26 May

Pertumbuhan bayi yang semakin pesat di usia 6 bulan membutuhkan lebih banyak energi dan nutrisi daripada yang dapat diberikan oleh ASI. Karena itulah di usia 6 bulan, bayi mulai membutuhkan Makanan Pendamping ASI (MPASI). 

 

Idealnya, MPASI tidak hanya sekedar mengenyangkan, tetapi juga dapat memberikan kecukupan nutrisi untuk pertumbuhannya. Lalu nutrisi apa saja yang dibutuhkan dalam MPASI? Pada prinsipnya sama dengan orang dewasa, MPASI memerlukan karbohidrat, protein, lemak, vitamin serta mineral. MPASI yang bernutrisi akan membantu tumbuh kembang bayi menjadi optimal dan menghindari bayi kekurangan gizi sehingga bisa menjauhkannya dari berbagai gangguan kesehatan, termasuk stunting. 

 

Berikut 5 nutrisi penting yang harus ada pada MPASI:

 

Karbohidrat

Tidak hanya sebagai sumber energi, sebenarnya karbohidrat dalam MPASI sekaligus membantu pengolahan protein dan lemak yang dicerna oleh anak. 

 

Sesuai ketentuan Kementerian Kesehatan RI pada Angka Kecukupan Gizi (AKG), ada perbedaan kebutuhan karbohidrat pada anak berdasarkan usianya. Usia 7-11 bulan, karbohidrat harian yang harus dipenuhi sebesar 82 gram. Lalu, 12-24 bulan sebesar 155 gram karbohidrat per hari.

 

Sebagai langkah awal kita bisa mulai kenalkan nasi yang diolah menjadi bubur. Data Komposisi Pangan dari Kementerian Kesehatan RI menyebutkan, dalam 100 gram nasi mengandung 39,8 gram karbohidrat. Seiring bertambahnya usia, GenBest bisa mulai mengenalkan nasi dan kentang yang telah diolah lebih lembut.

 

Protein hewani dan nabati

Protein hewani dan nabati dalam MPASI berfungsi untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak. Sesuai anjuran AKG pada Kementerian Kesehatan RI, setiap anak harus memenuhi kebutuhan protein hariannya. Untuk usia 7-11 bulan yaitu 18 gram protein, dan 12-24 bulan 28 gram protein.

 

GenBest bisa memenuhi kebutuhan protein hewani dari daging ayam, sapi, atau makanan laut. Dalam 100 gram daging ayam terdapat sekitar 18,2 gram protein. Lalu, setiap 100 gram daging sapi mengandung sekitar 17,5 gram protein. Sedangkan, makanan laut seperti ikan mas mengandung 16 gram protein.

 

Variasikan juga MPASI si kecil dengan protein nabati. Misalnya pada 120 gram tahu terdapat 10 gram protein. Sementara 100 gram olahan kacang hijau menyumbang 7 gram protein dan juga serat untuk kebutuhan tumbuh kembang anak. 

 

Namun, jangan lupa untuk mengolahnya dengan lembut agar si kecil mudah memakannya, ya, GenBest.

 

Lemak

Pada periode emas pertumbuhan anak, lemak adalah nutrisi yang juga harus dipenuhi. Berdasar AKG Kementerian Kesehatan RI, kebutuhan lemak anak usia 7-11 sebesar 36 gram/hari. Sedangkan untuk usia 12-24 bulan sebesar 44 gram/hari. 

 

Contoh sumber lemak yang baik adalah dari ikan salmon. Kandungan lemak tak jenuh atau asam lemak omega 3 dalam salmon dapat membantu meningkatkan perkembangan fungsi otak anak.

 

Sumber lemak juga bisa didapatkan dari alpukat. Kandungan lemak tak jenuh dalam alpukat sangat baik untuk kesehatan jantung anak. 

 

Zat besi

Kandungan zat besi pada MPASI juga sangat penting untuk menghindari anemia. Dalam jangka panjang, anemia bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi lemah dan berat badan anak sulit naik dan berisiko mengalami stunting.

 

Oleh sebab itu, GenBest harus terus memenuhi kebutuhan zat besi harian si kecil dari MPASI-nya. Pada usia 7-11 bulan, bayi membutuhkan zat besi 11 mg/hari, dan pada usia 1-3 tahun sebesar 7 mg/hari. GenBest bisa memenuhi kebutuhan zat besi dengan memberikan si kecil sayuran hijau seperti bayam dan brokoli.

 

Mikronutrien (vitamin dan mineral)

Terakhir, yang tidak kalah penting adalah vitamin dan mineral. Dalam MPASI, vitamin dan mineral diperlukan untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak, termasuk untuk perkembangan otak dan saraf serta meningkatkan daya tahan tubuhnya.

 

GenBest bisa memberikan sayur dan buah-buahan yang telah diolah lebih lembut agar si kecil mudah mencernanya.  Sebagai bentuk pengenalan buah dalam MPASI, GenBest bisa mencoba buah pisang, pepaya, naga, alpukat, dan lainnya. Sementara untuk sayuran, bayam, brokoli, dan labu bisa dicoba. 

 

Jangan lupa untuk tetap memberikan ASI pada si kecil karena ASI tetap memiliki peran penting dalam mendukung tumbuh kembang anak masa periode emas kehidupannya.

Selamat mencoba menu MPASI yang tepat, ya, GenBest!

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top