29 Jul

GenBest, ada hal menarik setiap kita datang ke dokter kandungan, berat badan (BB) kamu pasti ditimbang. Iya kan? Nah, BB ibu hamil kemang harus dipantau karena pertambahan BB yang terkontrol berpengaruh pada pertambahan BB janin yang sehat. Biasanya, kalau pertambahan BB ibu baik, BB janin pun akan baik.

 

Tiga Faktor yang Berperan pada Berat Badan Janin
Penambahan BB janin dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu BB ibu hamil sendiri, janin beserta ari-arinya, dan lingkungan sekitar.

Yang pertama, kondisi ibu hamil secara tidak langsung dapat memengaruhi BB janin. Misal, adanya suatu penyakit sistemik seperti hipertensi, penyakit jantung, kencing manis, hipertiroid, infeksi kronis, dan lainnya. Nah, keadaan seperti itu dapat memengaruhi jumlah ataupun ketersediaan nutrisi di dalam tubuh ibu hamil yang akan diberikan ke janin menjadi berkurang. Atau sebaliknya, menjadi berlebihan.

Kedua, kondisi janin selama dalam kehamilan dapat menyebabkan terganggunya penambahan BB. Contoh: adanya kelainan bawaan janin yang mengganggu penyerapan nutrisi dari ibu hamil, kehamilan ganda, plasenta yang tidak normal, dan infeksi pada janin.

Ketiga, faktor lingkungan yang dapat memengaruhi pertumbuhan janin. Antara lain, terekspos dengan zat kimia berbahaya, kehidupan sosial ekonomi yang rendah, atau penduduk yang tinggal di daerah pegunungan.

 

Berat Badan Ideal Janin
Meski dapat dipantau sejak awal kehamilan, namun pertambahan BB janin umumnya baru dihitung di pertengahan kehamilan sampai usia kehamilan 37 minggu.
Umumnya, pertambahan BB janin bersifat linier.

Pada usia kehamilan 5 bulan, BB ideal janin berkisar 500 gram; masuk usia kehamilan 7 bulan, BB idealnya akan mencapai 1.000 gram; kemudian menjadi 2.000 gram dan 3.000 gram saat usia kehamilan 8 bulan dan 9 bulan. Bayi yang lahir cukup bulan, diharapkan berat lahir idealnya sekitar 2.500 - 4.000 gram.

Selama pertambahan BB-nya normal dan tidak terlihat adanya kelainan, kita wajib bersyukur, karena kondisi ini menunjukkan pertumbuhan janin baik.

Nah, sekarang GenBest juga bisa memantau tumbuh kembang janin selama kehamilan, langsung dari HP Android GenBest. Download apps “Anak Sehat” di Google Play Store (klik bit.ly/anaksehatapp), yang punya fitur “Riwayat Pemeriksaan Kehamilan”. Yuk, pantau perkembangan kehamilan kita, agar si kecil terhindar dari stunting sejak dini.

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top