Cara Menyenangkan Mengajari Anak Cuci Tangan, Coba Yuk!

Sed ut perspiciatis unde
24 September

Cara Menyenangkan Mengajari Anak Cuci Tangan, Coba Yuk!

Mencuci tangan merupakan kemampuan paling dasar dalam menjaga kebersihan yang paling tidak dimiliki oleh anak. Sejak kecil, anak-anak mempelajari apabila mencuci tangan mereka bisa menghilangkan kuman-kuman pembawa penyakit di tangan mereka. The Centers for Disease Control and Prevention menganjurkan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air hangat, serta menggosoknya selama sekitar 20 detik. Pencuci tangan yang berbahan dasar alkohol bisa menjadi alternatif ketika sabun dan air tidak ada.

Ada beberapa langkah mudah untuk membantu anak agar mereka mempelajari cara mencuci tangan. Salah satunya dengan memberikan glitter dengan perandaian bahwa glitter adalah bakteri. Begini langkahnya:

 

1. Taburkan glitter pada tangan anak
Akan lebih baik lagi apabila glitter tersebut berwarna-warni. Dengan keanekaragam glitter ini secara tidak langsung juga memberi tahu anak kalau bakteri pun ternyata beragam dan berbeda pada setiap orang.

 

2. Fokus pada glitter
Untuk itu, dengan cara mencuci tangannya selama beberapa saat agar glitter itu menghilang dari tangannya dapat membantu anak berlatih mencuci tangan mereka dengan berfokus ke area-area yang ada glitternya.

 

3. Simulasi bakteri
Dengan menggunakan glitter juga merepresentasikan tantangan dalam menghilangkannya, sama seperti bakteri pada umumnya. Anak-anak akan menyadari bahwa tidak begitu mudah untuk menghilangkannya. Seperti mencoba mencucinya dengan air dingin dan tanpa sabun hanya bisa menghilangkan sedikit saja glitter di tangan mereka. 

Lain halnya dengan mencuci tangan dengan air hangat dan sabun untuk hal terbaik. Anak pun secara tidak langsung menyadari pentingnya mencuci tangan mereka agar terbebas dari bakteri-bakteri jahat pembawa penyakit.

Cara lainnya, dapat juga dilakukan dengan membuat sebuah chart selama seharian.  Dianjurkan pula agar selalu mencuci tangan setiap kali memegang makanan, setelah ke kamar mandi, sebelum dan setelah merawat orang sakit, setelah memegang sampah atau kotoran hewan, ketika merawat luka dan setelah batuk ataupun bersin. 

Buat chart yang menunjukkan beberapa kolom yang berisikan setiap kali mencuci tangan. Anak dapat menempelkan stiker setiap kali mereka usai mencuci tangan dan tentunya hal ini bisa membantu mereka mengingat dan menjadikannya suatu kebiasaan.

 

(Foto: Shutterstock)

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top