18 Oct

Genbest, yang sedang menyiapkan pernikahan, pasti lagi ribet banget, nih! Tapi sesibuk apa pun, jangan lupa untuk melakukan premarital check-up atau pemeriksaan atau tes kesehatan sebelum menikah, ya, karena ini penting banget.  

 

Biasanya, tes kesehatan untuk calon mempelai perempuan dilakukan minimal 6 bulan sebelum hari pernikahan. Tujuannya, agar tersedia waktu yang cukup untuk mengambil tindakan pencegahan dan pengobatan. Namun tentu ini bukan patokan kaku karena Genbest bisa melakukan pemeriksaan kesehatan kapan pun selama pernikahan belum berlangsung.

 

Dengan premarital check-upGenbest bisa mengetahui kesehatan diri secara keseluruhan, termasuk ada tidaknya penyakit yang diderita selama ini dan tentu untuk mempersiapkan kehamilan yang sehat dan lancar. 

 

Baca Juga: Bahaya Pernikahan Dini Sebagai Penyebab Stunting

 

Lantas, pemeriksaan apa saja yang perlu dilakukan? Biasanya di puskesmas dan beberapa laboratorium klinik sudah menyediakan berbagai paket pemeriksaan kesehatan untuk Genbest dan calon pasangan sebelum menikah. Nah, Genbest bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan bujet yang tersedia. Namun sebagai gambaran, berikut beberapa contoh tes kesehatan bagi calon mempelai perempuan sebelum menikah:

 

1. Pemeriksaan darah

Rangkaian tes darah bisa terdiri dari pemeriksaan hemoglobin, sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), trombosit, hematokrit, hingga laju endap darah. Banyak manfaat tes darah ini, salah satunya  untuk mencari tahu kecocokan golongan darah dan rhesus antar-pasangan karena ini akan berpengaruh pada kesehatan calon buah hati kelak. Manfaat lain tes darah adalah untuk mendeteksi anemia. Seperti Genbest ketahui, kondisi anemia ibu yang parah pada saat kehamilan dapat meningkatkan risiko stunting pada bayi yang dilahirkan.

 

2. Pemeriksaan urine

Masalah kesehatan yang bisa dideteksi melalui pemeriksaan urine antara lain kelainan ginjal/saluran kemih termasuk infeksi saluran kemih (ISK) dan mendeteksi penyakit metabolik atau sistemik

 

Baca Juga: [Komik] Cegah Pernikahan Dini

 

3. Tes penyakit menular seksual

Penyakit menular seksual adalah masalah serius yang bisa menular pada pasangan dan membahayakan calon buah hati. Untuk itu, lakukan tes penyakit menular seksual melalui uji VDRL atau RPR sebelum menikah. Sampel darah yang diambil dapat mendeteksi ada tidaknya penyakit HIV dan sifilis. Selain itu, Genbest juga bisa mengecek penyakit herpes, hepatitis, gonore, dan HPV melalui tes darah maupun urine. 

 

4. TORCH

Tes kesehatan wanita sebelum menikah yang tak kalah penting adalah TORCH. TORCH adalah kelompok penyakit infeksi yang disebabkan virus dan parasit Toxoplasmosis gondii, Rubella, Cytomegalovirus, dan Herpes. Jika ibu terinfeksi TORCH selama kehamilan, janinnya bisa ikut terinfeksi dan menyebabkan beragam masalah karena TORCH bisa menyerang semua jaringan organ tubuh janin. 

 

5. Pemeriksaan organ reproduksi

Satu lagi rangkaian tes kesehatan wanita yang tidak boleh terlewat adalah pemeriksaan organ reproduksi. Sesuai dengan namanya, tes ini dilakukan untuk memastikan organ reproduksi wanita dalam keadaan sehat dan normal. Mulai dari vagina, leher rahim, rahim, saluran telur, dan indung telur dicek kesehatannya menggunakan alat USG.

 

Nah, itulah 5 rangkaian tes kesehatan bagi wanita sebelum menikah semoga pemeriksaan kesehatan ini dapat membantu keinginan Genbest mewujudkan kehamilan yang sehat.

 

Baca Juga: 7 Tanda Genbest dan Pasangan Siap Menikah

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top