan cara mengatasinya. .

GenBest, sebaiknya kita memahami syarat-syarat menjalankan imunisasi pada anak di tengah pandemi COVID-19, agar anak tetap terlindungi dari ancaman virus nantinya..

Masa-masa kehamilan ternyata memengaruhi sistem kekebalan tubuh ibu hamil. .

GenBest kerap mengalami tubuh mudah lelah hingga menghambat produktivitas? Duh, jangan-jangan itu tanda anemia..

Anemia biasanya terjadi karena kekurangan zat besi. Apa tanda-tanda anemia pada anak?.

Perempuan dengan kadar zat besi normal mengonsumsi sekitar 30 mg suplemen zat besi per harinya. Konsumsi zat besi yang rutin bertujuan untuk meminimalisir masalah kesehatan bagi dirinya dan janin dalam kandungan..

Dengan adanya program kesehatan dan perbaikan nutrisi yang dilakukan oleh posyandu bisa memberikan dampak signifikan bagi status gizi anak. .

Malnutrisi dan stunting kerap kali disalahartikan sebagai dua hal yang sama. Namun sebenarnya, kedua hal itu adalah kondisi yang berbeda. .

Memulai tahun baru 2020 tentunya Anda ingin memulai lembaran baru termasuk juga menjaga gaya hidup lebih sehat. .

GenBest, jangan lupa mengecek kesehatan dengan menghitung jumlah darahmu ketika mencapai usia 13 tahun ya!.

Cari tahu di artikel ini, agar kekebalan tubuh anak lengkap melindungi dari berbagai penyakit infeksi..

Apabila perempuan sedang hamil dan tidak mengonsumsi cukup makanan tidak hanya membahayakan diri sendiri, melainkan juga kesehatan janin..

Anemia bisa dialami siapa saja, bahkan batita. Jadi, kenali penyebabnya dulu, dan segera cari solusi untuk mencegahnya..

Saat hamil, ada banyak gangguan dan masalah. Hanya saja, kamu perlu mewaspadai 7 tanda ini yang berisiko membahayakan janin, bahkan nyawamu sendiri..

Sebelum memulai intensif untuk toilet training, sebaiknya Anda segera menyingkirkan semua hal-hal yang dapat mengalihkan perhatian anak maupun perhatian Anda sendiri..

Kebiasaan meminum tablet tambah darah ternyata bisa mengurangi angka kejadian anemia pada remaja putri, lho..

Gerakan senam hamil sepeti apa yang sebaiknya dilakukan oleh ibu hamil pada tiap-tiap trimester?.

Apalagi, kalau ini kehamilan pertama, GenBest tentu butuh informasi sebanyaknya biar kehamilan dan kelahiran dapat dijalani dengan sehat dan lancar..

Kenal, dong, dengan penyakit lemah, letih, lesu, lelah, dan lunglai, alias 5L. Dialah anemia, gangguan yang terjadi karena tubuh kekurangan sel darah merah..

Anemia bisa berbahaya bagi ibu hamil, karena dapat menyebabkan bayi gagal tumbuh dalam kandungan dan lahir prematur. Cari tahu apa saja gejalanya, agar bisa segera diobati!.

Yuk, pastikan kecukupan vitamin A si kecil terpenuhi, di Bulan Vitamin A ini. Diberikan secara gratis, lho!.

Yuk, cek kondisi dan kesehatan janin yang sedang GenBest kandung secara teratur.

Kebanyakan anak yang diare tidak perlu ke dokter, tapi jangan juga dibiarkan, karena kalau tidak diatasi dan terus-menerus dialami, bisa menyebabkan stunting..

Selain pertambahan berat badan diri sendiri, GenBest yang sedang hamil juga perlu memantau pertambahan berat badan janinnya dengan baik..

Konsultasi kehamilan adalah momen terbaik untuk menanyakan berbagai hal kepada ahlinya. .

Selain dapur dan garasi, kamar mandi memang merupakan bagian rumah yang rawan kecelakaan. Tapi tidak hanya itu, kamar mandi juga rawan membuat kita, kalau kebersihannya tidak dijaga. .

Sedang hamil? Jangan lupa rutin melakukan pemeriksaan kehamilan dengan USG, ya, GenBest.

Tes kesehatan sebelum menikah sangat penting sebagai bagian dari persiapan kehamilan sehat dan lancar..

Cuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir dapat mencegah banyak penyakit berbahaya..

GenBest baiknya mempertimbangkan banyak hal dan membicarakan aneka persoalan sebelum memutuskan menikah..

Kebiasaan sepele ini ternyata berdampak besar bagi kesehatan seluruh keluarga, bahkan bisa mencegah berbagai penyakit serius.

Jangan anggap remeh anemia, karena gangguan kesehatan ini berkaitan dengan kecerdasan anak dan remaja..

Anemia dapat disebabkan oleh banyak faktor, namun tiga mekanisme tubuh utama ini yang memicunya..

Jangan sampai terlewat, agar anak terlindungi dari berbagai penyakit berbahaya..

Imunisasi tidak hanya melindungi keluarga semata, namun juga menyelamatkan generasi selanjutnya..

Yuk, cukupi kebutuhan gizi pada 1.000 hari pertama kehidupan si kecil, dihitung dari masa kehamilan..

Tahukah Anda, anemia di tahap awal seringkali tidak menimbulkan gejala..

Mengapa remaja putri berisiko mengalami Anemia? Ini alasannya..

Kekurangan zat besi menjadi penyebab utama anemia yang menimpa perempuan di Indonesia..

Sebuah studi menunjukkan hampir dua juta ibu hamil di Indonesia yang menderita anemia atau kekurangan darah. .

Diare masih jadi penyebab nomor dua kematian terbanyak pada balita di Indonesia setelah pneumonia..

Remaja di bawah 20 tahun kalau hamil belum siap secara psikis dan fisik..

Stunting ternyata tidak hanya disebabkan oleh faktor gizi buruk yang dialami oleh ibu hamil maupun anak balita.

Jangan biarkan si kecil terkena stunting, yang rupanya punya dampak jangka pendek dan panjang.

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top