3 Nov

Hb atau hemoglobin adalah protein kaya zat besi pada sel darah merah yang bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh. Menurut WHO, kadar Hb normal pada ibu hamil harus lebih dari 11 g/dL pada trimester pertama dan ketiga, serta lebih dari 10,5 g/dL pada trimester kedua. 

 

Apabila kadar konsentrasi Hb ibu hamil sangat rendah atau kurang dari 6 g/dL. Maka, ibu hamil dikategorikan mengidap anemia berat. Tidak hanya berdampak negatif pada kehamilan, anemia berat selama masa kehamilan juga berdampak bagi janin di kandungan. 

 

Dalam jangka panjang, anemia pada ibu hamil berisiko tinggi menyebabkan komplikasi kehamilan serius. Seperti bayi lahir prematur, berat badan lahir rendah (BBLR), hingga melahirkan anak stunting. 

 

Baca Juga: Jangan Sepelekan Anemia pada Ibu Hamil, Ya!

 

Demi menciptakan kehamilan sehat dan jauh dari risiko stunting, Genbest harus mulai menaikkan kadar Hb selama masa kehamilan. Jangan lupa 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) sudah dimulai sejak masa kehamilan. Nah, bagaimana caranya? Ini dia tipsnya:

 

1. Konsumsi makanan kaya zat besi

Makanan mengandung zat besi memiliki peran penting dalam menaikkan kadar Hb pada ibu hamil. Idealnya, kebutuhan zat besi harian ibu hamil adalah 27 mg/hari. Untuk mencukupinya, tentu Genbest perlu mengonsumsi makanan sehat kaya akan zat besi setiap hari. Ada banyak pilihan makanan sehat tinggi kandungan zat besi, di antaranya: daging merah, hati sapi, ayam, sayuran hijau, kacang-kacangan, kurma, buah naga, delima, dan buah bit.

 

2. Makanan kaya vitamin C

Cara menaikkan kadar Hb pada ibu hamil berikutnya dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin C. Alasannya, vitamin C penting dalam proses penyerapan zat besi di dalam tubuh. Sehingga, dapat menghasilkan lebih banyak kadar Hb di dalam tubuh guna mencegah anemia saat hamil. Beberapa makanan yang mengandung vitamin C tinggi adalah jeruk, jambu biji, stroberi, kiwi, tomat, dan berbagai macam sayuran berdaun hijau.

 

Baca Juga: Bolehkah Ibu Menyusui Minum Vitamin C Dosis Tinggi?

 

3. Konsumsi makanan kaya asam folat

Genbest juga disarankan mengonsumsi makanan kaya asam folat untuk menaikkan kadar Hb saat masa kehamilan. Selain berperan penting dalam produksi Hb, jenis vitamin B satu ini juga berfungsi untuk mencegah cacat tabung saraf selama masa kehamilan. Makanan kaya asam folat yang baik dikonsumsi saat hamil adalah jagung, pisang, dan alpukat.

 

4. Olaharaga rutin

Rutin berolahraga membuat tubuh menghasilkan lebih banyak kadar Hb untuk memenuhi peningkatan kebutuhan oksigen sehari-hariPilihan olahraga yang umumnya aman dilakukan saat hamil adalah jalan santai, berenang, atau senam ibu hamil. Namun pastikan Genbest berkonsultasi dulu pada dokter untuk menentukan olahraga yang paling pas untuk Genbest. 

 

5. Konsumsi tablet tambah darah

Terakhir, Genbest juga perlu mengonsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) guna menaikkan kadar Hb selama masa kehamilan. TTD bisa diminum satu jam sebelum makan atau dalam keadaan perut kosong. Untuk menghilangkan rasa enek dan membantu meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuhGenbest bisa mengonsumsi TTD dengan air yang diberikan perasan lemon atau jeruk.

 

Baca Juga: Amankah Mengonsumsi Tablet Tambah Darah dalam Jangka Panjang?  

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top