Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ibu Menyusui Saat Hamil Lagi

Sed ut perspiciatis unde
17 Mei

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ibu Menyusui Saat Hamil Lagi

GenBest yang sedang menyusui lalu hamil lagi, tentu punya pertanyaan, apakah saya tetap bisa menyusui saat hamil ini? Jawaban pertanyaan ini sepenuhnya kembali pada GenBest.  Pertimbangkan dengan bijak berbagai hal, seperti kesiapan si kakak untuk disapih, kondisi GenBest, dan kondisi kehamilan itu sendiri. Pertimbangkan juga untuk mengonsultasikan hal ini pada dokter kandungan. Tak perlu khawatir, beberapa dokter menyediakan konsultasi secara online selama diberlakukan PSBB, kok.

 

Nah, kalau GenBest memilih untuk terus menyusui, artikel ini semoga bisa membantu dalam menjalaninya.  

 

Perbanyak minum air putih

Jumlah pasti asupan cairan dapat bervariasi pada masing-masing ibu, tetapi GenBest harus minum setidaknya 8-12 gelas per hari. Kecukupan cairan diperlukan untuk menjaga kondisi janin dan berguna sebagai bahan pembentukan ASI bagi si kakak. Bila GenBest mengalami mual muntah di trimester pertama, perbanyak lagi konsumsi air putihnya ya!

 

Periksa kehamilan secara rutin

Kehamilan kali ini berbeda dengan kehamilan sebelumnya, karena GenBest belum benar-benar pulih dari kondisi kehamilan sebelumnya.  Pemeriksaan rutin ke dokter kandungan diperlukan untuk memantau perkembangan janin.  Dokter juga biasanya dapat memberikan perhitungan yang lebih presisi mengenai kebutuhan kalori harian yang harus dipenuhi selama hamil dan menyusui.

 

Perhatikan posisi menyusui

GenBest perlu mencari posisi menyusui yang tepat, bukan hanya untuk kenyamanan GenBest dan si kakak yang sedang menyusu, tapi kenyamanan si adik yang masih di dalam kandungan. Jagalah posisi menyusui sedemikian rupa sehingga janin tidak terhimpit atau tertindih.

 

Istirahat yang cukup

Menyusui kadang membuat jam tidur menjadi bergeser, bahkan berkurang. Mau tidak mau GenBest yang sedang hamil harus bangun dan terjaga untuk menyusui si kakak saat malam hari. Hal ini tidak hanya berlangsung satu atau dua hari, tapi bisa hampir setiap hari.  Agar tidak kelelahan, cobalah curi-curi waktu untuk beristirahat sebisa mungkin. GenBest bisa rebahan, memejamkan mata, dan ikutan tidur saat si kakak sedang tidur. Berbagi tugas dengan suami dalam merawat si kecil juga dapat mencegah GenBest kelelahan.

 

Cukupi kebutuhan nutrisi

Sekarang GenBest makan untuk tiga orang. Saat di trimester kedua dan ketiga kehamilan, GenBest disarankan untuk makan lebih banyak agar dapat memacu pertumbuhan janin sekaligus untuk produksi ASI. Targetkan total sekitar 600—800 kalori ekstra: 300 untuk janin dan 300-500 untuk produksi ASI. 

            

Pilih makanan berserat tinggi, bergizi, dan bisa memberi energi, seperti oatmeal, sereal, telur, buah-buahan, sayuran, dan sebagainya. Tetaplah berpegang pada konsep Isi Piringku setiap kali GenBest makan.  

            

Bagaimana kalau GenBest mual muntah di trimester pertama dan malas makan? Jangan terlalu dikhawatirkan karena tidak ada kalori tambahan yang diperlukan selama trimester pertama. Tapi pastikan untuk mendapat kecukupan cairan ya GenBest.

 

Terakhir, jangan lupa minum vitamin yang diresepkan oleh dokter/bidan, seperti kalsium, Zat Besi, Asam Folat karena dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin dan juga untuk si kakak yang sedang dalam masa emas pertumbuhannya!

 

Selamat menikmati masa  yang luar biasa ini ya, GenBest!

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top