7 Nov

Meskipun COVID-19 mengganggu kehidupan sehari-hari dan membuat kita lebih banyak di rumah, namun pastikan GenBest untuk membawa si kecil saat jadwal vaksinasi sudah tiba.

 

Berbahayakah membawa si kecil ke rumah sakit untuk vaksinasi saat pandemi ini? Dalam website UNICEF dijelaskan, penting bagi bayi dan anak-anak untuk selalu memperbarui vaksinasi (meski pada masa pandemi ini), karena vaksinasi akan melindungi mereka dari ancaman penyakit serius yang dapat mengganggu kesehatan jangka panjang, bahkan mengakibatkan kematian.

 

Sebagian besar jadwal vaksinasi sudah disusun berdasarkan waktu paling efektif untuk bayi dan anak-anak, jadi penting untuk mengikuti rencana ini. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) pun menginstruksikan agar pelayanan imunisasi untuk anak tetap berjalan sesuai jadwal di tengah pandemi COVID-19.

 

Wajibnya imunisasi dasar lengkap diberikan kepada anak bukan tanpa alasan. Imunisasi lewat pemberian vaksin akan membantu sistem imun anak memproduksi antibodi khusus untuk melawan beragam penyakit infeksi berbahaya yang mengancam anak-anak, seperti hepatitis B, difteri, dan polio.

 

Bila melewatkan imunisasi, anak dikhawatirkan menjadi rentan tertular penyakit ini dan mengalami sakit berat, yang bisa mengganggu tumbuh kembangnya di periode emasnya, sehingga rentan mengalami stunting. Selain itu, anak-anak juga berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi yang berbahaya dan bisa menyebabkan kecacatan, bahkan kematian.

 

Meski begitu, rasa ragu membawa si kecil ke rumah sakit atau puskesmas untuk melakukan imunisasi pasti ada, ya, GenBest. Untuk itu, IDAI merekomendasikan toleransi penundaan imunisasi dasar adalah antara 2 minggu hingga 1 bulan dari jadwal seharusnya, hingga keadaan memungkinkan. Namun bila tidak ada kendala, imunisasi bayi dan balita sebaiknya tetap sesuai jadwalnya.

Yang penting diingat, sebelum vaksinasi, pastikan GenBest dan si kecil dalam keadaan sehat. Jika si kecil memiliki gejala, seperti demam, tunda kunjungan ke rumah sakit dan buat catatan vaksinasi apa yang terlewat dan segera jadwalkan kembali jika si kecil sudah sembuh.

 

Untuk lengkapnya, berikut panduan membawa saat membawa si kecil untuk imunisasi di tengah pandemi COVID-19:

 

1. Buat jadwal kunjungan

Buatlah janji temu lebih dulu dengan rumah sakit atau faskes tempat si kecil akan vaksinasi. Jika si kecil baru sembuh dari sakit, beri tahu pihak rumah sakit dengan jujur. Sama seperti kalau si kecil sedang batuk pilek, tanyakan apakah GenBest perlu menunda kunjungan atau tidak.  Bila sudah mendapat jadwal kunjungan, datang sesuai jam yang sudah disepakati, dengan begitu GenBest dan si kecil tidak harus menunggu terlalu lama.

 

2. Pakai stroller dengan penutup

Anak berusia di bawah dua tahun tidak disarankan memakai masker karena dapat membuatnya sulit bernapas. Sebagai gantinya, GenBest bisa membawa si kecil dalam stroller yang diberi kelambu atau penutup atau pakaikan face shield pada si kecil. Pilih face shield yang nyaman dan pastikan tidak menyakiti anak.  Anak di atas dua tahun boleh memakai masker, selama dalam pengawasan ketat orang tua.

 

3. Gunakan pakaian tertutup

Pakaian lengan panjang akan meminimalkan kontak kulit dengan virus. Namun pastikan pakaiannya si kecil nyaman dan tidak membuat gerah. Aturan ini juga berlaku bagi orang tua.

 

Baca Juga: Syarat Melakukan Imunisasi Anak Saat Pandemi COVID-19

 

4. Patuhi protokol kesehatan

Saat vaksinasi, patuhi protokol kesehatan yang ditetapkan. Biasanya rumah sakit akan memeriksa suhu tubuh para pengunjung, mewajibkan pemakaian masker atau alat pelindung diri lainnya, memberi jarak di ruang tunggu, dan menyediakan hand sanitizer.

 

Umumnya anak atau orang tua yang memiliki gejala akan mendapat pelayanan terpisah dengan yang tanpa gejala. Bukan untuk membeda-bedakan, namun hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya risiko penularan.

 

Baca Juga: Perlukah Imunisasi Tambahan bagi Bayi Menghadapi New Normal?

 

5. Jangan langsung pulang

Selesai melakukan vaksinasi, sebaiknya GenBest tidak langsung membawa si kecil pulang. Tunggu sekitar 30 menit untuk memastikan si kecil tidak mengalami efek samping yang mungkin muncul setelah vaksinasi. Cara ini setidaknya membuat Genbest tidak perlu bolak-balik membawa si kecil ke rumah sakit.

 

Baca Juga: Pentingnya Memberikan Vaksin Flu untuk Anak

 

6. Mandi ketika sampai rumah

Begitu sampai rumah, pastikan GenBest dan si kecil membersihkan diri dengan mandi. Cuci juga baju, celana, masker, yang telah digunakan menggunakan detergen.

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top