4 Ikan Lokal Ini Dinilai Ampuh Cegah Stunting

Sed ut perspiciatis unde
11 Mei

4 Ikan Lokal Ini Dinilai Ampuh Cegah Stunting

GenBest tentu sudah sering membaca kalau salah satu penyebab stunting adalah kurang asupan gizi, termasuk kurang protein, pada masa 1.000 hari pertama kehidupan. Ini berarti dalam upaya mencegah stunting, GenBest harus mengonsumsi makanan  kaya protein, seperti ikan.

 

Mengapa ikan? Ikan mempunyai kandungan protein yang tidak kalah hebatnya dengan daging sapi maupun ayam. Ikan juga kaya asam lemak omega-3 yang dapat merangsang pertumbuhan dan perkembangan otak. Karena itulah ibu hamil dan anak-anak yang masih dalam periode emas pertumbuhan sangat disarankan untuk mengonsumsi ikan. 

 

Baca juga: Memiliki Protein Tinggi, Sering Konsumsi Ikan Bisa Mencegah Stunting, Lho

 

Nggak hanya itu, ikan mengandung  vitamin seperti vitamin D dan B12,  dan kaya akan kalsium, fosfor dan sumber mineral lain, seperti zat besi, seng, yodium, magnesium, dan kalium. 

 

Dalam Isi Piringku, porsi protein hewani adalah 1/3 dari setengah porsi piring makan. Nah, dibandingkan daging merah, sebagai sumber protein hewani, ikan lebih unggul karena rendah lemak.

 

Masalahnya ikan salmon, tuna, atau ikan dori kan mahal. Eiiits, tunggu dulu. Banyak ikan lokal dengan harga murah meriah yang manfaatnya jauh melampaui ikan-ikan tersebut. Ikan kembung, misalnya, kaya Omega-3. Bahkan kandungan omega-3 ikan kembung mencapai 2,6 gram per 1 ons, sedangkan salmon hanya 1,6 gram. 

 

Baca juga: Makanan Kaya Nutrisi Memaksimalkan Kinerja Otak Anak

 

Nah, nggak sabar untuk mulai menyajikan  ikan lokal di meja makan, bukan? Berikut 4 jenis ikan lokal yang baik dikonsumsi saat masa kehamilan untuk mencegah stunting pada anak:

 

Ikan Kembung

Seperti sudah diulas sebelumnya, ikan kembung kaya akan asam lemak omega-3 (DHA). Selama trimester terakhir kehamilan, otak janin dan sistem sarafnya berkembang pesat, membutuhkan sekitar 65 mg/hari DHA. Kebutuhan DHA yang tinggi ini terus berlanjut hingga anak berusia dua tahun. Nah, ikan kembung dapat membantu memenuhi kebutuhan omega-3 tersebut. 

 

Hasil penelitian Journal of Nutrition and Food Science tahun 2016, salah satu kandungan penting lainnya yang terdapat pada ikan kembung adalah selenium. Kandungan tersebut dapat membantu mencegah komplikasi pada ibu hamil. Selenium juga berperan menurunkan risiko berat badan lahir rendah dan risiko stunting.

 

Ikan Patin

Seperti halnya ikan kembung, ikan patin juga kaya asam lemak omega-3 yang baik untuk pertumbuhan otak dan perkembangan janin, terutama kesehatan mata, jantung, hingga sistem saraf. 

 

Ikan patin juga memiliki kandungan vitamin B12 dan protein.  Kekurangan vitamin B12 selama kehamilan, sering dikaitkan dengan peningkatan risiko keguguran pada ibu hamil. Sementara kecukupan protein akan membantu menjaga daya tahan tubuh ibu selama kehamilan. Jadi jangan ragu untuk memasukan menu ikan patin selama kehamilan ini ya GenBest!

 

Ikan Tongkol

Ikan tongkol disarankan untuk ibu hamil karena memiliki kandungan omega-3, protein dan vitamin B12. Ikan tongkol juga kaya vitamin D yang bisa mengurangi risiko ibu hamil terkena tekanan darah tinggi. 

 

Berbagai mineral pada ikan tongkol juga dipercaya dapat menunjang kesehatan ibu hamil.  Kalsium, misalnya, dapat membantu membangun tulang dan gigi bayi serta menjaga tulang dan gigi ibu tetap kuat. 

 

Sementara kandungan zat besi pada ikan tongkol baik untuk mencegah anemia. Seperti GenBest ketahui, anemia yang tidak ditangani sejak awal kehamilan bisa meningkatkan risiko stunting pada anak kelak.

 

Ikan Mas

Beberapa kandungan zat gizi pada ikan mas adalah zat besi, omega 3, serta protein. Saat hamil, GenBest disarankan mengonsumsi 40-50 gram protein setiap harinya. Nah, ikan mas memiliki kurang lebih 16 gram protein untuk memenuhi kebutuhan harianmu. Protein dalam kehamilan berfungsi  untuk menjaga dan memaksimalkan perkembangan janin, seperti organ, otot, dan tulangnya. 

 

Untuk zat besi, ikan mas mengandung 2 mg gram zat besi yang bisa membantu mencegah anemia pada ibu hamil agar bayi lahir sehat dan bebas stunting.

 

Nah, itu empat jenis ikan lokal yang bisa GenBest konsumsi untuk cegah stunting pada anak. Oh, iya, GenBest juga bisa mengolah ikan-ikan ini sebagai menu berbuka puasa agar kebutuhan nutrisi kita tetap terpenuhi. Namun, agar tetap aman, jangan lupa untuk mencucinya dengan bersih dan memasaknya dengan matang, ya. 

 

Yuk, makan ikan, GenBest!

 

Baca juga: Tempe, Panganan Kaya Bahan yang Bisa Mencegah Stunting

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top