2 Apr

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan menyambut libur Lebaran 2022. Salah satunya, berkunjung ke berbagai tempat wisata bersama si kecil yang masih balita. 

 

Baca Juga: Pandemi Belum Usai, Anak-Anak Masih Rentan Terkena COVID-19

 

Agar liburan ini berjalan lancar dan aman, tetap patuhi protokol kesehatan dan pilih tempat wisata yang aman. Yuk, simak tips memilih lokasi wisata yang aman pada artikel berikut ini:

 

1. Hindari tanggal merah Lebaran

Hampir setiap tempat wisata akan penuh dan ramai pengunjung saat Lebaran. Jika memungkinkan, karena kebetulan Genbest mengambil cuti tambahan, kunjungi tempat wisata 1-3 hari setelah Lebaran. Biasanya tempat wisata akan sedikit lebih sepi, sehingga meminimalkan risiko penularan berbagai penyakit, termasuk COVID-19.

 

2. Pilih tempat wisata yang sepi

Apabila tidak memungkinkan untuk menunda liburan, karena jadwal cuti yang mepet, sebaiknya pilih lokasi wisata yang tidak terlalu populer dan masih jarang dikunjungi banyak orang

 

3. Perhatikan status zonasi 

Sambil mencari tempat wisata yang sepi, Genbest juga harus memerhatikan status zonasi tempat wisata yang dipilih. Pastikan selalu memilih lokasi wisata yang berada di zona hijau COVID-19. Untuk mengeceknya, Genbest bisa kunjungi situs: Peta Risiko COVID-19

 

4. Utamakan area terbuka

Genbest bisa saling menjaga jarak dengan wisatawan lainnya di tempat wisata dengan area terbuka. Beberapa pilihan lokasi wisata antara lain: taman, pantai, atau perkebunan.

 

5. Mematuhi protokol kesehatan 

Meskipun sudah memilih tempat wisata yang sepi dan terbuka, pastikan Genbest tetap mematuhi protokol kesehatan. Selalu gunakan masker, menjaga jarak, dan cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer untuk menghentikan penyebaran virus COVID-19.

 

Anak di bawah 2 tahun, sesuai saran Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), sebaiknya tidak menggunakan masker untuk menghindari sulit bernapas. Sebagai gantinya, gunakan kereta dorong berpenutup.

 

Baca Juga: Cegah Penularan COVID-19 pada Anak Menurut Anjuran IDAI

 

6. Penuhi kebutuhan nutrisi

Tidak kalah penting, pastikan Genbest memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak. Selain meningkatkan kekebalan tubuh di masa pandemi COVID-19, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang juga dapat mencegah stunting agar tumbuh kembang optimal. 

 

Supaya tidak repot membeli makanan, Genbest bisa membawa bekal dari rumah untuk dimakan di tempat wisata. Terapkan metode “Isi Piringku” agar kebutuhan harian nutrisi anak tetap terpenuhi selama libur Lebaran, ya.

 

Yuk, terapkan tips memilih lokasi wisata yang aman di atas agar kegiatan libur Lebaran berjalan lancar dan nyaman, Genbest!

 

Baca Juga: Syarat Melakukan Imunisasi Anak saat Pandemi COVID-19

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top