26 Oct

Genbest, 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) akan selalu menjadi topik hangat pada saat mendiskusikan tumbuh kembang anak. Pada masa yang krusial ini, “konstruksi” dasar otak anak terbentuk dan akan memengaruhi bagaimana otak akan bekerja selama hidupnya. 

 

Kegagalan untuk mengoptimalkan perkembangan otak selama periode ini dapat mengakibatkan konsekuensi jangka panjang, termasuk  memengaruhi pendidikan, potensi pekerjaan, dan kesehatan mental mereka. Nutrisi yang baik merupakan salah satu cara untuk mengoptimalkan perkembangan otak sejak dini.

 

Ada beragam makanan dan minuman yang berfungsi untuk mendukung perkembangan otak anak. Tentu saja, nutrisi yang baik tidak akan langsung membuat anak menjadi llmuwan genius, tetapi ini akan memastikan anak tidak kekurangan zat gizi penting yang dibutuhkan untuk perkembangan otaknya. 

 

Berikut pilihan makanan dan minuman yang baik untuk mengoptimalkan fungsi otak anak:

 

1. Bayam

Bayam dan sayuran hijau lainnya, seperti kangkung, daun kale, dan lainnya penuh dengan folat dan vitamin. Sayuran hijau juga dikemas dengan antioksidan yang membantu sel-sel otak baru tumbuh.

 

2. Alpukat

Memiliki tekstur yang lembut, tidak heran jika alpukat kerap menjadi menu andalan MPASI. Di balik teksturnya yang lembut, alpukat menyimpan asam lemak omega 3, protein, kolin, dan antioksidan yang baik untuk mengoptimalkan fungsi otak, dan meningkatkan kecerdasan anak di masa depan.

 

Baca Juga: Vitamin untuk Perkembangan Otak Anak

 

3. Telur

Selain tinggi protein, telur mengandung kolin yang berperan penting dalam mengoptimalkan perkembangan daya ingat anak. Bukan hanya itu saja, telur mengandung vitamin B6, B9, B12, zat besi, folat, dan berbagai mineral penting lainnya yang dapat mencegah stunting.

 

4. Daging sapi

Jangan ragu memasukkan daging sapi dalam menu MPASI si kecil. Tidak hanya mencegah anemia, tingginya kandungan protein dan zat besi pada daging sapi berperan penting dalam mengoptimalkan pertumbuhan otak anak dan mencegah stunting. 

 

Baca Juga: Anak Tidak Mau Makan Daging? Ini Triknya

 

5. Ikan salmon

Ikan salmon merupakan sumber asam lemak omega 3 yang berperan penting dalam meningkatkan kecerdasan otak anak. Kandungan asam lemak esensial tersebut juga berperan penting dalam perkembangan fungsi otak dan meningkatkan konsentrasi anak.

 

Baca Juga: 4 Ikan Lokal ini Dinilai Ampuh Cegah Stunting

 

5. Kacang merah

Mirip dengan salmon, kacang merah mengandung asam lemak omega 3 yang bagus untuk otak anak. Kacang merah mengandung vitamin B1 dan protein tinggi yang bermanfaat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat si kecil. 

 

6. Oatmeal

Pilihan makanan sehat yang baik untuk otak anak berikutnya adalah oatmeal! Terbuat dari gandum, oatmeal mengandung vitamin A, B6, E, kalsium, serat, zat besi, dan berbagai mineral penting yang dapat meningkatkan kinerja otak anak di masa 1.000 HPK.

 

7. Yoghurt dan susu

Selain makanan, ada juga minuman yang dapat mengoptimalkan fungsi otak anak, yaitu yoghurt dan susu. Tingginya kandungan protein, vitamin B, dan vitamin D berperan penting dalam proses perkembangan jaringan otak anak.

 

Baca Juga: Makanan Kaya Nutrisi Memaksimalkan Kinerja Otak Anak

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top